POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Xavi memenangkan pertandingan terakhirnya sebagai pelatih Barcelona di babak final Liga Spanyol

Xavi memenangkan pertandingan terakhirnya sebagai pelatih Barcelona di babak final Liga Spanyol

Madrid (AFP) – Xavi Hernandez Pelatih Barcelona menyelesaikan misinya dengan mengalahkan tuan rumah Sevilla 2-1 di babak final Liga Spanyol, Minggu.

Robert Lewandowski dan Fermin Lopez mencetak gol untuk Barcelona, Yang diumumkan pada hari Jumat bahwa itu adalah perpisahan Dengan mantan gelandang tersebut memiliki sisa kontrak satu tahun.

“Kami tidak ingin ini berakhir, tapi ini adalah keputusan yang dibuat oleh klub,” kata Xavi. “Kami tidak memenangkan gelar, tapi kami berada di jalur yang benar. Tapi sepakbola memang seperti ini, manajerlah yang mengambil keputusan. Reaksi para pemain sangat bagus.”

Para pemain Barcelona mengucapkan selamat tinggal kepada Xavi usai pertandingan.

“Kami akan selalu mendoakan yang terbaik untuk Xavi,” kata kiper Marc-Andre ter Stegen. “Dia telah berteman selama bertahun-tahun dan tidak mudah untuk melepaskannya… Dia pantas mendapatkan yang lebih baik.”

Barcelona telah meraih tempat kedua dan satu tempat di Piala Super Spanyol yang menguntungkan di Arab Saudi musim depan. Itu berakhir dengan empat kemenangan berturut-turut.

Youssef En-Nesyri mencetak gol untuk Sevilla yang finis di peringkat 14 setelah empat kekalahan beruntun.

Gol En-Nesyri tercipta pada menit ke-31, setelah Lewandowski membawa Barcelona unggul pada menit ke-15. Lopez mencetak gol penentu kemenangan klub Catalan tersebut pada menit ke-59.

Kepergian Xavi terjadi sebulan setelah kepergiannya Menarik kembali keputusan sebelumnya Dia melakukannya pada bulan Januari Untuk meninggalkan klub musim panas ini. Pada bulan April, dia mengatakan dia berubah pikiran karena tim bermain lebih baik dan yakin mereka bisa pulih dari musim tanpa trofi.

Presiden Barcelona Joan Laporta secara terbuka merayakan komitmen Xavi untuk bertahan pada saat itu. Namun pekan lalu, sang presiden dilaporkan tidak senang ketika sang pelatih berbicara terus terang tentang bagaimana situasi keuangan klub yang buruk akan menghalangi mereka untuk bersaing dengan rival sengitnya, Real Madrid.

READ  Anthony Edwards menandatangani perpanjangan kontrak dengan Timberwolves

“Mereka yang mengambil keputusan harus menjelaskannya,” kata Xavi, 44 tahun, yang berencana istirahat dari kepelatihan.

Tidak banyak yang bisa diputuskan di putaran final liga pada hari Minggu. Juara Madrid, yang fokus pada final Liga Champions mendatang melawan Borussia Dortmund di Wembley, bermain imbang 0-0 dengan Real Betis pada hari Sabtu.

Barcelona, ​​​​Girona dan Atletico Madrid adalah tiga tim lainnya yang lolos ke Liga Champions musim depan, sementara rival Basque Athletic Bilbao dan Real Sociedad akan bermain di Liga Europa. Bettis memperoleh tempat di Liga Konferensi.

Tiga klub yang terdegradasi adalah Cadiz, Almeria, dan Granada.

Pada hasil lainnya pada Minggu, Mallorca mengalahkan tuan rumah Getafe 2-1, Celta Vigo imbang dengan Valencia 2-2, dan Alaves imbang dengan Las Palmas 1-1.

Striker Girona Artem Dovbek finis sebagai pencetak gol terbanyak di liga musim ini dengan 24 gol, tertinggal satu gol dari Alexander Sorloth dari Villarreal. Lewandowski dan Jude Bellingham, pemain Real Madrid, berada di posisi ketiga dengan 19 gol.

Real Madrid menyelesaikan musim ini dengan serangan terbaik, dengan 87 gol, dan pertahanan terbaik, dengan 26 gol.

___

Sepak Bola AP: https://apnews.com/hub/soccer