POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

32 biksu Budha berjalan dari Thailand ke Jawa sebagai bagian dari Tutong

Tempo.co, Makelong- 32 biksu dari Thailand telah berjalan ribuan kilometer ke Indonesia sebagai bagian dari ritual Tutong untuk sampai di kuil Leong Hok Bayo, seperti yang diamati Tempo di lapangan. Para biksu tiba di Magelong pada pukul 18.00 waktu setempat dan disambut kemeriahan massa.

Setibanya di pura, kaki wali dibasuh menggunakan air dan bunga mawar oleh jemaah pura sebagai bentuk penghormatan kepada wali yang dianggap guru.

Singgah sehari di Candi Leong Hok Po kemudian melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur untuk merayakan Hari Raya Waisak.

Wakil Ketua Pelaksana TITD Liong Hok Bio Magelang Gunawan mengatakan, para biksu itu akan dipijat oleh para terapis yang siap memulihkan tenaga untuk melanjutkan keseharian mereka mengemis di Jalan Bemuda Kota Magelang besok.

Gunavan mengatakan, kegiatan kerohanian ini didukung oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan Valupi. “Saya sangat heran penyambutan ini tidak hanya dilakukan oleh umat Budha tetapi juga oleh pemeluk agama lain, ini menunjukkan bahwa toleransi semakin hangat di kota Magelang,” ujarnya.

Maria Arimbi Harias b.

klik disini Dapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

READ  BNPB menjelaskan mitigasi bencana kepada warga Pulau Cherasan