POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri mengumumkan bahwa pengenalan pajak pariwisata Bali masih dalam pembahasan

Menteri mengumumkan bahwa pengenalan pajak pariwisata Bali masih dalam pembahasan

Bagikan artikelnya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia telah mengkonfirmasi bahwa diskusi masih berlangsung mengenai kemungkinan pajak turis untuk pengunjung ke Bali.

Pernyataan yang dibuat minggu ini oleh Menteri Sandhyaka Uno muncul saat perdebatan berlanjut mengenai masa depan pariwisata di Bali.

Turis berjalan di pantai Jimbaran.jpg

Selama waktunya Konferensi pers mingguanMenteri Uno mengakui perlu dilakukan perubahan pengelolaan pariwisata di Bali menyusul insiden ketidaksenonohan publik oleh orang asing di pulau itu.

Sebuah video seorang turis di Bali yang memperlihatkan dirinya secara tidak senonoh menjadi viral pada akhir pekan, beberapa hari setelah seorang wanita Jerman menderita episode psikotik dan menyerbu panggung acara budaya Bali di pusat Ubud.

Menteri Uno mengatakan, “Kejadian seperti ini dapat dicegah dengan menerapkan prosedur operasional yang baik dan berkesinambungan demi kenyamanan dan keamanan destinasi wisata dengan tetap menghormati norma masyarakat setempat, menjaga norma dan menghormati adat istiadat masyarakat setempat. Citra yang baik bagi Bali dan Indonesia pada umumnya. “

Menteri Pariwisata menegaskan bahwa departemennya bekerja sepanjang waktu untuk menciptakan kesadaran tentang dos dan tidak boleh dilakukan perjalanan dan perilaku di Bali.

Dia menambahkan bahwa timnya bekerja sama dengan maskapai penerbangan, imigrasi, dan pemangku kepentingan pariwisata lainnya untuk mendapatkan lebih banyak informasi baik untuk bisnis perjalanan maupun wisatawan.

5 Paket Asuransi Perjalanan Terbaik untuk 2023 Mulai dari $10 Seminggu

Menteri Uno mengumumkan bahwa dia sedang berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhud Binsar Bandjaitan untuk mengembangkan kebijakan baru untuk membantu memastikan masa tinggal yang lebih lama bagi wisatawan internasional. Dampak terhadap masyarakat.

Ia menambahkan, “Kami terus menghadirkan Bali sebagai konsep berkelanjutan dan berkualitas berdasarkan perlindungan budaya dan lingkungan, yang kami yakini akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.”

READ  Pulau Maitara di Ternate adalah magnet wisata terbesar: Uno

Menteri Uno membagikan beberapa solusi yang masih di atas meja.

Dia menjelaskan, “Beberapa aturan atau strategi dibahas; Bicara pengenaan pajak turis atau pajak pariwisata sebagai upaya menyeleksi wisatawan berkualitas. Strategi serupa telah diterapkan di banyak negara, termasuk Thailand, sejak tahun ini.

Dalam konferensi pers mingguannya, Menteri Uno mengumumkan segera meluncurkan Visa Emas untuk orang asing yang ingin tinggal di Bali dan daerah lain di Indonesia.

Wisatawan-Crystal-Bay-Pantai-Nusa-Penida-Bali

Menteri Uno menjelaskan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Departemen Imigrasi sedang mengembangkan kategori visa gaya investasi berdasarkan kependudukan, yang akan segera diluncurkan secara resmi.

Pengumuman yang menggembirakan ini diharapkan akan memudahkan orang asing, terutama yang berada di ruang digital, untuk berkunjung ke Indonesia. Menteri Uno menyampaikan harapannya agar pembuatan Golden Visa ini dapat membantu mendorong ekonomi kreatif di seluruh tanah air, khususnya di Bali.

Menteri Uno memiliki misi untuk menciptakan 4,4 juta pekerjaan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif pada akhir tahun 2024.

Gerbang pura di Bali

Golden Visa akan memberi pelamar serangkaian manfaat eksklusif yang tidak ditawarkan oleh skema visa saat ini seperti Visa Pensiun, KITAS Kerja, dan Visa Rumah Kedua.

Selain masa tinggal lebih lama 5-10 tahun, Menteri Uno mengungkapkan bahwa Golden Visa akan memungkinkan mobilitas global yang lebih besar bagi pemohon dengan multiple entry di Indonesia.

Ini adalah hak untuk memiliki aset bernilai tinggi di Indonesia dan jalur cepat menuju aplikasi kewarganegaraan.

Visa gaya residensi demi investasi serupa tersedia di seluruh dunia. Sebagian besar program di negara lain mengharuskan pelamar untuk memberikan sumbangan yang besar untuk dana pembangunan nasional atau berinvestasi dalam aset bernilai tinggi dengan komitmen untuk tidak menjual aset tersebut untuk jangka waktu minimum.

READ  Menteri Eric Tohir mengatakan BUMN tumbuh 204.609 UMKM
Batu di Bali

Visa emas mungkin sudah di depan mata, tetapi visa turis Indonesia saat ini memiliki salah satu kebijakan visa paling terbuka di dunia.

Biaya visa turis saat kedatangan hanya Rp 500.000 dan tersedia untuk warga negara dari sembilan puluh negara. Anda dapat membeli visa on arrival di Bali dan bandara internasional lainnya atau mendaftar secara online sebelum perjalanan Anda ke Indonesia.