POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Di mana saya dapat melakukan perjalanan di Asia Tenggara? Inilah yang terbuka untuk turis

Pulau-pulau di Asia Tenggara dibuka kembali untuk pengunjung – selangkah demi selangkah.

Wilayah ini adalah rumah bagi negara-negara, seperti Thailand, Vietnam dan Kamboja, yang telah menjaga tingkat Covid tetap rendah sepanjang tahun 2020.

Itu berubah dengan kedatangan varian delta, memaksa banyak negara Asia Tenggara untuk menangani wabah besar untuk pertama kalinya.

Rencana untuk membuka kembali hotspot populer seperti Phuket dan Bali telah ditunda. Singapura juga mencatat lonjakan kasus dan menutup sebagian besar perbatasannya untuk turis.

Sejauh ini.

Thailand

Thailand minggu ini mengumumkan rencana untuk membuka kembali tujuan wisata populer dan kota-kota besar pada akhir tahun.

Gambar Getty

Berdasarkan rencana, pelancong yang divaksinasi yang dites positif virus Covid-19 sebelum dan sesudah kedatangan dapat memasuki Phuket tanpa dikarantina. Pulau itu menerima 26.400 pengunjung yang divaksinasi dan menghasilkan 1,63 miliar baht Thailand ($ 48,5 juta) dalam pendapatan pariwisata pada bulan Juli dan Agustus, menurut laporan dari Tourism Authority of Thailand.

Sekarang pelancong yang divaksinasi dapat mengunjungi bagian lain dari Thailand, termasuk pulau Koh Samui dan bagian dari provinsi Krabi dan Phang Nga.

Pada hari Senin, otoritas Thailand Umumkan rencana Untuk membuka petak besar negara dalam tiga bulan ke depan. Pihak berwenang telah menyetujui jadwal pembukaan kembali empat fase yang memprioritaskan tujuan wisata populer, termasuk Bangkok.

Rencana pembukaan kembali Thailand

fase tanggal mulai Apa yang terjadi
Pilot 1 Oktober terus membuka kembali Phuket, Surat Thani, Krabi dan Phang Nga; Tempat lain yang buka di Krabi
1 1 November 7 provinsi lainnya dibuka kembali, termasuk lokasi populer seperti Bangkok, Chiang Mai, Pattaya, dan Hua Hin
2 1 Desember 20 provinsi lainnya dibuka kembali, termasuk Ayutthaya, Chiang Rai, Songkhla, Sukhothai, Trang, Trat dan Yala
3 1 Januari 2022 13 provinsi perbatasan lainnya dibuka kembali, termasuk Sutton, Surin dan Udon Thani

Vietnam

Pulau Phu Quoc di Vietnam (diucapkan “Phu Quoc”) dijadwalkan dibuka kembali untuk pengunjung internasional yang dibentengi pada bulan Oktober, Menurut VGP News, surat kabar pemerintah Vietnam online.

Pulau yang terbesar di Vietnam ini kurang terkenal dibandingkan pulau-pulau Asia Tenggara lainnya, yang merupakan salah satu alasan para pelancong tertarik ke sana. Phu Quoc adalah rumah bagi pantai berpasir putih dan pasar malam (a) Cagar biosfer yang diakui UNESCO Dan Salah satu kereta gantung terpanjang di dunia, yang terhubung ke pulau terdekat Hon Tham (Pulau Nanas).

Kereta Gantung Phu Quoc adalah salah satu kereta gantung terpanjang di dunia dan menempuh jarak sekitar lima mil dalam 15 menit.

Vera Tikhonova | iStock | Gambar Getty

Phu Quoc dijadwalkan dibuka secara bertahap. Dalam tiga bulan pertama, pulau itu menargetkan 2.000 hingga 3.000 pengunjung per bulan, menurut pihak berwenang Vietnam. Para pengunjung ini dapat tiba melalui pesawat sewaan dan mengunjungi sejumlah tempat terbatas di pulau itu.

Selama fase kedua, yang juga akan berlangsung selama tiga bulan, sekitar 5.000 hingga 10.000 pengunjung dapat masuk melalui penerbangan komersial dan mengalami lebih banyak pulau, menurut laporan berita.

Vietnam diperkirakan akan menyambut “pengunjung dari pasar dengan potensi pariwisata tinggi dan keamanan epidemiologis… seperti Asia Timur Laut, Eropa, Amerika Serikat, dan Timur Tengah,” menurut artikel tersebut.

Singapura

Singapura menyambut penerbangan yang dipenuhi turis Eropa bulan ini, yang pertama dalam waktu sekitar satu setengah tahun.

Dibawah Koridor perjalanan yang divaksinasiPelancong yang divaksinasi dari Jerman dan Brunei dapat mengunjungi Singapura tanpa dikarantina jika mereka lulus empat tes Covid-19.

Singapura menyambut pengunjung dari negara-negara tertentu dengan dua rencana – tiket pesawat dan koridor perjalanan yang diinokulasi.

Facebook logo Facebook Berlangganan ke Facebook untuk terhubung dengan Suhaimi Abdullah Norfoto | Gambar Getty

Jika program berjalan dengan baik, Singapura berencana membuka koridor perjalanan ke negara lain, Menurut otoritas Singapura.

Wisatawan dari bagian Asia tertentu juga dapat memasuki Singapura Terlepas dari status vaksinasi mereka Jika mereka mengajukan permohonan izin perjalanan udara. Saat ini, skema ini terbuka untuk pelancong dari Hong Kong, Makau, Cina daratan, dan Taiwan.

Setelah tertunda beberapa kali, rencana gelembung perjalanan antara Singapura dan Hong Kong berakhir bulan lalu. Kedua pemerintah memutuskan untuk menghentikan gelembung perjalanan lanjutan karena Perbedaan strategi mereka untuk memerangi Covid.

Indonesia

Negara terbesar dan terpadat di Asia Tenggara ini mengambil langkah untuk menyambut pengunjung segera.

Seorang perwakilan dari Kementerian Pariwisata Indonesia mengatakan kepada CNBC bahwa pulau Bali, Bintan dan Batam adalah bagian dari proyek percontohan yang dibuka kembali, berkat tingkat vaksinasi, protokol keselamatan, infrastruktur kesehatan dan permintaan internasional.

Namun, perwakilan tersebut mengatakan bahwa tanggal pembukaan kembali belum diumumkan.

Pada bulan ini, Bali berada di jalur untuk membuka diri bagi wisatawan internasional pada bulan Oktober.

Agensi Anadolu | Agensi Anadolu | Gambar Getty

Pembukaan kembali Bali telah tertunda beberapa kali tahun ini karena wabah infeksi di pulau itu. Pada 17 September, Bali berada di jalur untuk dibuka pada bulan Oktober, menurut aktor tersebut.

Namun, tidak semua orang bisa masuk saat pulau dibuka kembali.

“Saat ini, hanya negara-negara dengan tingkat penahanan COVID-19 yang tinggi yang dipertimbangkan, seperti Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Selandia Baru,” kata juru bicara kementerian. “Australia mungkin akan dipertimbangkan setelah mencapai tingkat vaksinasi 80%.”

Malaysia

Langkawi dibuka kembali bulan ini sebagai bagian dari Malaysia Rencana pemulihan pariwisata. Namun, kepulauan yang terletak 30 kilometer (18,6 mil) dari pantai barat laut Malaysia ini hanya terbuka untuk wisatawan lokal yang divaksinasi.

Pemerintah mengindikasikan bahwa mereka mengharapkan untuk menyambut pengunjung lokal ke tujuan wisata populer lainnya seperti Pulau Tioman, Johor, Melaka dan Sabah di Pulau Kalimantan.

Langkawi telah dibuka kembali untuk pelancong, tetapi hanya untuk mereka yang berbasis di Malaysia.

oleh TourTrophy | saat | Gambar Getty

Wisatawan internasional akan disambut di fase keempat dari rencana tersebut, menurut Tourism Malaysia.

Langkawi adalah tujuan wisata populer bagi wisatawan daerah dan dikenal dengan pantai, hutan hujan, dan satwa liar yang melimpah.

Malaysia telah mengalami penurunan pendapatan pariwisata yang signifikan karena pembatasan terkait dengan pandemi. Negara itu melihat keuntungan tahunan $ 9,08 miliar tahun lalu dan menyerahkan 83,4% dari total pengunjungnya untuk 2019 – tertinggi ketiga di antara semua negara, menurut Next Vacay.

READ  Meningkatnya deforestasi di Asia Tenggara menyebabkan peningkatan gas rumah kaca - ScienceDaily