POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China Menawarkan Lebih Banyak Bantuan untuk Korban Topan Filipina _ Channel_CCTV (cctv.com)

MANILA, 22 Desember (Xinhua) — China memberikan uang tunai 1 juta dolar AS dan 4.725 ton beras pada Rabu untuk membantu para korban Topan Ray di Filipina.

Duta Besar China untuk Filipina Huang Xilian mengumumkan bantuan dalam upacara pengiriman beras, gelombang terakhir 10.000 ton yang disumbangkan China ke Filipina.

Huang mengatakan bantuan tunai darurat akan mendukung upaya bantuan dan pemulihan dari pemerintah Filipina dan masyarakat dalam menanggapi bencana yang disebabkan oleh topan yang menghancurkan, mengungkapkan harapan bahwa batch baru beras akan berkontribusi pada operasi bantuan kemanusiaan di Filipina di bawah daerah yang dilanda angin topan.

Kedutaan Besar China di Manila pada Selasa mengumpulkan 20.000 paket sembako berisi paket nasi, makanan kaleng dan mie. Huang mengatakan bahan bantuan telah tiba di daerah yang terkena dampak topan seperti Cebu, Leyte, Negros Occidental, Negros Oriental, Bohol, Cagayan de Oro City, Surigao, dan lainnya.

Huang mengatakan China akan terus mendukung upaya bantuan dan pemulihan di Filipina “sebanyak mungkin.”

“China dan Filipina adalah tetangga dekat dan bersahabat yang selalu membantu dan mendukung satu sama lain di masa-masa sulit,” kata duta besar.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Selasa malam mengumumkan keadaan bencana di beberapa wilayah untuk mempercepat upaya bantuan bagi para korban Badai Ray.

Direktur Kesejahteraan Sosial Filipina Emmanuel Privado, yang menerima beras sumbangan dari China pada Rabu, berterima kasih kepada pemerintah China atas kemurahan hatinya.

Privado mengatakan sumbangan Tiongkok datang pada waktu yang tepat, dengan mengatakan bahwa pemerintahnya sedang mendistribusikan barang-barang bantuan kepada para korban topan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang-orang China atas sumbangan ini. Ini tepat waktu. Para korban topan akan mendapat manfaat dari sumbangan ini,” katanya.

READ  PBB kutuk kudeta militer di Myanmar, serukan embargo senjata

Topan Ray, yang melanda Filipina pekan lalu, telah mempengaruhi lebih dari 1,3 juta dan dikhawatirkan telah menewaskan sedikitnya 375 orang di Filipina tengah dan selatan dan sebagian pulau utama Luzon.