POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Widodo Subianto mengizinkan Mahfoud mengambil cuti untuk kampanye pemilu

Widodo Subianto mengizinkan Mahfoud mengambil cuti untuk kampanye pemilu

JAKARTA (Antara) – Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfut MD diizinkan mengambil cuti untuk kampanye pemilu, kata seorang pejabat tinggi pemerintah.

Berbicara mengenai masa kampanye Pilpres 2024 yang akan dimulai pada 28 November 2023, “Bapak Presiden sudah memberikan izin melalui Sekretaris Menteri,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Twibayana.

Dalam pesan singkatnya kepada pers di Jakarta, Senin, Twibayana mengatakan Mahfoud, cawapres Kanjar Pranovo, sudah diperbolehkan cuti pada Selasa (28 November) dan beberapa tanggal lainnya.

Presiden Widodo telah mengizinkan Subianto, yang mencalonkan diri bersama Gibran Rakabuming Raqqa, untuk mengambil cuti untuk berkampanye.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye presiden pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan pemilihan presiden dan parlemen dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden akan bersaing di Pilpres: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Basvedan dan Iskandar masuk nominasi dengan dukungan Partai Nastem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Sedangkan Subianto dan Raka mendapat dukungan dari Partai Gerindra dan partai-partai antara lain Kolkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Kelora.

Pranovo dan Mahfut mendapat dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan, Partai Berindo, dan Partai Hanura.

Terkait kampanye pemilu, pimpinan delapan perguruan tinggi di Yogyakarta menghimbau para calon peserta pemilu 2024 agar melakukan kampanye secara adil, demokratis, dan damai.

Berdasarkan laman UGM yang diakses ANTARA, Selasa, seruan kampanye yang adil, demokratis, dan damai itu disampaikan dalam acara yang digelar pada 24 November di Gedung Rektorat Universitas Katja Mada (UGM).

READ  Pengacara Derek Souv mencari masa percobaan untuk mantan perwira polisi Minneapolis yang dituduh (video).

Perguruan tinggi tersebut adalah UGM, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional Senior (UPN), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Sanada Dharma (USD), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). , dan Sekolah Tinggi Pengembangan Masyarakat Pedesaan APMD.

Rektor UGM Prof Owa Emilia seperti dikutip mengatakan, pemilihan presiden dan parlemen harus dilindungi dan memastikan pesta demokrasi diselenggarakan secara konstitusional dan sah sesuai dengan prinsip demokrasi.

KPU menyatakan telah menetapkan daftar pemilih tetap, daftar tetap anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan daftar tetap calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI).

Pemilih dalam daftar pemilih tetap Pemilu 2024 berjumlah 204.807.222 orang, daftar tetap calon anggota DPR sebanyak 9.917 orang, dan daftar tetap calon anggota DPD sebanyak 668 orang.

Pemilih terdaftar akan memilih di TPS pada 14 Februari 2024 untuk calon presiden dan wakil presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR/DPRD), dan anggota DPD.

Untuk pemilu, KPU menetapkan 84 daerah pemilihan untuk 580 kursi DPR, 301 daerah pemilihan untuk 2.372 kursi di DPRD Provinsi, dan 2.325 daerah pemilihan untuk 17.510 kursi di dewan legislatif kabupaten/kota (DPKotapaten). /DPRD). .

Berita Terkait: Capres Akan Tandatangani Pakta Integritas Pemilu
Berita terkait: TNI dan Polri tandatangani janji netral pada pemilu 2024
Berita terkait: Menteri Masyarakat meminta fasilitas pemungutan suara bagi penyandang disabilitas

Diterjemahkan oleh: Ranga PAJ, Rahmat Nasushan
Redaktur: Aziz Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2023