POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Blinken mengatakan dia meluncurkan dialog strategis dengan Indonesia

Blinken mengatakan dia meluncurkan dialog strategis dengan Indonesia

WASHINGTON (Reuters) – Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan pada Selasa bahwa ia akan meluncurkan “dialog strategis” antara Amerika Serikat dan Indonesia selama pembicaraan di Washington dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Blinken mengatakan kepada wartawan dalam pertemuannya dengan Marsudi di Departemen Luar Negeri bahwa dialog telah disepakati antara kedua negara beberapa tahun yang lalu tetapi sekarang telah dimulai dalam pertemuan mereka di Washington.

“Indonesia adalah mitra demokrasi yang kuat dari Amerika Serikat, dan kami bekerja sama di banyak bidang yang berbeda,” kata Blinken.

Marsudi mengatakan kemitraan yang kuat dengan Indonesia, negara dan ekonomi terbesar di 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), “akan menjadi aspek kunci untuk meningkatkan keterlibatan AS di kawasan itu.”

Dia mengatakan Amerika Serikat adalah salah satu mitra penting ASEAN dalam mengimplementasikan visinya untuk kawasan Indo-Pasifik.

“Saya berharap, dan pemerintah Indonesia, untuk memajukan hubungan bilateral dengan Amerika Serikat dari kesehatan ke SDGs, dari pendidikan ke ekonomi, dan seterusnya,” katanya, menggunakan akronim untuk SDGs.

Blinken mengatakan Washington menantikan kepresidenan Indonesia untuk G20 tahun depan dan membahas perdagangan dan investasi bilateral serta masalah dan tantangan regional di mana kedua negara bekerja sama secara erat.

Dia mengatakan dia dan Marsudi bermaksud untuk membahas COVID-19 dan mencatat bahwa Washington baru-baru ini menambahkan 3,5 juta dosis vaksin ke 4,5 juta yang sudah dibagikan dengan Indonesia. Dia mengatakan kedua negara juga bekerja sama dalam hal oksigen dan terapi.

Pembicaraan Blinken dengan Marsudi dilakukan sebelum partisipasinya dalam pertemuan hipotetis tingkat menteri antara Amerika Serikat dan blok tersebut.

Blinken berpartisipasi dalam pertemuan seminggu dengan rekan-rekan regionalnya, sebagai bagian dari upaya AS untuk menunjukkan keseriusan mengambil Asia Tenggara untuk melawan pengaruh China yang semakin besar. Baca lebih lajut

READ  Industri teknologi akan mendorong pertumbuhan di Indonesia hingga 2022 - Bisnis

Pelaporan tambahan oleh Doyinsola Oladipo, Daphne Psaledakis, Simon Lewis dan David Brunnstrom; Diedit oleh Chris Reese dan Sandra Mahler

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.