POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bagaimana kenaikan pajak pariwisata akan berdampak pada wisatawan?

Bagaimana kenaikan pajak pariwisata akan berdampak pada wisatawan?

Ia memainkan

Wisatawan ke Venesia harus membayar mahal untuk melihat kanal dan pulau bersejarahnya, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Untuk mengatur pergerakan pariwisata yang padat dan “melindungi penduduk” Kota Air Mengumumkan Rombongan wisata akan dibatasi hingga 25 orang – sekitar setengah kapasitas bus wisata – dan pengeras suara, yang menyebabkan “gangguan”, akan dilarang, menurut pemerintah kota Italia. Selama musim panas, kerumunan orang di Piazza San Marco, alun-alun utama kota, menyebabkan jembatan dibangun kembali dan wisatawan melihat tempat sampah penuh.

Pemerintah kota mengatakan penyebab terbesarnya adalah para pelancong harian, yang tidak memberikan banyak nilai ekonomi bagi kota tersebut – seperti makan di hotel atau restoran lokal – namun tetap memberikan tekanan pada infrastruktur kota. Pada tahun 2022, 30 juta orang Mengunjungi Kota kanal, namun hanya 3,2 juta orang yang bermalam di pusat kota bersejarah.

“Saya menolak mengunjungi kota ini selama musim turis bahkan ketika teman dan keluarga saya tinggal bersama saya karena keramaiannya sangat padat,” Nathan Heinrich, seorang penulis dan desainer Amerika yang memiliki kewarganegaraan ganda di Italia dan tinggal di luar Venesia, mengatakan kepada AS Koran. Hari ini.

Tahun ini, pemerintah kota akan melakukan eksperimen baru Biaya masuk wisatawan harian €5 per orang ($5,44) selama 29 hari puncak antara bulan April dan pertengahan Juli. Untuk membebankan biaya, pengunjung siang hari harus mendaftar secara online dan mengunduh kode QR, yang akan diminta secara acak oleh petugas untuk diverifikasi. Jika traveler tidak memiliki kode tersebut, ia dapat membayar pajak di tempat dengan kode tersebut Sangat bagus Hingga €100 ($108,82).

Apa yang bisa dilakukan di Hawaii? Penduduk setempat bertanya-tanya apakah situs populer ini layak untuk dihebohkan

Berita tersebut menjadikan Venesia sebagai tujuan populer terbaru karena kenaikan biaya yang menyasar wisatawan. Tahun lalu, Amsterdam mengumumkan akan menaikkan pajak pariwisata sebesar 12,5%, menjadikannya pajak tertinggi di Eropa. Lebih dekat ke rumah, Hawaii gagal Untuk meloloskan rancangan undang-undang yang didukung secara luas pada bulan Mei yang akan membuat wisatawan membayar tiket $50 untuk menikmati keindahan alam pulau tersebut.

READ  Australia dengan cepat memanfaatkan era baru perdagangan dengan ASEAN

Seiring dengan meningkatnya permintaan untuk melihat dan merasakan tempat-tempat baru, banyak destinasi populer menambahkan atau menaikkan biaya untuk menargetkan sejumlah besar wisatawan yang mereka terima.

“Ada kekhawatiran mengenai pariwisata yang berlebihan dan tekanan yang ditimbulkannya terhadap infrastruktur lokal, dampak lingkungan dan, sejujurnya, ini hanya aliran pendapatan,” kata Jason Block, CEO konsultan perjalanan dan grup merek perjalanan yang dikenal sebagai WorldVia Travel Group. Amerika Serikat Hari Ini. “Jika Anda melihat tempat-tempat yang sangat bergantung pada pariwisata sebagai sebuah industri – terutama setelah pandemi ini dimana mereka kehilangan banyak pendapatan – mereka mencoba untuk mengejar ketertinggalan. Mereka juga melihat destinasi lain. menerapkannya tanpa banyak berdampak pada permintaan.”

Para ahli menganggap biaya ini sebagai masa depan perjalanan, jadi inilah pengaruhnya terhadap wisatawan.

Apa itu pajak turis?

Pajak wisatawan adalah “sesuatu yang dimiliki hampir setiap destinasi dalam satu atau lain bentuk” sebagai cara untuk menghasilkan pendapatan dari wisatawan, kata Block.

Hampir semua destinasi mengenakan pajak akomodasi, yang secara otomatis ditambahkan ke tagihan akhir hotel. Honolulu menaikkan pajak penginapan dua tahun lalu, sehingga menambah hingga 18% pada harga kamar hotel. Destinasi juga mengenakan biaya serupa yang ditambahkan ke harga akhir tiket pesawat atau biaya pelabuhan jika bepergian dengan kapal pesiar.

Semakin banyak destinasi yang menaikkan biaya ini seiring dengan meningkatnya permintaan. Pada Januari 2023, Aruba menaikkan pajak perumahan dari 9% menjadi 12,5%, dan pajak di Amsterdam akan naik dari 7% menjadi 12,5% tahun ini.

Mengenai biaya masuk seperti Venesia atau e-visa Inggris yang akan datang, itu adalah konsep yang lebih baru, tetapi Block memperkirakan biaya tersebut akan tetap sama.

“Pajak penginapan sudah ada sejak lama, tapi Anda melihat tempat-tempat mengenakan biaya lingkungan atau pajak atau item lain yang terpisah, seperti biaya masuk,” kata Block. “Anda akan melihat tiga, empat, lima item. Jadi itu dimulai dengan transaksi hotel sederhana atau penerbangan singkat di akhir pekan, atau bermalam di hotel, aktivitas yang dapat memiliki banyak jalur pajak yang berbeda.

READ  Pantai terbaik di dunia menurut wisatawan TripAdvisor

Kemana perginya pendapatan pajak pariwisata?

Tapi ini bukan berita buruk bagi para pelancong, kata Block.

Uang pajak pariwisata kemungkinan besar akan diinvestasikan kembali ke destinasi tersebut. Meskipun pendapatan tersebut biasanya dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup warga, hal ini juga akan membuat pengalaman perjalanan menjadi lebih baik, kata Block. “Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah membayar perjalanan impian Anda ke Venesia dan mendapatkan pengalaman buruk karena saluran pembuangan yang meluap atau jalanan yang buruk.”

Tidak terlalu tersembunyi. Salahkan media sosial dan permintaan terpendam untuk mengungkap tempat liburan tersembunyi favorit Anda

Islandia, yang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, mengatakan akan menaikkan pajak akomodasinya untuk membantu melindungi lingkungannya agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Kenaikan biaya ini juga sejalan dengan tujuan negara tersebut untuk menjadi netral karbon pada tahun 2040.

“Wisatawan menikmati (sumber daya ini), jadi mereka harus membayar sebagian dari tagihannya,” kata Block.

Bagaimana pengaruh pajak pariwisata terhadap wisatawan?

Tergantung. Karena semakin banyak tempat yang memungut biaya lebih banyak, mungkin ada masalah yang semakin besar dengan kurangnya transparansi, kata Block. Ia menambahkan, penting bagi para pelancong untuk mencermati detail harga tiket pesawat atau kamar hotel, dan tidak mendasarkan anggaran hanya pada harga yang diumumkan.

Meskipun biaya ini mungkin tampak tidak signifikan pada awalnya, biaya tersebut dapat bertambah dengan cepat. “Ketika Anda menggabungkan semua itu selama seminggu untuk sebuah keluarga beranggotakan empat orang, meskipun Anda berbagi satu kamar hotel, itu bukanlah prestasi kecil,” kata Block. Paris mengenakan biaya tetap sebesar €4 ($4,35 USD) per orang per malam sebagai biaya akomodasi, jadi untuk keluarga beranggotakan empat orang selama tujuh malam, ada tambahan €112 ($121,88 USD) pada tagihan hotel Anda.

READ  461 perenang dari 14 negara akan berpartisipasi dalam Oceanman Bali 2022

Meskipun demikian, banyak wisatawan yang mendukung tarif baru ini jika hal itu berarti berkontribusi terhadap keberlanjutan destinasi.

Kayden Roberts, seorang digital nomaden yang mengunjungi negara ini pada tahun 2023, mengatakan: “Ini adalah tempat yang menakjubkan, dengan kanal-kanal dan gang-gang sempitnya, namun banyaknya orang yang berkunjung membuat hal tersebut menjadi terhambat. “Memberlakukan pajak turis di sini menghasilkan banyak minat.” nalar. Ini bukan hanya tentang menghasilkan uang; Ini tentang melestarikan keindahan Venesia dan melestarikan kekayaan budaya dan sejarahnya.

Heinrich, desainer Amerika, tidak percaya bahwa wisatawan akan peduli dengan biaya dan melanjutkan rencana perjalanan mereka. “Siapa pun yang mampu melakukan perjalanan ke Italia mungkin mampu membayar beberapa euro tambahan untuk perjalanan sehari ke kota tersebut,” katanya.

Pihak lain khawatir bahwa kenaikan pajak wisatawan dapat berdampak negatif terhadap aksesibilitas bagi wisatawan dengan anggaran terbatas, namun menemukan solusinya sulit dilakukan. “Ini bisa menjadi awal dari eksklusivitas yang menempatkan destinasi wisata populer dan penting di balik kebijakan berbayar,” kata Heather Ramo, pembuat konten untuk merek perjalanan yang berbasis di Washington, D.C. “Pada akhirnya, kita semua berbagi dunia ini dan berhak mendapatkan akses. .” Lihat tempat-tempatnya yang indah.”

“Apakah ada kebutuhan untuk mengatur dan memantau dengan lebih baik jumlah orang yang mengunjungi lokasi wisata populer, terutama yang memiliki ekosistem sensitif atau berisiko akibat perubahan iklim atau faktor lainnya? Ya,” tambahnya. “Tetapi apakah memungut biaya lebih banyak? cara melakukannya?” Saya tidak yakin.”

Di manakah pajak turis tertinggi?

  • Amsterdam – 12,5% dari tarif per malam
  • Barcelona – hingga €6,25 ($6,80) per orang, per malam
  • Paris – Sekitar 4 euro ($4,35) per orang, per malam
  • Republik Dominika: 23% dari harga hotel sudah termasuk pajak
  • Antigua dan Barbuda – biaya masuk dan keluar $100
  • Honolulu – Diskon hingga 18% dari tarif per malam