POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China membuat "pernyataan" kepada Australia melalui latihan angkatan laut dan penyelamatan kapal selam Indonesia

China membuat “pernyataan” kepada Australia melalui latihan angkatan laut dan penyelamatan kapal selam Indonesia

Tapi Blacksland mengatakan China juga memanfaatkan optik. “Saat mereka melipatgandakan upaya mereka untuk memberikan dingin kepada Australia, sangat membantu bahwa tangan persahabatan ini mencapai Indonesia.”

Hubungan pertahanan Australia dengan Indonesia, tetangga dekatnya, negara terbesar di antara blok regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), merupakan prioritas utama pemerintah Morrison dalam tujuannya untuk mengejar keamanan kawasan di Samudra Hindia dan Pasifik. .

Fragmen dari kapal selam Indonesia Nagala yang tenggelam, yang ditawarkan China untuk diselamatkan secara gratis. Atribut untuk dia:Kementerian Luar Negeri Indonesia

Dalam wawancara dengan situs resmi pertahanan Tentara Pembebasan Rakyat setiap hariMi Guoqiang, komandan Komando Selatan Angkatan Laut China, mengatakan latihan bersama itu bertujuan untuk “memperdalam komunikasi profesional, meningkatkan rasa saling percaya dan kerja sama, dan bersama-sama menunjukkan langkah-langkah praktis untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.”

Seorang juru bicara Angkatan Laut Indonesia tidak dapat dihubungi, tetapi Michael Shobridge, direktur program pertahanan di Institut Kebijakan Strategis Australia, mengatakan latihan itu direncanakan jauh sebelum China menawarkan untuk menyelamatkan kapal selam Indonesia.

“Belum lama ini, Australia telah membicarakan tentang memperluas hubungannya dengan latihan dengan Tentara Pembebasan Rakyat,” kata Shobridge.

“Tidak ada keraguan bahwa militer Tiongkok ingin membangun hubungan yang lebih dekat dengan militer Indonesia, tetapi ada beberapa kesulitan yang mereka hadapi saat melakukan hal itu sementara negara Tiongkok membuat tuduhan yang tidak sesuai dengan peradilan dan kedaulatan Indonesia.

Blake Herzinger, rekan non-residen yang berbasis di Singapura di Pacific Forum Policy Institute, menggambarkan aktivitas maritim China baru-baru ini di kawasan itu sebagai “oportunisme cerdas”.

Ia mengungkapkan, Jakarta wajib bekerja sama dengan China, investor asing terbesar kedua dan pemasok utama vaksin COVID-19 ke Indonesia.

READ  Gallagher ditunjuk sebagai ketua bersama Satgas T20 Indonesia

Hal menipu lainnya adalah dengan pemerintah Indonesia dan tentara Indonesia [Indonesia’s armed forces] Mereka tidak selalu bernyanyi dengan nada yang sama. “