POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Catur: Hans Niemann menanggapi kontroversi ‘curang’ di St. Louis | Magnus Carlsen

Penarikan Magnus Carlsen yang mengejutkan dari Piala Sincofield senilai $350.000 di St. Louis setelah kekalahan putaran ketiganya dari pendatang baru Hans Niemann telah memicu berbagai tuduhan “curang”. Ini mungkin kasus paling serius dari jenisnya untuk catur internasional sejak pertandingan Kejuaraan Dunia Toiletgate 2005, ketika Veselin Topalov menuduh Vlad Kramnik membuang korek api ke toilet.

Kekalahan Carlsen dari Niemann, 19, adalah yang pertama selama beberapa tahun bersama White dari lawan berperingkat jauh lebih rendah, dan itu adalah penarikan pertama dari seluruh karier pelatih Norwegia itu. Satu-satunya penjelasannya adalah video misterius direktur sepak bola Jose Mourinho yang mengatakan “Jika saya berbicara, saya dalam masalah besar” selama konferensi pers tentang wasit.

Ini telah secara luas ditafsirkan sebagai meningkatkan kecurigaan kecurangan. Keamanan diperketat, siaran putaran keempat ditunda 15 menit, dan Neiman digeledah secara menyeluruh sebelum permainannya dimulai, tetapi tidak ada yang ditemukan.

Pecatur terberat terkemuka, GM Hikaru Nakamura, dengan wahyu bahwa, bertahun-tahun yang lalu, Niemann untuk sementara dilarang oleh catur.com untuk penggunaan komputer dalam turnamen online. Editorial Carlsen 1 d4 Nf6 2 c4 e6 3 Nc3 Bb4 4 g3, dirinci oleh Niemann.

Remaja dari California, yang tidak memiliki pelatih tetapi peringkatnya melonjak 250 poin dalam tiga tahun, telah mengalahkan juara dunia sebulan sebelumnya dalam sebuah turnamen online di Miami, ketika ia menjadi berita utama dalam wawancara kemenangan satu kalimat. di mana dia berkata, “Catur berbicara tentang dirinya sendiri” sebelum pergi. Untuk sementara waktu di St. Louis, dia menjadi orang buangan.

Kemudian reaksi dimulai. Situasi di luar pembukaan nyaris datar, dengan minimal plus 0,3 untuk Lions, namun sang juara dunia tampak berusaha keras, dengan opsi suboptimal pada jurus ke-22, ke-40, dan ke-42. permainan Tidak ada tanda peringatan untuk membantu komputer.

Dukungan untuk remaja datang dari Jacob Aagaard, orang Skotlandia yang hebat yang merupakan juara Inggris pada tahun 2007 yang penulis populer. “Skandal itu menjadi perburuan penyihir,” kata Maxim Vacher-Lagrave dari Prancis, yang bertanding di St. Louis.

Neiman kemudian berbicara dalam pembelaannya sendiri, dalam wawancara ronde ke-5 pasca-pertandingan setelah bermain imbang dengan Liner Dominguez saat lawannya membuatnya lolos dalam posisi kalah. i Dalam setengah jam pembicaraan cepat (salinan sorotan tersedia di catur 24) menangani kasus terhadapnya dan mengeluarkan surat tantangan: “Saya tidak akan mengizinkan Chess.com, saya tidak akan mengizinkan Magnus Carlsen, saya tidak akan membiarkan Hikaru Nakamura, tiga entitas terbesar di Catur, merendahkan reputasi saya hanya karena pertanyaan itu. adalah – mengapa mereka menghapus saya dari Chess.com setelah saya memenangkan Magnus?”

3822: Magnus Carlsen – Alexey Shirov, Ukraina 2008. Putih bergerak dan menang. Bagaimana pemain berusia 17 tahun itu memenangkan situasi yang tampaknya berlarut-larut ini?

Dilarang dari situs catur terbesar dan tidak diundang dari Kejuaraan Dunia Chess.com, acara jutaan dolar dengan playoff online dan final delapan pemain di Toronto.

Setelah wawancara ini, volume komentar online yang sekitar 90% menentangnya berubah menjadi sekitar 60-40 yang mendukungnya, dan sekarang ada peningkatan seruan bagi Carlsen untuk mengeluarkan pernyataan yang lebih lengkap.

Masalah utama tampaknya adalah apakah Carlsen percaya analisis pra-pertandingannya tentang kejutan yang diinginkannya 1 d4 Nf6 2 c4 e6 3 Nc3 Bb4 4 g3 telah bocor, baik oleh tikus tanah di dalam kampnya atau oleh peretasan komputer.

Penjelasan alternatif untuk “kebocoran” mungkin sepenuhnya tidak bersalah. Struktur pion yang relevan, dengan transfer yang wajar ke Carlsen v Niemann, telah terjadi sebelumnya Game Carlsen yang terkenal melawan Michael Adams dari Inggris pada tahun 2006. Nieman mengatakan dia bertanya pada dirinya sendiri ide apa yang mungkin dihasilkan Carlsen untuk mengalihkannya dari skema Catalan yang direncanakannya dengan … Bb4+ dan memutuskan untuk memeriksa 5 Nc3, giliran langka ke Nimzo-India. Ada juga pertandingan terakhir Niemann melawan Le Quang Liem di Miami di mana 5 g3 (bukan 5 e3 d5 seperti yang dimainkan) d5 6 a3 dapat dengan mudah diubah menjadi Carlsen v Niemann.

Carlsen memulai dengan baik di St. Louis, di mana ia mengalahkan saingannya di tahun 2021, Ian Nepomnyachchi, di babak pertama dengan merek gerinda Carlsen Dari pembukaan level rupanya, dan menaikkan penghitungannya melawan lawannya menjadi enam poin dari tujuh pertemuan terakhir di antara mereka.

Putaran ketiga pada hari Minggu mengubah segalanya dan mudah dimengerti mengapa juara dunia itu begitu kecewa. Hasil kejuaraan Carlsen akan dibatalkan, tetapi pertandingannya akan dievaluasi dan kekalahan dari Neiman akan membuatnya kehilangan tujuh poin PIR, sebuah kemunduran besar dalam konteks usahanya untuk mendapatkan dari 2.865 menjadi 2900. Mimpinya tentang rekor peringkat menjadi lebih. jauh.

Sementara itu, Neiman adalah satu-satunya orang luar, anak baru di blok yang menentang batalion besar. Penggemar catur Amerika yang lebih tua, yang sejak tahun 1970-an merindukan kedatangan Bobby Fischer yang kedua, akan bersimpati padanya. Setelah itu, pendirinya adalah Mikhail Botvinnik, Tigran Petrosyan, dan Kekaisaran Catur Soviet. Sekarang Carlsen, Nakamura, dan Chess.com.

Tentu saja perbandingannya mudah rusak. Pada usia 19, Fischer baru saja memenangkan Perlombaan Internasional Stockholm 1962 dan menjadi favorit di antara para kandidat. Niemann yang berusia 19 tahun, terlepas dari kenaikannya yang meroket, baru saja memecahkan 2700 dan masih berada di peringkat ke-40 di dunia. Hans memiliki sorotan Fischer dan ambisi untuk menjadi #1, tetapi sihirnya terutama terletak pada satu pertandingan melawan juara dunia.

3832: 1kg 3! Bc3 2 Bg6 + Kg5 3 h4 +! gxh3 ep 4 f4 matte. Tanggapan lain merugikan Black setidaknya uskupnya.

READ  Eli Symonds: “Saya telah menemukan harapan yang lebih sulit seiring bertambahnya usia” | Pertandingan Paralimpiade