POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Celtic: Keluarnya McKay yang aneh merusak dunia baru yang dianggap berani

Dominic McKay bertahan 72 hari sebagai kepala eksekutif Celtic setelah meninggalkan perannya dalam rugby Skotlandia

Kedatangan Dominic McKay sebagai CEO Celtic membuatnya menghadapi seluruh media modern – jurnalis TV, reporter radio, penulis surat kabar, blogger, vlogger, dan podcaster.

Mackay berbicara untuk Skotlandia hari itu, mantra tanpa henti tentang bagaimana, dalam beberapa bulan dan tahun mendatang, dia akan “memodernisasi”, “mengembangkan” dan “mengembangkan” klub untuk para penggemar sekarang dan masa depan.

Keberangkatannya, sedikit lebih dari dua bulan kemudian, agak lebih tenang. Sebuah pernyataan dikeluarkan pada hari Jumat yang membuat semua orang waspada. Dua puluh tiga kata dari Ian Bankier, presiden klub. Dua puluh tiga kata dari mantan CEO sekarang. Total empat puluh enam kata. Di era yang buruk dan Anda akan melewatkannya, perpisahan tiba-tiba agak pas. Memang, seolah-olah McKay tidak pernah benar-benar ada.

Pernyataan perpisahan menyatakan bahwa McKay pergi karena alasan pribadi. Dia melanjutkan untuk mengungkapkan harapan terbaiknya untuk dia dan “keluarganya”. Formulasinya sangat disayangkan karena memungkinkan terbentuknya opini bahwa sesuatu yang tidak menyenangkan telah terjadi padanya dalam hidupnya.

Tentu saja, ada kecemasan di kantor mantan majikan saya, rugby Skotlandia. McKay di Murrayfield dipikirkan dengan baik dan dalam kekosongan informasi ada obrolan tentang apa yang terjadi di dunianya. tidak ada yang tahu. Tak pelak, penjelasan alasan pribadi dan penyebutan keluarganya memicu spekulasi di dunia internet. Tidak ada yang tahu apa yang sedang terjadi, jadi teori-teori bermunculan.

Hari berikutnya membawa cerita di beberapa surat kabar. Pesan yang disampaikan adalah bahwa McKay tidak bekerja, bahwa dia sedikit keluar dari kedalamannya dan bahwa dia melompat dari posisinya sebelum didorong. Ungkapan “melompat sebelum didorong” muncul di beberapa tempat. Itu bukan isapan jempol dari imajinasi jurnalis dan tidak jatuh dari langit.

Beberapa panggilan dibuat ke McKay untuk mengetahui sisi ceritanya, tetapi dia tidak tertarik untuk memberikannya.

McKay bekerja bersama pendahulunya Peter Lowell di Celtic sebelum mengambil pekerjaan penuh waktu pada bulan Juli.
McKay bekerja bersama pendahulunya Peter Lowell di Celtic sebelum mengambil pekerjaan penuh waktu pada bulan Juli.

Salah satu hal yang menarik tentang semua ini adalah bahwa Celtic telah mengetahui semua tentang McKay selama bertahun-tahun. Dirinya dan Peter Lowell saling mengenal dengan sangat baik. Mereka mengerjakan beberapa hal bersama-sama. McKay telah berbicara secara teratur tentang cintanya untuk klub.

Sebagai tim eksekutif di Celtic Park, mereka memiliki banyak kesempatan untuk mengubah ukurannya dan menilainya sebagai calon penerus Lawwell. Jika Anda membeli pendapat bahwa pekerjaan itu terlalu besar baginya, maka Anda pasti harus bertanya tentang penilaian orang-orang yang menempatkannya di sana.

Itu jika Anda membeli salinan acara itu. Sampai McKay berbicara, ceritanya tetap tidak lengkap. Ada dua sisi dari setiap cerita.

Hubbub tidak bisa membantu Postecoglou

Fans menghargai keterbukaan dan aksesibilitas McKay. Dia menjanjikan lebih banyak keterlibatan penggemar dan dalam waktu singkat dia memenuhi janji itu. Beberapa – banyak – penggemar Celtic musim lalu mengeluh bahwa suara mereka tidak didengar, bahwa dewan direksi mereka menerima begitu saja dan bahwa ada kekhawatiran besar. Sebuah bab yang jelas telah dibuka. Anda dapat membaca tentang dia, mendengarkannya, dan terkadang bahkan melihatnya dari dekat di luar Celtic Park. Terkadang, itu sangat mengganggu.

McKay telah berbicara secara teratur di media dan acara penggemar di mana dia berbicara tentang perlunya memodernisasi klub. Dalam satu aspek dia pasti sampai di sana. Penunjukan manajer baru yang mengesankan, Ange Postecoglou, dan lusinan pemain baru (lambat datang tetapi mereka ada di sana sekarang) menunjukkan bagian di lapangan dari pembangunan kembali akan datang. Pemikirannya tentang pengembangan sisi komersial tidak diungkapkan secara memadai. Dia pergi sebelum dia bisa membuat perbedaan di depan ini.

Di sinilah Celtic sekarang menemukan dirinya. Penjabat CEO dan masih belum ada direktur olahraga dan tidak ada indikasi apakah mereka masih menginginkan direktur olahraga. Tidak ada bos untuk direkrut, dan tidak ada indikasi apakah mereka berniat untuk mempekerjakan seseorang dalam waktu dekat.

Dermot Desmond tetap menjadi pemegang saham mayoritas, Lowell tetap menjadi direktur, dan Michael Nicholson, di klub sejak 2013, tetap menjadi orang kunci dengan kekuatan baru dari CEO sementara. Gordon Strachan, mantan manajer, juga hadir. Konsultasi dengan beliau untuk jangka waktu tiga bulan terus menerus.

Ada manajer yang berbeda, tetapi staf pelatihan kembali sama seperti sebelumnya. Mereka mungkin tidak membutuhkannya, tapi itu bukan pergantian penjagaan massal. Ini lebih seperti kembali ke masa depan daripada dunia baru yang berani.

Dalam semua ini, pertimbangkan Postecoglou. Dia muncul sebagai orang kuat yang menangani banyak hal, tetapi kata-kata kasar terakhir ini tidak ada gunanya baginya. Sedikit lebih dari 70 hari kemudian, CEO yang mendorongnya di setiap kesempatan pergi. Siapa yang melaporkan sejauh ini? Nicholson, Lowell, Desmond, Bunker? Siapa yang membuat keputusan penting setiap hari?

Dewan Celtic akan berharap untuk serangkaian kemenangan, tidak hanya untuk menempatkan klub di tempat yang baik di Liga Premier dan Liga Europa, tetapi juga untuk memadamkan kemarahan yang terkumpul di antara dukungan. Bukannya mereka mengira MacKay adalah seorang jenius revolusioner, tapi setidaknya dia mendengarkan mereka. Mereka mungkin bertanya, “Siapa yang mendengarkan sekarang?”

Keuntungan akan menghambat analisis kritis intens bisnis McKay. Kekalahan hanya akan membawanya ke depan. Ini membawa kita kembali ke Postecoglou – jenis pemain hebat yang dibutuhkan klub di masa-masa aneh ini.

READ  Euro 2020 Hit dan Misses: liku-liku datang tebal dan cepat, Swiss mengejutkan Prancis, Spanyol lolos dari horor Kroasia | berita sepak bola