POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bulan dekat Pleiades sebelum fajar pada 13 dan 14 Juli

Bulan dekat Pleiades sebelum fajar pada 13 dan 14 Juli

Mereka yang ingin bangun pagi dapat menikmati pemandangan indah bulan sabit yang memudar di dekat gugusan bintang terbuka yang indah yang dikenal sebagai Pleiades. Cari juga pancaran kecerahan Bumi di bagian gelap bulan.

Pada pagi hari tanggal 13 dan 14 Juli 2023, bulan sabit yang memudar akan melewati gugus bintang Pleiades, salah satu dari banyak permata di Taurus si Banteng. Bintang oranye terang Aldebaran akan bersinar di dekatnya. Baca lebih lanjut tentang bulan di dekat Pleiades di bawah ini. Grafik melalui John Jardine Goss/Earthsky.

Bulan di dekat Pleiades dan Aldebaran

Bagi semua orang di seluruh dunia, bulan sabit memudar akan berada di dekat gugus bintang Pleiades yang berkelap-kelip pada pagi hari tanggal 13 dan 14 Juli 2023. Pleiades, berbentuk seperti gayung kecil, disebut juga The Seven Sisters atau Messier 45 (M45) . Mereka adalah keluarga bintang sejati, lahir bersama dan masih bergerak bersama melalui ruang angkasa sebagai sebuah keluarga. Dan mereka bagus untuk melihat teropong!

Juga di dekatnya Anda akan menemukan bintang merah terang. Itu adalah Aldebaran, mata berapi-api dari Banteng Taurus. Aldebaran adalah salah satu bintang paling terang di langit kita. Itu adalah bagian dari kelompok bintang berbentuk V – Hyades – yang membentuk wajah Taurus. Di langit yang cukup gelap, Hyades seharusnya mudah dikenali.

Kebetulan, meski Aldebaran muncul di antara mereka, ia bukan anggota gugus bintang Hyades. Faktanya adalah bahwa sebenarnya jauh lebih dekat dengan kita di luar angkasa daripada bintang lain di grup Hyades.

Kapan Anda bisa melihat mereka?

Bulan dan Taurus akan terbit di atas ufuk timur sesaat setelah pukul 2 pagi (waktu setempat). Maka carilah di langit pagi yang gelap sebelum langit mulai bersinar, mengumumkan datangnya mentari pagi.

Karena tampilan bintang, bulan, dan planet berbeda-beda bergantung pada lokasi Anda di globe, kami sarankan Anda mencobanya Stellarium Untuk mendapatkan bagan bintang yang akurat untuk situs Anda.

Rahasia bintang yang “hilang”.

Thuraya juga dikenal sebagai Seven Sisters. Namun, banyak orang hanya dapat melihat enam bintang dengan mata mereka sendiri. Berapa banyak bintang yang kamu lihat? Beberapa pengamat tajam telah melaporkan melihat 11 bintang. Tentu saja, Anda memerlukan langit yang gelap untuk melihat beberapa bintang redup.

READ  Tautan Hackaday: 24 Juli 2022

Melalui teropong, keenam bintang itu tiba-tiba menjadi 30 hingga 70 bintang. Dan teropong ideal untuk melihat kandil. Gugus itu sangat luas sehingga keluar dari bidang pandang teleskop. Tidak peduli berapa banyak bintang yang Anda lihat, Pleiades adalah pola bintang yang umum dan sepadan dengan usaha untuk bangun pagi di musim panas untuk menangkapnya dan bulan.

Intinya: Perhatikan bulan di dekat Pleiades – gugusan bintang terbuka yang indah – pada pagi hari tanggal 13 dan 14 Juli 2023. Di dekatnya, Anda akan menemukan bintang terang Aldebaran.

Untuk acara pengamatan hebat lainnya dalam beberapa minggu mendatang, kunjungi EarthSky’s Night Sky Guide

Untuk lebih banyak video tentang peristiwa langit malam yang menakjubkan, kunjungi Halaman YouTube EarthSky.