POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Badan Olahraga Singapura sedang menyiapkan pertukaran data untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem olahraga

Platform berbagi data baru yang dibuat oleh agen olahraga Singapura, Sport Singapore (SportSG), dapat membantu para pelaku ekosistem olahraga, mulai dari operator gym hingga penyelenggara acara, meningkatkan program dan penawaran mereka.

Sports Data Exchange Singapore, atau SportDexSG, diluncurkan pada 16 Januari 2024 di Spotlight, yang pertama dari serangkaian jaringan triwulanan yang bertujuan menyatukan pemangku kepentingan dari industri olahraga dan kebugaran.

Sesi perdana seri Spotlight menampilkan pengumuman inisiatif baru untuk meningkatkan pertumbuhan industri olahraga di negara ini.

Pertukaran data untuk meningkatkan kolaborasi

Platform pertukaran data baru ini bertujuan untuk “memajukan industri dan merangsang inovasi dan kreativitas yang lebih besar melalui penggunaan data,” Edwin Tong, Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda menyampaikan pidato pembukaannya di acara tersebut.

Misalnya, perusahaan pengelola acara dapat memanfaatkan data yang tersedia untuk memahami aktivitas olahraga paling populer dan demografi yang paling banyak berpartisipasi. Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu memandu acara yang mereka rencanakan dan jenis strategi pemasaran yang akan diterapkan.

Saat ini, pertukaran data menampung data dari Survei Partisipasi Olahraga Nasional tahunan SportsSG, serta kumpulan data tentang penggunaan pusat kebugaran umum dan fasilitas renang di bawah bendera ActiveSG. Dalam jangka panjang, badan tersebut berencana untuk memungkinkan pemain industri lain menyumbangkan kumpulan data mereka sendiri.

Platform online memungkinkan pengguna terdaftar untuk melihat dasbor interaktif serta mengunduh kumpulan data dan laporan industri, dan semua data pengenal pribadi akan dienkripsi untuk menjaga anonimitas, menurut Pertanyaan yang sering diajukan untuk situs ini.

Instansi pemerintah lainnya di Singapura telah memperkenalkan platform berbagi data untuk mendukung berbagai industri di Singapura. Ini termasuk SGFinDexyang bertindak sebagai portal aman tunggal untuk semua data keuangan dan SGTraDexmemungkinkan pertukaran data yang andal antar pelaku rantai pasokan.

READ  Ramadhan dimulai di banyak wilayah Timur Tengah di tengah kenaikan harga

Mendukung inovasi dengan hibah

Bersamaan dengan platform pertukaran data baru, Edwin Tong, Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda, mengumumkan bahwa lembaga tersebut akan berupaya memperkuat Hibah Inovasi Institusional dan Pengembangan Kapasitas, yang mendanai proyek inovasi di bidang olahraga dan industri terkait.

Hibah yang ditingkatkan ini kini akan menyediakan pendanaan hingga $1 juta untuk proyek-proyek inovasi, peningkatan lima kali lipat dari jumlah maksimum sebelumnya sebesar $180,000 per proyek, dan dimaksudkan untuk mendukung proyek-proyek yang mengatasi tantangan seperti meningkatkan keterlibatan penggemar dan meningkatkan partisipasi olahraga.

“Ini tentang menggunakan teknologi secara cerdas dan menerapkannya pada masalah yang kami coba selesaikan,” Roy Teo, kepala pengembangan industri, teknologi dan inovasi di SportSG, mengatakan dalam obrolan singkat.

Hibah tersebut sekarang akan mendukung berbagai proyek, termasuk proyek-proyek yang terkait dengannya Olahraga virtual aktifatau E-olahragaDan perusahaan yang menyelenggarakan kompetisi inovasi independen. Organisasi seperti lembaga pendidikan tinggi dan asosiasi olahraga nasional kini memenuhi syarat untuk mendaftar.

Hibah tersebut sebelumnya telah mendukung proyek-proyek seperti Refract Technologies, sebuah perusahaan teknologi lokal yang mengembangkan eSports, dan CruCycle, sebuah studio bersepeda dalam ruangan.