POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Utusan India bertemu dengan menteri luar negeri Tajik, membahas masalah kerja sama bilateral

Duta Besar India Viraj Singh pada 24 Agustus bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Tajikistan Farhoud Salim, kata misi India di Dushanbe dalam sebuah tweet. Akun resmi di Twitter memposting gambar Salem dengan Singh, dan menyatakan bahwa para pejabat membahas masalah kerja sama bilateral antara India dan Tajikistan. “Duta Besar Viraj Singh bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Tajikistan Farhoud Salem dan membahas masalah kerja sama bilateral,” tulis tweet itu.

Dengan Taliban menguasai Afghanistan pada 15 Agustus, India di antara beberapa pemerintah lainnya sedang berjuang untuk mengevakuasi warganya dari negara-negara yang dilanda perang. Ratusan warga negara India diusir dari Afghanistan karena takut akan penguasa baru, dan beberapa diterbangkan melalui Dushanbe di Tajikistan dan Qatar.

Pengungsi dari Kabul diterbangkan dari Tajikistan sambil meneriakkan “Bharat Mata Ki Jai”

Ketika situasi di Afghanistan terus memburuk, 87 pengungsi bersama dengan warga Nepal meneriakkan “Bharat Mata ki Jay” dalam penerbangan Air India setelah berangkat ke New Delhi dari Tajikistan. Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arindam Bagshi, mengatakan di Twitter, “Orang India dipulangkan dari Afghanistan! Amnesty International 1956 dengan 87 orang India di dalamnya berangkat dari Tajikistan ke New Delhi. Warga negara Nepal juga dievakuasi. Dengan bantuan dan dukungan dari Kedutaan Besar kami IndEmbDushanbe. Evakuasi lebih lanjut penerbangan Untuk mengikuti”.

Sementara itu, 168 penumpang termasuk 107 orang India tiba di pangkalan Angkatan Udara India di Ghaziabad dari Kabul dengan menumpang C-17. Sebelumnya, pada 17 Agustus, video serupa muncul di media sosial di mana para pengungsi dari Afghanistan meneriakkan “Bharat Mata ki Jay” dan “Vandi Matram” ketika sebuah pesawat angkut militer mendarat di pangkalan udara Jamnagar pada pukul 11:15 pagi. yang lepas landas dari Kabul dengan 120 orang India. Pemerintah di seluruh dunia, termasuk India, telah mengintensifkan upaya mereka untuk mengevakuasi warganya dari negara yang dilanda perang itu sementara Taliban menduduki kembali negara itu.

READ  Komandan Baru Komando Indo-Pasifik AS berterima kasih kepada Komandan Angkatan Laut Taiwan, berita Taiwan

Menurut laporan, orang yang mengetahui situasi di Afghanistan mengatakan bahwa kepemimpinan Taliban dan pemimpin politik terus mengadakan negosiasi untuk pembentukan pemerintahan baru. Namun, sejauh ini belum ada kejelasan apakah poin-poin utama yang dibahas antara kedua belah pihak. Selain itu, pada hari Sabtu, salah satu anggota pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, tiba di Kabul untuk bergabung dalam diskusi dengan mantan pemimpin Afghanistan.

Foto: Twitter