POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

2021 MINI adalah gadget berteknologi roda

Sederet warna cerah MiniTersusun rapi di luar pabrik pabrik Oxford, lokasi produksi asli merek tersebut di Inggris. Dari jauh mereka bisa disangka mobil mainan. Meskipun demikian, kendaraan ini selesai dengan baik dan dicat rapi dengan fitur berkelas dan pilihan roda yang menakjubkan.

Saya di sini untuk mencicipi rangkaian MINI 2021 yang mencakup palka tiga dan lima pintu, atap yang dapat dibuka, dan listrik – yang semuanya telah mengalami pembaruan desain dan teknologi. Perubahannya halus termasuk gril yang didesain ulang dan lampu agar berbaur lebih harmonis dengan sekelilingnya. Antarmuka drivernya digital, sedangkan layar bundar yang besar menghilangkan noise untuk pengalaman pengguna yang lebih intuitif. Ada banyak sekali sistem bantuan pengemudi dan teknologi keselamatan di dalam kendaraan ini serta nuansa berkendara kendaraan, yang merupakan inti dari pengalaman MINI, dan juga telah ditingkatkan.

Peluncuran MINI baru bertepatan dengan ulang tahun kedua puluh merek tersebut dalam kehidupan keduanya di bawah kepemilikan BMW Group. Melihat set warna-warni di depan saya, saya teringat akan kisah sukses luar biasa dari proyek MINI modern ini. Bagaimanapun, ini adalah salah satu pemikiran yang dapat dengan mudah menjadi bumerang karena daya tarik awal hanyalah nostalgia. Dan meskipun desain retro memiliki daya tarik tersendiri, mungkin akan terasa lelah setelah beberapa saat. Tidak banyak dengan MINI. Merek ini telah berhasil mengukir jajaran produk kecil dan elegan yang dirancang di sekitar satu kendaraan dan tema yang ditentukan dengan tepat.

Portofolionya mencakup vendor besar, Hatch & Convertible, Largest Countryman dan John Cooper Works yang bersemangat, serta sejumlah besar produk khusus di bawah merek Sidewalk. Selain mobil, ada pakaian dan lini produk. Kemudian, melalui proyek MINI Living, merek tersebut mengeksplorasi bagaimana produsen mobil perkotaan yang khas dapat berkembang menjadi merek gaya hidup perkotaan di serangkaian hunian sementara konseptual dan gedung apartemen serba guna yang saat ini beroperasi di Shanghai.

Sangat masuk akal bagi MINI untuk memiliki visi yang lebih luas dalam jangka panjang. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan dengan mobil karena elemen desain – volume dan posisi, lampu melingkar bergaya komik, dan grafis yang terlalu besar di dalamnya semuanya mirip dengan Sir Alec Issigonis 1959 yang asli – yang membuat MINI unik. Anda terlalu banyak bermain dengan proporsi dan ikon grafik dan berhenti menjadi MINI. Sebaliknya, merek tersebut memfokuskan upayanya untuk merancang pigmen warna yang tidak biasa dan aplikasi fisik. Misalnya mobil MINI 2021 sudah bisa dipesan menggunakan teknologi coating baru bernama Multitone Roof.

Oliver Helmer, Kepala Desain MINI, mengatakan timnya telah bekerja untuk membuat desain mobil “lebih modern, lebih hidup, dan lebih jelas”. Singkatnya adalah bahwa melacak inovasi baru adalah tugas umum untuk menghasilkan lebih sedikit kerumitan dan lebih banyak individualitas. Gril radiator yang lebih besar kini memiliki keliling segi enam hitam, sedangkan lampu posisinya telah diganti dengan intake udara vertikal untuk meningkatkan aerodinamis, dan strip bumper tengah kini berwarna bodi alih-alih hitam untuk menambah kehalusan. Lengkungan roda memiliki kontur baru, indikator samping telah didesain ulang untuk menampilkan teknologi LED, dan fog lamp belakang telah diintegrasikan ke dalam apron sebagai unit LED yang sempit.

Desain roda grafis tinggi adalah pokok dari tema MINI 2021. Lima tersedia dalam kombinasi 17 dan 18 inci dengan nama-nama seperti Tentacle Spoke, Scissor Spoke, Pedal Spoke, Pulse Spoke dan roda John Cooper Works dalam desain Circuit Spoke di hitam. Mereka berhasil membawa ekspresi MINI lebih dekat dengan desain produk daripada mobil.

Interiornya terasa kurang sibuk karena elemen krom yang dipoles pada model sebelumnya telah banyak dimodifikasi. Di tempat lain, ventilasi udara telah didesain ulang sepenuhnya, agar sesuai dengan permukaan interior. Unit kontrol audio, lampu peringatan, dan sistem bantuan pengemudi kini terintegrasi ke dalam layar sentuh warna melingkar 8,8 inci untuk pengalaman kabin yang lebih tenang secara visual.

Untuk berkendara, MINI baru mempertahankan kesan premiumnya. Kendara ditingkatkan secara signifikan pada mobil baru berkat versi terbaru dari suspensi adaptif yang memberikan keseimbangan yang lebih baik antara sporty dan kenyamanan berkendara menggunakan peredaman frekuensi terus menerus yang selektif. Katup bantu yang bekerja di sisi traksi menangani pengurangan puncak tekanan yang tiba-tiba di dalam peredam. Gaya peredam disetel dalam 50 hingga 100 milidetik, dan bergantung pada kondisi mengemudi dan kondisi jalan, gaya redaman dapat dikurangi hingga setengahnya.

Menjelajah di sekitar Oxford dan perbukitan keemasan di sekitarnya di Cotswold dengan Mini Convertible dengan soft top setengah rendah ini, saya tidak bisa tidak menyukai mobil ini. Orang tua saya memiliki Mini asli, seperti halnya banyak anak muda London pada saat itu. Ayah saya mengajari ibu saya cara mengemudikan mobil. Mini adalah bintang The Italian Job, dan bersama dengan Mary Quant, Biba, dan The Beatles, ia menjadi ikon pembebasan pemuda, kesenangan, kebebasan, dan ayunan tahun 1960-an. Nama memegang tempat yang kuat dalam ingatan kolektif kita.

MINI baru yang dikapitalisasi mungkin lebih besar, tidak lagi berguna di bagian dalam dan lebih halus untuk dikendarai, tetapi entah bagaimana mempertahankan semangat ceroboh aslinya. Mengamati interior halus dan tenang di sekitar saya, saya ingat betapa matangnya MINI modern dalam 20 tahun terakhir. Grafik melingkar yang besar dan tampilan buku komik hampir habis. Sebagian besar, saya memikirkan kisah merek yang dinamis ini yang diukir dari satu mobil kecil. Mengarungi dunia otomotif di era transportasi kedua, kekuatan MINI adalah kelincahannya untuk berkembang sebagai merek menjadi lebih dari sekedar produsen mobil.

Tonton proyeksi MINI masa depan dengan Melihat UrbanautMembaca tentang Listrik Mini, Lusty MINI JCW GP Dan Mini Living

READ  Perangkat vampir: teknologi menyedot listrik dan uang saat Anda tidur