POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

BBC membayar kompensasi kepada mantan pengasuh keluarga kerajaan atas wawancara “tidak jujur” Bashir dengan Diana |  BBC

BBC membayar kompensasi kepada mantan pengasuh keluarga kerajaan atas wawancara “tidak jujur” Bashir dengan Diana | BBC

BBC telah setuju untuk membayar ganti rugi besar kepada mantan pengasuh kerajaan Tigi Legg Burke setelah menggunakan tuduhan palsu bahwa dia berselingkuh dengan Pangeran Charles untuk mendapatkan wawancara dengan Martin Bashir pada tahun 1995. Diana, Putri Wales.

Louise Prince, seorang pengacara untuk Leggy Burke, mengatakan kepada Mahkamah Agung bahwa tuduhan itu telah menyebabkan “konsekuensi pribadi yang serius bagi semua yang terlibat”.

Selain klaim kasus, pengadilan diberitahu bahwa Leggy Burke dituduh mengandung anak Charles dan melakukan aborsi.

Prince mengatakan Legge-Bourke, sekarang dikenal sebagai Alexandra Pettifer, tidak mengetahui sumber tuduhan selama 25 tahun terakhir, tetapi sekarang kemungkinan “tuduhan palsu dan jahat muncul sebagai akibat dan dalam konteks BBC Upaya Panorama untuk melakukan wawancara eksklusif dengan Diana, Princess of Wales.”

Bashir diduga menyebarkan tuduhan palsu dalam usahanya yang sukses untuk mendapatkan kepercayaan Diana dan membujuknya untuk duduk untuk wawancara jigsaw. Dalam upaya untuk menghubungi sang putri, jurnalis itu juga membuat laporan bank palsu dan mencatat bahwa orang-orang yang dekat dengan Diana menjual cerita ke surat kabar.

Awalnya dipuji sebagai salah satu sendok jurnalistik terbesar yang pernah ada – Diana berbagi rincian perselingkuhannya yang gagal dengan Pangeran Charles di depan puluhan juta orang – wawancara Jigsaw sekarang sangat beracun sehingga direktur jenderal BBC, Tim Davy, telah bersumpah untuk tidak pernah melakukannya. tunjukkan lagi.

Pada hari Kamis, Davy kembali meminta maaf kepada keluarga kerajaan atas “taktik tidak jujur” BBC dalam menindaklanjuti wawancara dan “cara Putri Diana ditipu dan dampak selanjutnya pada seluruh hidup mereka”.

Dia mengatakan sangat disayangkan bahwa BBC tidak menindaklanjuti dengan baik tuduhan tentang wawancara ketika pertama kali dilakukan pada 1990-an.

READ  Jimin BTS Melihat Single-nya "Like Crazy" Menderita Kejatuhan Terbesar Dari No. 1 Dalam Sejarah Hot 100

“Seandainya kita melakukan pekerjaan kita dengan benar, Putri Diana akan mengetahui kebenaran dalam hidupnya. Dia, keluarga kerajaan, dan penggemar kita telah mengecewakannya.”

“Sekarang setelah kami mengetahui cara mengejutkan wawancara itu dilakukan, saya telah memutuskan bahwa BBC tidak akan menayangkan program itu lagi; kami tidak akan melisensikannya secara keseluruhan atau sebagian kepada penyiar lain.

“Tentu saja ini masih menjadi bagian dari catatan sejarah dan mungkin ada kesempatan di masa depan di mana BBC akan dibenarkan untuk menggunakan kutipan singkat untuk tujuan jurnalistik, tetapi ini akan sangat sedikit dan perlu disepakati di awal. “

Penyelesaian dengan Pettifer diumumkan di Mahkamah Agung pada hari Kamis. Dia menjadi figur publik selama tahun 1990-an saat merawat Duke of Cambridge dan Duke of Sussex sebagai anak-anak selama orang tua mereka berpisah.

Dalam sebuah pernyataan, Pettifer mengatakan: “Saya kecewa bahwa perlu tindakan hukum bagi BBC untuk mengakui kerugian serius yang telah dilakukan. Sayangnya, saya adalah salah satu dari banyak orang yang hidupnya telah dirusak oleh cara menipu panorama BBC difilmkan dan BBC kemudian gagal untuk menyelidiki pembuatan program dengan benar.

“Kesusahan yang menimpa keluarga kerajaan adalah sumber ketidaknyamanan yang besar bagi saya. Saya tahu secara langsung bagaimana pengaruh mereka pada saat itu, dan bagaimana program dan narasi yang salah telah menghantui keluarga di tahun-tahun berikutnya. Terutama karena itu tetap sampai hari ini, begitu banyak tentang pembuatan program tidak cukup dijelaskan.”

Penyelesaiannya adalah yang terbaru dari serangkaian pembayaran terkait wawancara, yang secara kolektif telah merugikan BBC jutaan pound dalam kerusakan dan biaya hukum.

Berlangganan edisi pertama, buletin harian gratis kami – setiap pagi hari kerja pukul 7 pagi GMT

Matt Whistler, seorang desainer grafis yang masuk daftar hitam industri setelah membuat laporan bank palsu atas perintah Bashir, Dia mendapatkan ratusan ribu pound. Mantan sekretaris pribadi Diana Patrick Jephson Dia punya banyak uang Bahwa ia menyumbang untuk amal, sementara BBC juga memberikan sumbangan untuk amal dengan meminta maaf kepada keluarga kerajaan. Negosiasi dengan orang lain yang terkena dampak wawancara diyakini terus berlanjut.

Bashir menggunakan wawancaranya dengan Diana untuk menjadi bintang dunia nanti Mewawancarai orang-orang seperti Michael Jackson Dia kemudian bekerja di Amerika Serikat, di mana dia menjadi bagian dari jaringan berita televisi. Pertanyaan yang belum terselesaikan tentang etika jurnalistiknya diabaikan ketika dia Kembali ke BBC Sebagai Koresponden Urusan Agama tahun 2016.

Namun, peringatan 25 tahun wawancara Jigsaw pada tahun 2020 mendorong penilaian ulang program tersebut, dengan saudara laki-laki Diana, Earl Spencer, mendorong penyelidikan penuh tentang bagaimana dia mendapatkannya. Wartawan menggunakan permintaan Kebebasan Informasi untuk mendapatkan dokumen internal dari BBC yang menunjukkan bahwa perusahaan itu dibuat sadar akan tuduhan tentang kesalahan Bashir tak lama setelah ditayangkan.

Bashir Meninggalkan BBC pada tahun 2021mengutip kesehatan yang buruk, sebelum publikasi laporan independen yang memberatkan oleh Lord Dyson.