POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Celtics memenangkan pertarungan antara Doncic dan Tatum di Game 2

Celtics memenangkan pertarungan antara Doncic dan Tatum di Game 2

Jayson Tatum bangkit ketika pertahanan ditekan, dan Luka Doncic memudar di Game 2.

Luka Doncic memimpin semua pencetak gol dengan 32 poin di Game 2 Final NBA pada hari Minggu, mencetak gol jauh lebih efisien daripada yang dia lakukan tiga malam lalu. Sementara itu, Jayson Tatum menembakkan 6-dari-22 dan sekarang 12-dari-38 (32%) dalam seri tersebut.

Namun terjadi banyak konfrontasi antara Doncic dan Tatum di kedua sisi lapangan pada Game 2, dan secara keseluruhan, Boston Celtics memiliki keunggulan dalam situasi tersebut, yang merupakan salah satu alasan mereka memimpin 2-0 menuju Dallas untuk pertandingan tersebut. permainan. 3 pada hari Rabu (20:30 ET, ABC).

Jumlah satu pemain tidak terlalu menjadi masalah ketika kelompok bekerja sama untuk menghasilkan pukulan yang bagus. Hal itulah yang terjadi di lini belakang Celtics, di mana pergerakan bola lebih banyak (300 operan per 24 menit penguasaan bola) dibandingkan tiga putaran pertama playoff (293 per 100). Di sisi lain, tingkat passing Mavs meningkat dari 293 passing per 24 menit penguasaan bola selama tiga putaran pertama menjadi hanya 260 passing per 24 menit di Final.

Berikut beberapa angka dan film tentang bagaimana Celtics memenangkan pertarungan Doncic-Tatum di Game 2.


1. Tatum beralih, menjaga Doncic tetap terkendali

Nomor yang perlu diketahui: Tatum adalah pelindung layar di 11 layar bola Doncic di Game 2, naik dari hanya empat di Game 1.

Dengan Tatum terutama menjaga tim lawan, Dallas menggunakan penyerangnya sebagai layar di Game 1, menargetkan Al Horford dan Kristaps Porzingis, yang menjadi pemain bertahan di 26 dari 38 layar bola yang ditetapkan untuk Doncic.

READ  Rekor penonton wanita Inggris mengalahkan Irlandia di Kejuaraan Enam Negara | Kejuaraan Enam Negara Putri

Tentu saja, jika perusahaan besar tidak memasang layar, mereka berada di tempat lain dan jarak Mav di sekitar serangan Doncic dapat dikompromikan. Karena Game 1 adalah salah satu penampilan ofensif terburuk Mavs musim ini, mereka mengubah banyak hal di Game 2, menyiapkan lebih banyak layar dengan pemain besar, menempatkan Tatum lebih banyak beraksi.

Layar bola untuk Luka Doncic, Final

Pembela layar Permainan 1 Permainan 2
Horford 15 5
Porzingis 11 11
Tatum 4 11
Yang lain 8 8
jumlah seluruhnya 38 35

Melalui Pelacakan Spektrum II

Tatum sebagian besar mengganti layar tersebut, dan Mavs hanya mencetak empat poin dari 10 peluang di mana layar bola dipasang untuk Doncic oleh pria yang dibela Tatum. Keempat poin tersebut – umpan Doncic melewati Tatum dan langkah mundur yang kuat – terjadi pada kuarter pertama, ketika Doncic juga menghasilkan 0-untuk-2 di garis gawang setelah mengalahkan Tatum saat menggiring bola dan melakukan pelanggaran.

Aksi Doncic-Tatum tidak pernah membuahkan hasil setelah itu, meski dalam beberapa kesempatan, Mavs menindaklanjutinya dengan layar lain ke arah pria yang dibela Porzingis. Celtics tidak menyerah Yang Beralih, dan Tatum bisa mencuri dengan melacak layar dengan tangan aktif:

Jayson Tatum mencuri dari Luka Doncic

Setelah pergantian (ceroboh) lainnya dalam tiga penguasaan bola kemudian, Mavs tidak melakukan pergerakan apa pun untuk Doncic-Tatum di 16 menit terakhir Game 2.


2. Pertahanan Doncic mendapat sorotan

Nomor yang perlu diketahui: Dalam 88 pertandingan (musim reguler ditambah playoff) sebelum Final, rekor drive tertinggi dalam karier Tatum adalah 17. Dia mencatatkan 18 drive di Game 1 dan 29 drive di Game 2.

Seri ini sebagian besar terjadi di akhir pertandingan karena Mavs hanya mencetak satu poin per penguasaan bola, rangkaian serangan dua pertandingan terburuk kedua mereka musim ini. Satu-satunya pertandingan di mana mereka mencetak gol kurang efisien adalah di dua pertandingan terakhir musim reguler, ketika Doncic dan Kyrie Irving tidak bermain.

READ  Commons to the Commonwealth: Pengendara sepeda Ghana Symonds membangun warisannya sendiri | Pertandingan Persemakmuran 2022

Tapi Celtics tidak akan tinggal dua pertandingan lagi untuk meraih gelar juara jika mereka tidak juga menemukan kesuksesan ofensif. Sebagian besar kesuksesan itu datang melalui serangan Doncic.

Di penghujung kuarter kedua, terjadi rentetan empat penguasaan bola di mana Celtics mencetak 10 poin, semuanya dengan menyerang Doncic. Itu mengubah skor imbang menjadi keunggulan lima poin dan memungkinkan mereka memasuki babak pertama dengan keunggulan.

Pertama, Holiday (yang dijaga oleh Doncic) memalsukan layar untuk Tatum, menangkap sisi kiri lantai, dan mengusir Doncic sebelum dia pulih:

Perjalanan liburan anak anjing

Pada penguasaan bola berikutnya, Holiday memberikan layar yang sebenarnya untuk Tatum. Doncic menyalakannya dan dioper saat Tatum masuk ke keranjang untuk mendapatkan dan-1.

Jayson Tatum mengungguli Luka Doncic

Holiday kemudian mengatur layar untuk Jaylen Brown. Doncic mengubahnya dan melakukan pelanggaran, menempatkan Brown di garis depan.

Pada perjalanan keempat, Doncic harus menjemput Brown selama masa transisinya. Brown melewatinya dan meminta bantuan, dan Celtics akhirnya mendapat tendangan sudut terbuka lebar 3 saat istirahat:

Tendangan sudut Jrue Holiday 3 angka

Empat harta benda. Empat tindakan yang menargetkan Doncic. 10 poin.

Doncic berdiri bertahan pada beberapa penguasaan bola, membelokkan umpan Brown (setelah mendapat pukulan dari pintu belakang), merebut bola darinya pada penguasaan bola berikutnya, dan tetap berada di depan Tatum untuk memungkinkan Derrick Jones Jr. penghalang jalan. Tapi itu terlalu sedikit, sudah terlambat di game kedua, dan dia harus lebih konsisten dalam hal itu ke depannya.


3. Tatum Sang Pencipta

Nomor yang perlu diketahui: Tatum memberikan assist dengan 27 poin dari rekan satu timnya, menempati posisi keempat dalam perolehan poin terbanyak dalam 624 pertandingan karier. Dia telah memberikan assist setidaknya 27 poin dari rekan satu timnya enam kali dalam karirnya, dengan lima dari enam pertandingan tersebut terjadi di babak playoff.

READ  Red Bull mungkin tidak akan terkalahkan hingga tahun 2026, kata pembalap Ferrari Charles Leclerc

Assist Tatum tidak hanya datang pada 29 drive tersebut. Dia juga melepaskan bola dengan cepat ketika dia menarik bek kedua dan memberikan sepasang assist ketika menggandakannya di tiang gawang:

Jayson Tatum membantu Puppy Holiday

Meskipun Tatum belum melakukan tembakan dengan baik di dua game pertama, dia kemungkinan akan memimpin Final dalam menciptakan keuntungan, baik dengan menarik bola ke bawah dua atau melewati beknya dalam situasi 1 lawan 1. Dia mempercayai rekan satu timnya, semuanya telah mampu melakukan tembakan atau permainan.

Di sisi lain lapangan, Celtics menunjukkan lebih banyak bantuan kepada Doncic di Game 2. Tapi para pemain yang mereka biarkan terbuka – Jones, Josh Green dan Maxi Kleber – tidak bisa membuat mereka maju.

Jika hal itu tidak berubah di Dallas, ini akan menjadi serial yang sangat pendek.

* * *

John Shuman adalah analis statistik senior di NBA.com. Anda dapat mengirim email kepadanya di sini, temukan arsipnya di sini dan Ikuti dia di X.

Pendapat yang diungkapkan di halaman ini tidak mencerminkan pendapat NBA, klub-klubnya, atau Warner Bros. Penemuan.