POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Artis Taiwan Luik Hsiao meninggal dunia pada usia 58 tahun

Artis Taiwan Luik Hsiao meninggal dunia pada usia 58 tahun

Taipei, 18 November (CNA) Seniman Taiwan Luik Hsiao, yang terkenal karena lukisan kartunnya dan bekerja sebagai sutradara teater dan presenter televisi, meninggal Sabtu dini hari pada usia 58 tahun.

Lahir di Kabupaten Nantou pada tahun 1965, Hsiao bercita-cita menjadi kartunis sejak masa mudanya, dan mendaftar di Departemen Seni dan Kerajinan di Sekolah Perdagangan dan Seni Fu Hsien untuk mencapai tujuannya.

Pada tahun 1985, sang seniman menerbitkan komik pertamanya, “Fairy Tales Untold”, dan menjadi sorotan, secara luas dianggap sebagai salah satu dari Empat Kartunis Jenius Taiwan, bersama dengan Ao Yu-hsiang (敖幼祥), dan Chou Ti-yung . . (朱德庸) dan Tsai Chih-chung (蔡志忠).

Dalam wawancara sebelumnya dengan CNA, Hsiao mengatakan bahwa setelah didiagnosis mengidap kanker kolorektal pada tahun 2019, ia ingin warisannya menjadi karya seninya, dan ia selalu bermimpi menciptakan “kota kartun” untuk menunjukkan kepada publik betapa bermaknanya kartun. . Karya seni.

Sang seniman bahkan mengembangkan metode menggambar yang unik dengan menggunakan guratan sederhana, dan ia menyelenggarakan pameran seni di Hualien dan Paris pada tahun 2020. Peristiwa di ibu kota Prancis tersebut mendorong Presiden Prancis Emmanuel Macron mengirimkan pesan berkah kepada Hsiao.

Menanggapi kematian Hsiao, Huang Chun-wei, presiden Serikat Pekerja Komedian Taipei, mengatakan kepada CNA bahwa meskipun didiagnosis menderita kanker kolorektal, Hsiao tetap aktif terlibat dalam kancah seni internasional dan terus menghasilkan karya.

(Ditulis oleh Wang Bao’er dan Evelyn Yang)

akhir/kb

READ  Cuplikan di balik layar yang indah dari kembalinya Cody Rhodes di WrestleMania yang akan membuat Anda merinding