POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Desa wisata simbol kebangkitan ekonomi Indonesia: Menteri

Desa wisata simbol kebangkitan ekonomi Indonesia: Menteri

Tren pariwisata belakangan ini menunjukkan bahwa desa wisata adalah masa depan pariwisata Indonesia dan simbol pemulihan ekonomi.

Jakarta (Antara) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Ono mengatakan desa wisata merupakan simbol kebangkitan ekonomi Indonesia karena pembangunannya akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

“Tren pariwisata belakangan ini menunjukkan bahwa desa wisata adalah masa depan pariwisata Indonesia dan simbol pemulihan ekonomi kita,” kata Ono saat workshop bimbingan teknis online dan workshop Indonesia Tourist Village Award 2021 (ADWI) di Jakarta, Jumat.

Kementerian akan mendukung penuh pengembangan desa wisata karena memberikan kesempatan kerja dan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat di tengah pandemi, menurut menteri.

Dia menekankan, “Kami akan bekerja dengan segala upaya di kementerian untuk mempromosikan desa-desa wisata karena mereka dapat menciptakan lapangan kerja sebanyak mungkin dan akan netral dan adil bagi anggota kelas menengah ke bawah, yang saat ini mencari keuntungan ekonomi di tengah krisis ekonomi. pandemi.”

Ia juga menghimbau para pemangku kepentingan untuk berperan penting dalam berkolaborasi satu sama lain dalam kerangka 3C – Efficiency, Commitment and Champion – serta menciptakan program yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat waktu.

Ono menegaskan, kementerian akan mempercepat pengembangan potensi desa wisata bekerjasama dengan desa-desa, pengembangan daerah tertinggal dan Kementerian Imigrasi selain kementerian dan lembaga lainnya.

Berita terkait: Desa wisata untuk membantu menghidupkan kembali ekonomi: Ono

Dengan demikian, kita dapat mencapai Indonesia yang sejahtera dan adil. Bukan Indonesia yang membangun desa, melainkan desa yang membangun Indonesia. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan bahwa ini adalah upaya bersama kita untuk melestarikan potensi budaya dan nilai-nilai kearifan lokal.

READ  Pertumbuhan investasi tetap kuat meskipun ada ketidakpastian politik - ekonomi

Dalam acara serupa, Deputi Kementerian Destinasi dan Pengembangan Infrastruktur Vinicius Guimadou mensinyalir bahwa salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan pembangunan desa wisata yang berkualitas, berdaya saing, dan berkelanjutan adalah kontrak ADWI 2021.

ADWI 2021 bertujuan untuk menempatkan Desa Wisata sebagai tujuan wisata global, kompetitif dan berkelanjutan yang mampu mempromosikan pembangunan lokal, kesejahteraan masyarakat dan acara promosi pariwisata baik untuk wisatawan domestik dan internasional.

“Kami berharap ADWI dapat mendorong pelaku industri di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mengembangkan desa wisata guna mendukung perekonomian yang kuat, tangguh dan revitalisasi,” tegas Gemadu.

Selain ADWI 2021, sebagai upaya menunjukkan komitmen pemerintah dalam pengembangan desa wisata, pihaknya telah menjalankan program sertifikasi desa wisata berkelanjutan dimana pada tahun ini 60 desa wisata akan mendapatkan sertifikasi.
Berita terkait: Pemerintah menetapkan target 10.000 desa wisata pada tahun 2020
Berita terkait: Bali luncurkan program ekowisata di desa Nyambu