POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Brasil menahan dua pelancong Prancis karena berdiri di atas patung ikonik

Seorang pelancong mengatakan kepada AFP bahwa dua pria Prancis ditangkap oleh pihak berwenang Brasil karena menyaksikan matahari terbit di atas Rio de Janeiro dari atas patung Kristus Penebus yang terkenal selama penutupan tugu peringatan.

Clement Dumais, 28, dan Paul Roux Det Buisson, 27, memasuki situs peringatan 38 meter (125 kaki) pada Minggu malam dan tetap di sana setelah patung ditutup untuk hari itu. Kedua pria itu merangkak masuk sebelum fajar, menaiki tangga spiral yang panjang dan keluar dari celah dengan satu tangan untuk menikmati pemandangan kota dan Teluk Guanabara. Lengan patung yang terentang memanjang 28 meter.

Petualangan berakhir ketika salah satu penjaga keamanan di lokasi memperhatikan para pria. “Kami berdiri di atas lengan dan kami melihat kepala dan seorang petugas keamanan,” kata Roux-Det Buisson kepada AFP.

Kedua pria itu ditahan pada hari Senin dan dibebaskan setelah memberikan jaminan sebesar 10.000 riyal ($ 1.900). Keduanya sekarang harus tampil di hadapan hakim.

Polisi pariwisata Rio de Janeiro menolak berkomentar, mengatakan mereka sedang menyelidiki insiden tersebut.

Kedua pria, yang berasal dari Paris, telah membuat prestasi serupa di situs arsitektur terkenal di Dubai, New York dan Paris dan telah mendokumentasikan petualangan mereka di media sosial.

Polisi menyita semua foto dan video yang difilmkan para pria saat berada di atas patung Rio, tetapi para pelancong mengatakan mereka tidak menyesal.

“Pemandangannya sangat indah. Hanya sedikit orang yang berkesempatan melihatnya,” kata Roe Det Boisson. “Kami berhasil masuk ke dalam kulit Kristus.”

Patung Kristus Penebus, yang akan merayakan hari jadinya yang ke-90 pada bulan Oktober, baru-baru ini direnovasi dengan bantuan pemanjat profesional, yang bekerja di atas kekosongan dalam sabuk pengaman. Pada tahun 1991 dan 2010, patung itu dirusak dengan grafiti.

READ  Indonesia akan menerima lebih banyak dosis vaksin COVID-19 dari China

Selain Gunung Sugarloaf, patung ikonik, yang bertengger di atas Bukit Corcovado, adalah situs yang paling banyak dikunjungi di ibu kota turis Brasil, menerima hampir dua juta kunjungan setiap tahun.