POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ASEAN menegaskan kembali komitmen untuk kemitraan ROC ASEAN

ASEAN menegaskan kembali komitmen untuk mendorong kemitraan ROCPada acara tersebut (foto: asean.org)

Jakarta (VNA) – Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Republik Korea (RoK) telah menegaskan kembali komitmen mereka untuk menjalin hubungan yang lebih erat dan lebih meningkatkan kerja sama pada KTT ASEAN ke-8.Tahun Joint Cooperation Committee (JCC) digelar melalui video conference.

Pertemuan tersebut mencatat kemajuan baik yang dicapai dalam kerja sama bilateral selama setahun terakhir, termasuk hasil KTT ASEAN-ROC ke-21 dan implementasi berbagai bidang kerja sama di bawah Rencana ASEAN-ROG yang baru (2021-2025). ).

Mereka mengatakan kerja sama akan terus diperkuat meskipun ada dampaknya COVID-19 Infeksi, terutama di bidang kesehatan masyarakat, penanggulangan bencana, pendidikan, pertukaran budaya dan konektivitas.

Pertemuan tersebut menyoroti dukungan ROC untuk hubungan ASEAN-ROG dan ASEAN dan negara-negara anggota ASEAN dalam mengatasi epidemi Kovit-19, termasuk penyediaan pasokan dan peralatan medis untuk negara-negara anggota ASEAN dan kontribusinya terhadap dana tanggapan Pemerintah ASEAN-19.

ASEAN menyambut baik Kebijakan Selatan Plus baru dari Rock, yang bertujuan untuk lebih mengembangkan hubungan mereka dalam tiga pilar Komunitas ASEAN.

Kedua belah pihak sepakat untuk terus memperkuat kerja sama di berbagai bidang termasuk perdagangan dan investasi, ekonomi digital, pariwisata, penanggulangan bencana, kesehatan masyarakat, kota pintar dan inovasi, konektivitas, peningkatan kapasitas dan pengembangan sumber daya manusia. Berbagai kegiatan dan proyek kerjasama sedang dilaksanakan di wilayah ini dengan dukungan Dana Kerjasama ASEAN-ROC.

tanggal 8 ASEAN-Pertemuan JCC Roque dipimpin oleh Wakil Tetap Brunei untuk ASEAN Bankron Hirani Bangron Tajuddin dan Duta Besar ROG untuk Kepabeanan ASEAN Lim.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Tetap Negara Anggota ASEAN dan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Komunitas Keamanan Politik.

READ  Pembantu rumah tangga Indonesia adalah satu-satunya kasus sosial dari 8 infeksi COVID-19 baru di Singapura

VNA