POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China: KTT khusus ASEAN-China membuka halaman baru untuk hubungan bilateral

Asisten Menteri Luar Negeri Wu Jianghao berbicara kepada wartawan, 22 November 2021. / Kementerian Luar Negeri China

Asisten Menteri Luar Negeri Wu Jianghao berbicara kepada wartawan, 22 November 2021. / Kementerian Luar Negeri China

Asisten Menteri Luar Negeri Wu Jianghao mengatakan kepada wartawan hari Senin bahwa perkembangan pesat hubungan Tiongkok-Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) membawa manfaat nyata bagi rakyat kedua belah pihak dan memberikan kontribusi positif bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran regional dan global. .

Pernyataan Wu datang setelah KTT khusus untuk menandai peringatan 30 tahun hubungan dialog China-ASEAN, yang diadakan pada hari Senin. Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato melalui tautan video dan mengumumkan bahwa kedua pihak akan meningkatkan hubungan mereka menjadi kemitraan strategis yang komprehensif.

Wu mengatakan KTT itu membuka babak baru bagi pertumbuhan hubungan bilateral. Konsensus telah dicapai dalam delapan aspek antara para pemimpin China dan ASEAN.

Pertama, para pemimpin sepakat bahwa peningkatan hubungan bilateral ke tingkat kemitraan strategis yang komprehensif menetapkan tonggak baru dalam hubungan bilateral. Ini bermanfaat dalam hal meningkatkan rasa saling percaya strategis dan kerja sama yang komprehensif, dan melalui hubungan yang lebih erat, kedua belah pihak akan menyuntikkan dorongan baru ke dalam perdamaian, stabilitas, kemakmuran, dan pertumbuhan regional dan global, kata Wu.

Kedua, upaya bersama diperlukan dalam memerangi epidemi, kata Wu, menekankan bahwa para pemimpin mengakuinya sebagai tugas paling penting dalam situasi saat ini, dan menyerukan upaya yang lebih besar dalam mempromosikan kerja sama jangka panjang dalam kesehatan masyarakat.

Pada pertemuan puncak, Xi berjanji untuk memberikan 150 juta dosis vaksin COVID-19 lagi ke blok tersebut dan menyumbangkan $1,5 miliar dalam bantuan pembangunan selama tiga tahun ke depan, serta mengimpor hingga $150 miliar produk pertanian dari blok tersebut di tahun berikutnya. lima tahun.

READ  CA Konfirmasi Penunjukan Dua Utusan dan 14 Pejabat Departemen Luar Negeri

Presiden China Xi Jinping (tengah) memimpin KTT khusus antara ASEAN dan China untuk merayakan peringatan 30 tahun hubungan dialog ASEAN-China melalui tautan video di Beijing, 22 November 2021. / Xinhua

Presiden China Xi Jinping (tengah) memimpin KTT khusus antara ASEAN dan China untuk merayakan peringatan 30 tahun hubungan dialog ASEAN-China melalui tautan video di Beijing, 22 November 2021. / Xinhua

Ketiga, semua pemimpin sepakat untuk tetap berkomitmen pada pembangunan bersama untuk memfasilitasi pemulihan ekonomi regional karena pandemi telah memperlambat proses pemulihan dan membuat masalah pembangunan yang tidak seimbang menjadi menonjol.

Semua pihak menyambut dan mendukung inisiatif pembangunan global, kata Wu, percaya bahwa inisiatif tersebut akan memberikan dukungan luar biasa bagi pemulihan ekonomi negara-negara berkembang.

Keempat, inovasi akan memberikan dorongan baru dalam pembangunan nasional, oleh karena itu, para pemimpin menyerukan kemitraan teknis dan inovatif yang lebih erat untuk mengintensifkan kerja sama di bidang-bidang baru seperti ekonomi digital, kata asisten menteri luar negeri.

Kelima, para pemimpin mencapai konsensus untuk mempercepat transformasi hijau dalam rangka mendorong pembangunan berkelanjutan, mengingat dampak negatif perubahan iklim yang semakin meningkat, kata Wu, seraya menambahkan bahwa para pemimpin siap memperkuat kerja sama di bidang perubahan iklim dan energi bersih.

Keenam, pertukaran orang adalah kekuatan pendorong hubungan bilateral yang tidak ada habisnya. Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan pertukaran di berbagai bidang untuk meningkatkan saling pengertian di antara masyarakat mereka.

Ketujuh, para pemimpin juga menyerukan upaya bersama untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional, kata Wu, menekankan bahwa China bersedia untuk tetap bersahabat dengan negara-negara di kawasan itu dan menyelesaikan perbedaan dengan cara damai.

READ  Jepang Kirim Pesawat SDF ke Afghanistan untuk Operasi Evakuasi

Last but not least, Wu mengatakan bahwa semua pemimpin memandang ASEAN sebagai peran sentral dalam mendukung multilateralisme.

Mengutip kata-kata Xi, Wu mencatat bahwa China mengakui ASEAN sebagai prioritas tinggi dalam diplomasi lingkungan, mendukung persatuan blok dan pembangunan komunitas, dan posisinya dalam struktur regional dan berharap untuk memainkan peran yang lebih besar dalam urusan regional dan internasional.