POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wisatawan lebih tertarik mendalami sejarah Bali

Wisatawan lebih tertarik mendalami sejarah Bali

Bagikan artikelnya

Sebagai tujuan wisata, Bali populer untuk liburan pantai, menginap di hutan, dan berpesta di surga. Kekayaan seni dan budaya untuk dijelajahi dan selalu ada sesuatu untuk semua orang.

Namun, bagi banyak orang, Bali tidak serta merta menjadi tujuan para pecinta sejarah, namun hal itu tampaknya mulai berubah.

Situs Sejarah Gunung Kawi di Bali

Bali adalah pulau yang kaya akan sejarah, mulai dari kuil hingga istana, lanskap pertanian kuno, dan kapal karam, Bali memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi oleh para pecinta sejarah.

Saat ini salah satu situs bersejarah yang paling penting dan dicari wisatawan di Bali Tani Kunang Kavi.

Terletak di sebelah timur Ubud di Bali tengah, Gunung Kavi di Tampaksing juga dikenal sebagai Lembah Para Raja Bali.

Kompleks kuil dan pemakaman ini dibangun pada abad ke-11; Monumen pemakaman ini diyakini dibangun untuk menghormati Raja Anak Wungsu dari Dinasti Udayana dan istri tercintanya.

@parikusuma Gunung Khawi Bali – Pura Hindu kuno tertua di Bali. #Jelajakotaku #Travelmania #Bepergian ♬ Lily – Alan Walker & K-391 & Emily Hollow

Setiap kuil dikatakan didedikasikan untuk anggota keluarga Anak Wungsu yang berbeda.

Ada empat monumen di sebelah kiri saat pengunjung memasuki kuil, diikuti oleh lima monumen lainnya yang terletak di tepi timur situs, di seberang Sungai Bagerisan yang suci.

Kuil kesepuluh terletak di tepi selatan lembah, jauh dari sembilan monumen pertama.

Masing-masing candi diukir pada permukaan batu terjal dan merupakan salah satu monumen kuno paling mengesankan di seluruh Indonesia.

@ tujuan_anywhere_anytime Pura surga di Bali. #fyp #Poli #Kuil ♬ Suara Asli – Target_Anywhere_Anytime

Wayan Gana, pemilik toko seni di sebelah Gunung Kavi, mengatakan kepada wartawan: Wisatawan semakin banyak yang datang ke monumen kuno tersebut.

READ  Pemerintah telah meminta masyarakat yang berada di zona merah Gunung Api Semaru untuk mengungsi

Dia mencatat peningkatan jumlah wisatawan dari Eropa yang menunjukkan minat tulus terhadap sejarah situs tersebut.

Ghana menjelaskan, “Kebanyakan orang sangat menyukai sejarah. Mereka membawa banyak buku sebagai panduan. Kana dan pemilik toko lokal lainnya senang melihat lebih banyak orang menjelajahi situs bersejarah tersebut.

Kunjungan tersebut merupakan hal yang baik untuk bisnis, namun Gana mencatat bahwa warga senang melihat semakin banyak orang yang tertarik pada sejarah Bali, khususnya Gunung Kavi.

@smarttravelvibes Ikuti kami untuk tips perjalanan lainnya! #Poli #ubud #CandidBingunungavi #Indonesia #Bepergian #ide perjalanan #perjalanan ♬ Bunga – Miley Cyrus

Gunung Kawi hanya berjarak satu jam perjalanan dan dapat ditempuh dengan 30 menit berkendara dari pusat Ubud.

Banyak wisatawan melakukan perjalanan sehari ke Gunung Kavi di sekitar kawasan Tampaksering dan Thegallalong, berhenti untuk menjelajahi Teras Sawah Thegallalong yang terkenal di dunia dan satu atau dua air terjun selama sehari.

Terasering Sawah Tegalalang di Bali

Banyak landmark bersejarah seperti Istana Ubud, Pura Thana Lat atau Pura Tirtha Mbul menawarkan wisatawan sekilas ke dunia kuno Bali.

Bagi mereka yang tertarik dengan sejarah terkini, ada banyak hal yang bisa dijelajahi. Di sebelah timur Bali terdapat bangkai kapal USS Liberty dan bangkai kapal Jepang di lepas pantai Amed dan Tulamben.

@lifeofmrspike Penyelaman menakjubkan di USS Liberty Wreck, Tulamben #Menghancurkan #Berenang di laut dalam #Menghancurkan #polylife #Panduan Seksual #AlkitabAlkitab #Polivasi #perjalananindonesia #drama perjalanan #traveltiktok # Bepergian #divetiktok #TravelBucketList #keliling dunia #Indonesia Luar Biasa #Beberapa prestasi ♬ Perasaan Serupa (Instrumental) – BLVKSHP

Bagi penggemar sejarah militer, kedua situs ini sangat menarik, dan juga bagi para penyelam. Bangkai Kapal USS Liberty adalah salah satu tempat menyelam paling populer di Bali.

READ  Menteri HRD mendesak perlindungan yang lebih baik bagi pekerja migran

Selama Perang Dunia II, pada bulan Januari 1942, USS Liberty dihantam torpedo Jepang dan kemudian terdampar di dekat Tulamben dekat Amed.

Kapal ini tetap menjadi bangkai kapal di pantai sampai Gunung Agung meletus pada tahun 1963. Letusan gunung berapi tersebut memindahkan kapal dari pasir kembali ke laut, hingga saat ini.

@freshfinsdiving Situs menyelam yang wajib dikunjungi saat bepergian ke Bali ✨ Kami menyelam di reruntuhan menakjubkan ini setiap hari. Ayo selami sejarah bersama kami 🤿 〰 @freshfinsdiving 📞 +62 812-3706-4983 👩‍💻 [email protected] #usatlibertywreck #pelanggaran kebebasan #Sejarah #segarfinsdiving #AmedPali #Berenang di laut dalam #penyelaman malam hari #Thulamban #ScubaDivingBali #Divali #ssi #diveSSI #Indonesia Luar Biasa #Divali #Kadal pak hidup #uwvideo #sepenuhnya terpusat #Payanapali #mengeksplorasi # Terpelajar #Penemuan #menghancurkan ♬ Kamu Datang Fong – anak lofi

Menyelam di sekitar bangkai kapal USS Liberty dikatakan oleh para penyelam papan atas sebagai salah satu penyelaman kapal karam terbaik di dunia. Pada titik paling dangkal, USS Liberty Wreck berada hanya 5 m di bawah permukaan air, dan pada titik terdalamnya berada 30 m di bawah air.

Hal ini menjadikannya tempat menyelam yang populer bagi pemula dan terdapat banyak sekolah menyelam di sekitar Amed dan Tulamben di mana wisatawan dapat belajar lebih banyak tentang sejarah tahun tersebut dan tentu saja, mendapatkan semua kualifikasi menyelam PADI yang penting.