POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Demonstrasi pro-Palestina diadakan di luar sayap Israel dan Amerika

Demonstrasi pro-Palestina diadakan di luar sayap Israel dan Amerika

Setidaknya 100 demonstran berkumpul pada hari Rabu, hari kedua persiapan Venice Biennale 2024, di depan paviliun Amerika dan Israel, yang ditempatkan bersebelahan di Giardini della Biennale, menuntut kemerdekaan Palestina.

Para pengunjuk rasa meneriakkan “Kamu memalukan” dan “Biden, Biden, kamu tidak bisa bersembunyi.” “Kami menuduh Anda melakukan genosida,” katanya, menjelaskan peran Amerika Serikat dalam perang yang sedang berlangsung di Israel melalui miliaran bantuan dan senjata.

Pengunjung Biennale melihat kelompok tersebut mengibarkan bendera Palestina dan membawa beberapa poster besar dengan gambar tentara dan tagar “No Death in Gun” dan “ANGA,” yang merupakan singkatan dari Aliansi seni, bukan genosidasekelompok seniman, penulis, dan pekerja budaya internasional yang sebelumnya menyerukan agar Israel tidak dilibatkan dalam biennale tahun ini.

Artikel terkait

Paviliun Israel ditutup kemarin dan hari ini. Ruth Batir, seniman yang dipilih untuk mewakili Israel dalam acara dua tahunan tersebut, mengatakan pada hari Selasa bahwa acara dua tahunan tersebut akan tetap ditutup sampai “perjanjian gencatan senjata dan pembebasan sandera” tercapai antara Hamas dan Israel.

Paviliun AS, yang menampilkan karya-karya Jeffrey Gibson, seniman penduduk asli Amerika pertama yang mewakili negaranya secara solo pada acara dua tahunan tersebut, menjadi pusat perhatian selama protes setelah seorang pria mengenakan pakaian biru cerah yang serasi dari ujung kepala hingga ujung kaki, termasuk topi dan jaket. Mereka menyerbu pameran dan mulai berteriak “ini adalah paviliun genosida yang sebenarnya” ketika pengunjung melihat dan merekam kejadian tersebut di ponsel mereka.

Segera setelah itu, dua orang naik ke puncak patung beton dan fiberglass Gibson berukuran 10 kali 18,4 kali 17 kaki yang terbuat dari satu set tiang, sambil melambaikan keffiyeh hitam-putih.

READ  Malam ini SNL ditayangkan tanpa penonton, pemeran 'terbatas' karena Omicron

Satu jam kemudian terjadi antrean panjang untuk memasuki American Pavilion dan tidak ada tanda-tanda protes, kecuali selebaran merah yang tersebar di lantai batu Giardini. “Tidak ada kematian di Venesia. Tidak bagi sayap genosida,” bunyi selebaran itu.