POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

AS dan UE setuju untuk bekerja pada pasokan chip, aturan teknis, dan perdagangan China

PITTSBURGH/WASHINGTON (Reuters) – Amerika Serikat dan Uni Eropa pada Rabu sepakat untuk memperdalam kerja sama transatlantik guna memperkuat rantai pasokan semikonduktor, mengekang praktik perdagangan non-pasar di China, dan mengambil pendekatan yang lebih terpadu untuk mengatur perusahaan teknologi global utama.

Meluncurkan forum baru, Dewan Perdagangan dan Teknologi AS-UE (TTC), pejabat kabinet senior dari kedua benua juga berjanji untuk berkolaborasi dalam memeriksa investasi dalam kontrol ekspor untuk teknologi penggunaan ganda yang sensitif dan dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI).

Pernyataan itu tidak menyebutkan China tetapi mengatakan, “Kami berdiri bersama untuk terus melindungi bisnis, konsumen, dan pekerja kami dari praktik bisnis yang tidak adil, terutama yang dipaksakan oleh ekonomi non-pasar, yang merusak sistem perdagangan global.”

Pemerintahan Biden telah mempertahankan tarif yang dikenakan oleh mantan Presiden AS Donald Trump tetapi telah berusaha untuk membedakan dirinya dengan lebih banyak bekerja sama dengan sekutu dalam pendekatannya ke China.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, Menteri Perdagangan Gina Raimundo, Perwakilan Dagang AS Catherine Taye, Pejabat Perdagangan Eropa Valdis Dombrovskis dan Komisaris Persaingan Eropa Margrethe Vestager.

Mereka bertemu di Pusat Pengembangan Teknologi Robotika dan Kecerdasan Buatan yang dibangun di dalam kerangka berkarat bekas pabrik penggilingan baja dengan panel surya, simbol kebangkitan pasca-industri Pittsburgh sebagai pusat teknologi.

Pertemuan itu hampir tergelincir oleh kemarahan Prancis atas keputusan AS bulan ini untuk memasok kapal selam nuklir ke Australia, yang mendorong Canberra untuk membatalkan kontrak kapal selam senilai $40 miliar dengan Prancis.

Tetapi pemerintah AS dan UE mendukung deklarasi bersama untuk memperkuat rantai pasokan semikonduktor, yang awalnya berfokus pada menghilangkan hambatan pasokan jangka pendek dan kemudian mengidentifikasi kelemahan jangka panjang dan “memperkuat ekosistem semikonduktor domestik kita, dari penelitian dan desain hingga manufaktur, dengan tujuan untuk meningkatkan fleksibilitas.” Baca lebih lajut

READ  Fase Perekrutan dan Manufaktur Layanan TI Baru Pertumbuhan lapangan kerja di industri teknologi AS, CompTIA Report

Mereka mengatakan mereka akan menghindari perlombaan dukungan untuk menarik investasi chip dan mencari “insentif yang tepat”.

Pernyataan itu tidak menentukan kerangka waktu untuk pertemuan TTC kedua, tetapi pejabat UE mengatakan ini kemungkinan akan berlangsung pada musim semi 2022 di Eropa.

Kekuatan teknis yang hebat

Reuters adalah yang pertama melaporkan draf pernyataan yang mengungkapkan pendekatan yang lebih standar untuk mengekang kekuatan pasar Big Tech yang sedang tumbuh. Ini digaungkan dalam pernyataan penutup yang menguraikan area umum yang menjadi perhatian seperti konten ilegal dan berbahaya yang diperkuat oleh algoritme.

“Kami berkomitmen untuk kerjasama transatlantik mengenai kebijakan platform yang fokus pada disinformasi, keamanan produk, produk palsu, dan konten berbahaya lainnya,” kata pernyataan itu.

Dengan Amerika Serikat dan Eropa mencoba untuk mengekang pertumbuhan kekuatan raksasa teknologi Amerika seperti Alphabet (GOOGL.O) Google, Facebook (FB.O), Apple (AAPL.O), dan Amazon (AMZN.O), kerjasama tersebut akan membuat sulit bagi industri teknologi AS untuk melawan aturan baru.

Vestager, yang telah mengambil sikap keras terhadap industri teknologi AS selama bertahun-tahun, mengatakan diskusi tentang kecerdasan buatan adalah salah satu temuan terbesar pada pertemuan tersebut.

“Pikiran bersatu agar AI dapat dipercaya, berpusat pada manusia, dan memiliki pendekatan berbasis risiko,” kata Vestager kepada wartawan setelah pertemuan.

Dewan Teknologi dan Perdagangan yang baru telah membentuk 10 kelompok kerja untuk memperdalam kerja sama di bidang ini dan bidang lain yang mencakup iklim dan teknologi bersih, keamanan teknologi telekomunikasi, dan penyalahgunaan teknologi untuk menekan hak asasi manusia.

Banyak Teknologi kelompok perdagangan Di Washington, katanya, industri tidak ingin Amerika Serikat mengadopsi pendekatan Eropa terhadap regulasi digital.

Pejabat Uni Eropa mengatakan peserta pertemuan tidak membahas salah satu gangguan terbesar perdagangan transatlantik – tarif AS pada baja dan aluminium yang telah mendorong Uni Eropa untuk mengenakan bea pembalasan pada wiski dan sepeda motor AS.

READ  Dogecoin - Analisis Teknis Harian - 31 Agustus 2021

Pada hari Selasa, Dombrovskis mengatakan waktu hampir habis bagi kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan sebelum batas waktu akhir November, tetapi menambahkan bahwa UE siap untuk mempertimbangkan pengaturan serupa yang disepakati oleh Kanada dan Meksiko yang menaikkan tarif AS pada ekspor baja dan aluminiumnya. ke negara-negara Uni Eropa. Amerika Serikat pada tahun 2019.

(Laporan tambahan oleh David Lauder di Pittsburgh dan Nandita Bose di Washington.) Pelaporan tambahan oleh Philip Blinkensop di Brussel. Diedit oleh David Gregorio dan Christopher Cushing

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.