POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Xi Jinping bertemu dengan Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare

Sore hari tanggal 10 Juli 2023, Presiden Xi Jinping bertemu dengan Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare, yang sedang melakukan kunjungan resmi ke Tiongkok, di Balai Besar Rakyat. Kedua belah pihak bersama-sama mengumumkan bahwa China dan Kepulauan Solomon telah secara resmi menjalin kemitraan strategis komprehensif yang menampilkan rasa saling menghormati dan pembangunan bersama untuk era baru.

Xi Jinping mencatat bahwa China dan Kepulauan Solomon adalah teman baik dan saudara baik yang dapat saling percaya dan mengandalkan satu sama lain. Sejak terjalinnya hubungan diplomatik, kerja sama persahabatan antara kedua negara telah tertinggal dan berada di garis depan hubungan Tiongkok dengan negara-negara kepulauan Pasifik, dan telah menjadi model solidaritas, kerja sama, dan pembangunan bersama antara negara-negara yang berbeda ukuran dan berkembang. negara. negara. Fakta membuktikan bahwa menjalin hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Kepulauan Solomon merupakan pilihan tepat yang sesuai dengan tren zaman dan dunia, serta sejalan dengan kepentingan fundamental kedua bangsa. Tiongkok bersedia memperkuat komunikasi strategis dengan Kepulauan Solomon, memperdalam kerja sama di berbagai bidang, mendorong pertumbuhan kemitraan strategis komprehensif yang stabil dan berkelanjutan antara kedua negara, dan membawa lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa.

Xi Jinping menekankan bahwa Tiongkok sangat menghargai kepatuhan teguh Kepulauan Solomon terhadap prinsip satu Tiongkok, mendukung negara tersebut dalam menjaga kepentingan kedaulatan, keamanan dan pembangunan, serta mendukung pilihan independen jalur pembangunan negara. Tiongkok berkomitmen untuk mengelola urusannya dengan baik, dan selalu menjadi pembangun perdamaian dunia, penyumbang pembangunan global, dan pembela tatanan internasional. China siap berbagi dengan Kepulauan Solomon peluang pembangunan yang dibawa oleh modernisasi China, meningkatkan sinergi antara Belt and Road Initiative dan Strategi Pembangunan Nasional Kepulauan Solomon 2016-2035, memperluas kerja sama praktis di berbagai bidang, mengimpor produk yang lebih kompetitif dari Kepulauan Solomon, dan membantu negara mencapai pembangunan, pemulihan, dan stabilitas dalam jangka panjang. China mendukung lebih banyak perusahaan China untuk berinvestasi dan berbisnis di Kepulauan Solomon, dan akan terus memberikan bantuan ekonomi dan teknis ke Kepulauan Solomon tanpa batasan politik. Kedua belah pihak harus memperluas pertukaran persahabatan di bidang-bidang seperti perawatan kesehatan dan pendidikan. China mendukung Kepulauan Solomon menjadi tuan rumah Pertandingan Pasifik ke-17.

READ  Bagaimana cara bepergian ke Asia Tenggara selama COVID-19

Xi Jinping menunjukkan bahwa kebijakan Tiongkok terhadap negara-negara kepulauan Pasifik didasarkan pada “empat aspek penghormatan penuh”: pertama, Tiongkok sepenuhnya menghormati kedaulatan dan kemerdekaan negara-negara kepulauan Pasifik, serta menjunjung tinggi kesetaraan semua negara, besar atau kecil; kedua, Tiongkok sepenuhnya menghormati keinginan negara-negara kepulauan Pasifik dan mengikuti prinsip konsultasi ekstensif, kontribusi bersama, manfaat bersama, dan hasil yang saling menguntungkan; Ketiga, Tiongkok sepenuhnya menghormati tradisi budaya negara-negara kepulauan Pasifik, dan mengupayakan keharmonisan tanpa penyatuan dan pengembangan bersama dari beragam budaya; Keempat, Tiongkok sepenuhnya menghormati upaya negara-negara kepulauan Pasifik untuk mencari kekuatan melalui persatuan, dan mendukung mereka dalam mengimplementasikan Strategi Benua Pasifik Biru 2050, sehingga dapat berkontribusi dalam membangun kawasan biru Pasifik yang damai, harmonis, aman, inklusif, dan makmur. . Tiongkok memahami bahwa negara-negara kepulauan Pasifik menghadapi tantangan serius dari perubahan iklim, dan bersedia memperkuat pertukaran dan kerja sama dengan negara-negara kepulauan dalam layanan meteorologi, pencegahan dan pengurangan bencana, energi bersih, dan bidang lainnya, untuk membantu negara-negara kepulauan mengimplementasikan Perserikatan Bangsa-Bangsa Agenda 2030. Pembangunan berkelanjutan. Tiongkok bersedia memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Kepulauan Solomon, menjunjung tinggi multilateralisme sejati, menjunjung tinggi keadilan dan keadilan internasional, bersama-sama menentang mentalitas dan hegemoni Perang Dingin, serta menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

Sogavare mengatakan bahwa menjalin hubungan diplomatik dengan China merupakan pilihan tepat yang dilakukan oleh Kepulauan Solomon. Sejak terjalinnya hubungan diplomatik, hubungan bilateral telah membuahkan hasil yang bermanfaat. China telah menjadi mitra kerja sama infrastruktur terbesar dan mitra pembangunan yang dapat diandalkan untuk Kepulauan Solomon. Presiden Xi Jinping mengedepankan Inisiatif Pembangunan Global, Inisiatif Keamanan Global, dan Inisiatif Peradaban Global, yang telah menunjukkan visi luar biasa dan kepemimpinan luar biasa, dan Kepulauan Solomon sangat menghargai dan mendukungnya. Prestasi Cina dalam pengentasan kemiskinan patut dikagumi dan disebut-sebut oleh dunia. Kepulauan Solomon dengan tegas menganut prinsip satu-China dan bersedia untuk mempertahankan pertukaran tingkat tinggi yang lebih dekat dengan China, memperkuat pertukaran dan kerja sama dalam perdagangan, investasi, pertukaran orang-ke-orang dan lokalitas budaya, di antara bidang lainnya, dan melakukan bisnis bersama . Perubahan iklim dan tantangan global lainnya, serta terus mendorong kemitraan strategis komprehensif antara Kepulauan Solomon dan Tiongkok. Kepulauan Solomon menentang segala tindakan yang ditujukan atau mengandung perkembangan Tiongkok.

READ  Mantan Presiden Senat akan memberikan 9.000 karung gandum kepada para pemilih

Setelah pertemuan tersebut, kedua belah pihak mengeluarkan pernyataan bersama tentang pembentukan kemitraan strategis komprehensif yang saling menghormati dan pembangunan bersama untuk era baru antara Republik Rakyat Tiongkok dan Kepulauan Solomon.

Wang Yi dan Wang Xiaohong menghadiri pertemuan tersebut.