POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wright menjadi kapten Wallabies melawan Wales setelah Schmidt merombak skuad Australia

Wright menjadi kapten Wallabies melawan Wales setelah Schmidt merombak skuad Australia

SYDNEY (Reuters) – Liam Wright akan memimpin Wallabies melawan Wales pada hari Sabtu setelah Joe Schmidt merombak total skuad Australia dalam Tes pertamanya sebagai pelatih.

Wright telah menjadi kapten Queensland Reds di Super Rugby sejak tahun 2020 tetapi hanya melakukan lima pertandingan Uji coba untuk Australia.

Namun hal itu tidak membuat Schmidt khawatir, yang hanya memasukkan empat pemain dari starting line-up pada pertandingan terakhir Australia dalam penampilan yang buruk di Piala Dunia tahun lalu.

Schmidt sukses menjadi pelatih Irlandia dari 2013 hingga 2019. Setelah kembali sebentar ke Selandia Baru, Pindah ke Australia A untuk menggantikan Eddie Jones pada bulan Januari dan bertujuan untuk membuat pengaruhnya sendiri di Wallabies.

Dia memilih gelandang Jeremy Williams dan gelandang Josh Flock untuk pertandingan uji coba pertama mereka, dan pelacur Matt Weisler juga disebutkan dalam starting line-up untuk pertama kalinya.

Williams akan bermitra di baris kedua dengan Luchan Salakaya-Lotto, yang kembali dari Inggris bersama Northampton untuk Tes pertamanya sejak 2021.

Lima dari delapan pemain cadangan belum pernah bermain secara internasional, termasuk gelandang cadangan Tom Lynage, putra pemain hebat Wallabies Michael Lynage. Pemain lainnya, gelandang pengganti Billy Pollard, memainkan satu pertandingan uji coba.

Wright akan menjadi kapten ketujuh Australia dalam dua musim pada hari Sabtu melawan Wales.

Prop Alan Alalatua dan gelandang Tate McDermott, keduanya dipanggil dari pemain pengganti, telah menjadi kapten Wallabies selama periode itu.

Alalatoa kehilangan tempatnya di starting line-up karena Taniela Tupou, yang dipanggil kembali, dan Jake Gordon ditunjuk untuk memulai di nomor sembilan di depan McDermott.

Tom Wright, yang absen dalam skuad Piala Dunia tahun lalu, kembali sebagai bek sayap, dan Andrew Kellaway akan pindah ke sayap. Filippo Dogono dipanggil untuk memulai di sayap lain.

READ  Arsenal vs Liverpool ditunda, karena FA setuju untuk memutar ulang leg pertama semifinal Piala Carabao

Pelatih Schmidt dan Wales Warren Gatland, keduanya dari Selandia Baru, memiliki sejarah panjang sebagai pelatih saingan menuju seri dua Tes ini.

Sementara Schmidt bertekad untuk memulai masa jabatannya dengan kemenangan, Gatland harus mengakhiri kekalahan beruntunnya dalam tujuh pertandingan Tes, termasuk Kalah dari juara dunia Afrika Selatan Bulan lalu di Twickenham.

Timnas Wales meraih kemenangan telak atas timnas Australia dengan skor 40-6 pada babak penyisihan grup Piala Dunia di Prancis tahun lalu, namun tak mampu mengalahkan timnas Wallabies di tanah Australia dalam 11 laga uji coba. sejak tahun 1969.

Gatland telah mengungkapkan susunan pemain awal yang berisi campuran dua babak dengan total tiga batas Tes di antara mereka: scrum-half Ellis Bevan keluar dari pertandingan Tes pertamanya dan Ben Thomas mulai dari nomor 10.

Josh Hathaway disebutkan dalam kemenangan untuk melakukan debut Tesnya, satu-satunya pemain yang belum bermain dalam skuad 23 orang.

Kapten Dewi Leake akan memulai dengan hook dan Aaron Wainwright akan berada di urutan kedelapan dalam Tesnya yang ke-50, menjadikannya pemain paling berpengalaman di grup penyerang awal.

“Kami menjalani minggu persiapan yang baik di sini di Sydney dan kami bersemangat untuk turun ke lapangan pada hari Sabtu,” kata Gatland. “Tes pertama ini akan menjadi tantangan besar bagi kami.

“Pertandingan uji coba adalah soal margin kecil dan kami tahu kami harus tepat, menjaga disiplin, dan tetap berjuang sepanjang 80 menit.”

___

Australia: Tom Wright, Andrew Kellaway, Josh Flock, Hunter Paisami, Filippo Dugono, Noah Lolessio, Jake Gordon; Rob Valetini, Fraser McCreight, Liam Wright (Ketua Tim), Luchan Salakia Lotto, Jeremy Williams, Taniella Tupou, Matt Fässler, James Sleeper. Cadangan: Billy Pollard, Isaac Cailea, Allan Allalatoa, Angus Blythe, Charlie Caley, Tate McDermott, Tom Lynagh, Dylan Beach.

READ  Pullman Evans mengatakan Misano E-Prix akan menjadi “liar”.

Wales: Liam Williams, Josh Hathaway, Owen Watkin, Mason Grady, Rio Dyer, Ben Thomas, Ellis Bevan; Aaron Wainwright, Tommy Revell, Tyne Plumtree, David Jenkins, Christ Chienza, Archie Griffin, Dewi Lake, Gareth Thomas. Cadangan: Ivan Lloyd, Kemsley Mathias, Harry O'Connor, Corey Hill, James Botham, Kieran Hardie, Sam Costello, Nick Tompkins.

___

AP Rugbi: https://apnews.com/hub/rugby