POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ya, astronot juga telah melihatnya. Bola api melesat dua kali melintasi langit New Jersey dalam rentang beberapa hari.

Tidak, matamu tidak mempermainkanmu, itu benar-benar bola api di langit Rabu malam – dan juga Sabtu malam, di atas New Jersey.

Hampir 500 orang melihat benda mengkilap itu berkilauan di langit dan melaporkan American Meteorological Society (AMS) pada Rabu, 10 November.

Bola api juga terlihat Awak Space X Ketika diluncurkan pada 10 November ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, Space.com melaporkan.

NS American Meteorological Society mengeluarkan pernyataan Bola api yang dilaporkan pada 21:12 Rabu lalu bukanlah peluncuran roket SpaceX melainkan “bola api yang sangat terang” yang memuntahkan langit.

Beberapa orang yang berada di luar untuk menyaksikan peluncuran SpaceX cukup beruntung untuk melihat keduanya, roket Falcon 9 yang berapi-api membubung ke luar angkasa dan bola api yang berombak.

Komentator Antonio J di situs AMS termasuk di antara mereka yang melihat keduanya.

“Saya berada di sebuah lapangan di utara Philadelphia, Pennsylvania, (saya bisa) melihat lintasan roket Falcon/Space X terbang setelah peluncuran. Saya menatap, menunggu untuk melihat ke arah selatan, timur dan selatan … dan entah dari mana datang ini garis hijau yang sangat terang,” tulisnya. “Tapi bola api itu menebusnya! Singkat satu atau dua detik, tapi keren sekali!”

Bola api ini telah terlihat terutama di Carolina Utara, tetapi telah dilaporkan di 13 negara bagian lain termasuk New Jersey, Pennsylvania, Washington DC, Delaware, Georgia, Maryland, Carolina Selatan, Tennessee, Virginia, dan Virginia Barat.

Pakar AMS menganalisis laporan saksi mata dari situs webnya, data dari kamera NASA yang terletak di barat Carolina Utara dan video publik lainnya yang menunjukkan meteor pertama kali terlihat 48 mil (di atas Greenville, North Carolina) dan bergerak ke barat laut pada 33.000 mil pada saat itu.

READ  Tabrakan luar angkasa yang tidak diinginkan: Sebuah satelit China dihantam oleh sebagian besar rudal Rusia pada bulan Maret

Hidupnya indah, tapi singkat.

Tapi ada kinerja yang bagus.

Pada hari Sabtu, 13 November, 58 pengamat melaporkan melihat bola api antara 16:30 dan 16:50, dari lokasi di seluruh negara bagian. Laporan datang dari orang-orang di Atlantic City ke Red Bank ke Fort Lee dan Newton, menurut situs web AMS.

Bola api ini juga terlihat di Lembah Sungai Hudson New York dan di Bethlehem, Pennsylvania dan Philadelphia, menurut AMS.

Bola api itu hanya bertahan 3,5 detik sebelum hancur 28 mil di atas permukaan bumi. Bola api itu menyaingi bulan purnama yang paling terang, yang menurut para ahli AMS disebabkan oleh sebuah objek berukuran sekitar 45 pon, dengan diameter 10 inci. Kecepatan rendah mungkin menunjukkan bahwa itu adalah bagian dari asteroid.

Para ahli mengatakan mereka yang telah melihat bola api telah melihat pemandangan yang langka. Semakin terang bola api, semakin jarang kejadiannya. Itu karena beberapa ribu meteor seukuran bola api terjadi di atmosfer bumi setiap hari. Sebagian besar terjadi di atas lautan, daerah tak berpenghuni, dan pada siang hari.

Pakar AMS mengatakan bahwa yang terjadi pada malam hari memiliki sedikit peluang untuk terdeteksi karena jumlah orang di luar ruangan yang relatif rendah untuk melihatnya.

NS Bola api yang terakhir terlihat berkobar di langit jersey Dilihat lebih dari setahun yang lalu pada 10 November 2020.

Terima kasih telah mengandalkan kami untuk menyediakan jurnalisme yang dapat Anda percaya. Harap pertimbangkan dukungan NJ.com dengan berlangganan.

Larry Higgs dapat dihubungi di [email protected].