Pospapua.com
Generasi muda Kota Jayapura atau Port Numbay, Papua menari saat berlangsung acara Festival Port Numbay 2018. (nethy dharma)
Nusantara

BPPPA Kota Jayapura Tangani 68 Kasus KDRT

Pospapua.com, Jayapura – Sepanjang tahun 2018, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Kota Jayapura menangani 68 kasus kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

‘’Sepanjang tahun 2018 ini kami menangani 68 kasus KDRT, 6 kasus diantaranya adalah kasus kekerasan terhadap anak seperti pelecehan seksual, dua diantara kasus anak itu sudah masuk ke persidangan di pengadilan,’’ terang Kepala BPPPA Kota Jayapura, Betty Pui di Jayapura, Selasa (11/12).

Dari 68 kasus tersebut, menurut Pui, 33 kasus diantaranya bisa ditangani hingga tuntas namun selebihnya para pembuat aduan menarik aduannya karena pertimbangan lain.

‘’Kami tidak bisa mengintervensi hingga ke dalam kalau kasus tersebut sudah dicabut oleh yang bersangkutan. Sedangkan yang sedang berproses atau sudah selesai perkaranya itu hampir semuanya dalam bentuk penyelesaian secara kekeluargaan namun ada surat perjanjian yang diberikan sebagai tanda agar hal tersebut tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Dikatakan pemicu dari seluruh kasus kekerasan tersebut adalah minuman keras (miras) dan faktor ekonomi.

‘’Ibu-ibu juga harus bisa melihat situasi dimana ketika suami atau pelaku sedang dipengaruhi miras apa yang harus dilakukan agar kekerasan itu tidak terjadi. Saya juga berharap para orangtua bisa menjaga anak-anaknya dengan baik sehingga kasus seperti pelecehan seksual tidak terjadi,” katanya.

Ditempat terpisah,  Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano mengatakan pengaruh kekerasan terhadap perempuan dan anak kebanyakan dipengaruhi oleh miras, untuk  itu dirinya telah melakukan penertiban kepada para pedagang miras.

‘’Saya sudah perintahkan Satpol PP dan dibantu oleh pihak  kepolisian untuk melakukan sweeping dan penertiban di tempat-tempat hiburan serta kios-kios penjual miras. Saya sudah keras dengan miras karena di Kota Jayapura juga sudah Perda. Saya harap masyarakat dapat mematuhi perda yang sudah ada,” ujarnya (Arye Yoku)

Baca Juga:

Rekapitulasi Suara di Kabupaten Jayapura Berlangsung Kondusif

Nethy Dharma Somba

Partai Berkarya Siap Patuhi Aturan Pemasangan APK

Nethy Dharma Somba

Polisi Sahabat Anak, PAUD Anak Bijak Kunjungi Polsek Abepura

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment