POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wisatawan diperingatkan akan cuaca ekstrem: pejabat pariwisata Bali

Wisatawan diperingatkan akan cuaca ekstrem: pejabat pariwisata Bali

Denpasar, Bali (ANTARA) – Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun meminta industri pariwisata dan pengusaha mewaspadai wisatawan mengenai cuaca buruk di provinsi tersebut.

“Stakeholder pariwisata harus hati-hati bukan hanya musim yang dikunjungi wisatawan, tapi kualitas operasionalnya, misalnya bagaimana situasi di destinasi wisata Uluwatu,” ujarnya di Jakarta, Senin.

Menurutnya, penting untuk mengingatkan wisatawan akan potensi risiko di tengah kondisi cuaca ekstrem di wilayah tersebut.

Cuaca buruk dilaporkan terjadi di beberapa wilayah Bali berupa hujan lebat dan angin kencang. Pada 13 Maret 2024, dua warga asing meninggal dunia setelah tertimbun tanah longsor di Tapan, Bali, dan beberapa video yang beredar di media sosial memperlihatkan air pasang di perairan Bali.

“Wisatawan biasanya disiplin jika diperingatkan (cuaca buruk) dan kemanapun kita pergi ke luar negeri selalu ada peringatan, misalnya membawa payung saat musim hujan,” kata Pemayoun.

Berita terkait: Menteri mengimbau wisatawan bersiap menghadapi cuaca ekstrem saat liburan

Dinas Pariwisata Bali meminta pelaku pariwisata, khususnya travel agent, berkoordinasi dengan pengelola pariwisata untuk memastikan kondisi di suatu kawasan sebelum memberikan peringatan kepada wisatawan.

Ia meminta wisatawan mendapatkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terutama terkait jalur aman menuju daerah tujuan.

“Berkomunikasi dengan daerah wisata misalnya Tanah Lat dan Tabanan. Stakeholder seperti Asosiasi Agen Perjalanan dan Pariwisata Indonesia (ASITA) harus berkomunikasi (dengan pemangku kepentingan lainnya),” ujarnya.

Ia mencatat, banyak wisatawan asing yang memilih bepergian tanpa agen perjalanan.

Untuk itu, penting bagi wisatawan untuk mengecek update cuaca melalui saluran BMKG atau media lainnya, tambahnya.

Berita terkait: Bali merekrut kedutaan untuk menyebarkan informasi tentang solusi pariwisata

READ  Menteri ingin menjadikan Solo sebagai destinasi MICE unggulan

Berita terkait: Pajak pariwisata untuk pelestarian budaya dan alam Bali