POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Coast Guard mencegah ‘kapal hantu’ bertabrakan dengan platform lepas pantai Petronas di Malaysia

Penjaga Pantai Malaysia terpaksa turun tangan untuk mencegah kapal tanpa awak berpotensi bertabrakan dengan anjungan gas yang dioperasikan oleh Petronas.

Badan Penegakan Hukum Maritim Malaysia (MMEA) mengkonfirmasi melalui media sosial pada hari Selasa bahwa mereka telah menerima informasi dari perusahaan pelayaran Indonesia bahwa Benteng Winposh hanyut tanpa awak.

Kecelakaan itu awalnya terjadi di perairan Vietnam ketika kapal pengangkut jangkar Limin Rosmina kehilangan tali dereknya dalam cuaca buruk saat menarik Winposh Rampart dari Matak, Indonesia, ke Yang Po, China.

Kementerian Luar Negeri dan Matematika mengatakan Benteng Winposh kemudian melayang ke perairan Malaysia dan penilaian risikonya menemukan kapal itu bisa bertabrakan dengan platform Petronas Telok A, menciptakan kecelakaan yang berpotensi “mengancam jiwa” jika tidak ada intervensi yang dilakukan.

Alhasil, Kementerian Luar Negeri dan Matematika berkoordinasi dengan Petronas untuk menderek kapal siluman ke lokasi yang lebih aman, dengan media lokal mengutip Direktur Jenderal Angkatan Laut Laksamana Muda Datuk Muhammed Zobel Matt Som yang mengatakan bahwa operasi itu melibatkan Maritim Jujur (KM ) dan AW139, sementara Petronas mengirim HMS Marine Supply Icon Lotus dan SK Pilot untuk bantuan.

Ditambahkannya, Jembatan Wenbosch kini sedang ditarik oleh Icon Lotus ke supply basin Kemaman di Terengganu, Malaysia.

Ladang gas Teluk terletak di Laut Cina Selatan, sekitar 200 kilometer di lepas pantai Semenanjung Malaysia, dan pada awalnya dikembangkan di bawah usaha patungan 50:50 antara Petronas dan perintis AS ExxonMobil.

keluaran dari Telok A dimulai pada Maret 2013 Bagian pertama dari pengembangan dua fase terdiri dari dua platform satelit gas tak berawak berkaki empat – lagi-lagi terkait dengan platform gas Guntong E – dan 14 sumur pengembangan.

READ  Saat badai mendekat, pembongkaran apartemen yang runtuh akan dimulai