Pospapua.com
Kantor SAR Jayapura perkenalkan peralatan SAR kepada anak-anak TK Nina Hawai Sentani Jayapura. (Hasibuan Aman)
Nusantara

Bekali Anak-anak Pengetahuan SAR sejak Usia Dini

 

Oleh: Hasibuan Aman

Pengetahuan soal penanganan bencana diberikan kepada anak-anak sejak usia dini, supaya melatih anak-anak tanggap dan berperilaku tepat saat terjadi bencana. 

Pospapua.com, Jayapura– Kepala Kantor SAR  Jayapura, Putu Arga Sujarwadi menerima kunjungan 25 anak-anak TK Nina Hawai beserta gurunya yang mendapat kesempatan belajar soal SAR.

‘’Pengenalan SAR kepada anak-anak sedini mungkin dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana, sangat penting sehingga anak-anak bisa paham dan tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana,’’ terang Putu di Kantor SAR Jayapura.

Dalam kegiatan tersebut anak-anak diberi kesempatan melihat secara langsung peralatan yang digunakan saat melakukan pertolongan, pencarian maupun saat evakuasi. Juga diajarkan cara-cara meyelamatkan diri saat terjadi bencana.

Menurutnya, program ini tidak hanya untuk siswa TK, melainkan juga siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga sekolah menengah atas, dan sudah dilakukan melalui program SAR Goes to School. ‘’Sedini mungkin anak-anak diberi pemahaman soal bencana, sehingga ketika terjadi bencana bisa tahu bagaimana cara penanganan seperti banjir, gempa bumi maupun tsunami. Saat gempa apa yang harus mereka lakukan, mereka harus bagaimana. Atau ketika bermain di laut mereka harus memakai apa. Itu yang kita tanamkan kepada anak-anak,” jelas Putu.

Agenda Goes to School ini telah dilaksanakan setiap bulan di Jayapura dan melihat kondisi cuaca sekarang ini, acara ini sangat tepat. Kegiatan ini bisa diiukuti secara gratis, dan juga berlaku di seluruh kantor Basarnas seluruh Indonesia. (NDS) 

Baca Juga:

Teror KKB, Polri Pertebal Keamanan di Puncak Papua

Syaiful

Pemilu Susulan di Jayapura Berlangsung Sukses

Nethy Dharma Somba

Wali Kota Apresiasi Pengamanan Polres Kota Jayapura Selama Pemilu 2019

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment