POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

WHO memperingatkan varian ‘Omicron’ dari Covid menimbulkan risiko global yang ‘sangat tinggi’

LONDON – Ancaman global dari Varian baru omicron Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan itu “sangat tinggi”. Pada hari Senin, ketika lebih banyak negara melaporkan kasus-kasus dari jenis yang memicu kekhawatiran global, ada lebih banyak lagi yang akan datang dari pandemi.

Dengan kasus variabel yang dikonfirmasi di seluruh dunia, semakin banyak negara memperketat perbatasan mereka meskipun ada seruan untuk berhati-hati dan wabah kepanikan dari beberapa negara.

“Kemunculan Omicron adalah pengingat lain bahwa sementara banyak dari kita mungkin berpikir kita sudah selesai dengan Covid-19, itu belum berakhir,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia. sesi pribadi ke Majelis Kesehatan Dunia.

tertulis Badan PBB untuk menasihati negara-negara anggotanya mendesaknya untuk mempercepat COVID-19 vaksinasi liputan “Sesegera mungkin,” khususnya di antara kelompok prioritas tinggi, dan untuk meningkatkan upaya pemantauan dan pengurutan.

Omikron Ini memiliki jumlah mutasi mendadak yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa di antaranya mengkhawatirkan dampak potensial mereka pada perjalanan epidemi, ”kata badan itu dalam laporan itu. kicauan Di luar. Jika lonjakan besar lain dalam Covid-19 didorong oleh omicron, konsekuensinya bisa mengerikan.

Saran WHO datang ketika lebih banyak negara melaporkan kasus varian baru, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan minggu lalu. Pemerintah Skotlandia mengatakan, pada hari Senin, bahwa enam kasus omicron telah diidentifikasi di Skotlandia.

Sementara itu, pejabat kesehatan di Portugal mengatakan negara itu telah mendeteksi 13 kasus di antara anggota tim klub sepak bola profesional, menurut Associated Press.

Institut Kesehatan Nasional Ricardo Jorge mengatakan salah satu dari mereka yang dites positif untuk klub sepak bola yang berbasis di Lisbon Belenenses baru-baru ini melakukan perjalanan ke Afrika Selatan.

READ  Wanita Membangun Kota: Ruang Wina untuk Arsitek Wanita - Seni dan Budaya

Namun, yang lain belum melakukan perjalanan ke sana, menunjukkan itu mungkin salah satu kasus penularan virus lokal pertama yang tercatat di luar Afrika Selatan.

Varian tersebut kini telah terdeteksi di Inggris, Belanda, Italia, Jerman, Belgia, Kanada, Australia, Israel, dan Hong Kong, di antara negara-negara lain.

Namun, prevalensi sebenarnya dari varian omicron di seluruh dunia masih belum jelas karena negara-negara menemukan kasus baru setiap hari. Amerika Serikat belum mengidentifikasi kasus apa pun, tetapi pakar penyakit menular terkemuka pemerintah, Dr. Anthony Fauci, dan pakar lainnya memperingatkan bahwa memang mungkin untuk mencapai Amerika.

Staf berdiri di gerbang keberangkatan di Bandara Internasional Haneda di Tokyo pada hari Minggu.Philip Fong/AFP – Getty Images

Dr. Kavita Patel, kontributor medis untuk NBC News, Dia berkata: “Sudah ada di sini. Kita tahu dari variabel sebelumnya bahwa pada saat kita menangkapnya di Afrika dan Uni Eropa, mungkin sudah.”

Amerika Serikat memiliki perjalanan terbatas Dari Afrika Selatan dan tujuh negara tetangga.

Juga pada hari Senin, Jepang mengumumkan bahwa mereka akan menangguhkan masuknya semua pengunjung asing, setelah itu Israel Yang menjadi negara pertama yang melakukannya pada hari Minggu. Pemerintah Israel juga telah berjanji untuk menggunakan teknologi pelacakan telepon yang kontroversial untuk melacak dan menemukan kasus alternatif baru.

Pemerintah Afrika Selatan telah membatalkan pembatasan global pada kedatangan dari Afrika Selatan dan negara-negara lain di kawasan itu.

Kementerian luar negerinya mengatakan tindakan itu “mirip dengan menghukum Afrika Selatan karena pengurutan genetiknya yang canggih dan kemampuannya untuk menemukan varian baru lebih cepat”.

“Ilmu yang luar biasa harus diapresiasi, bukan dihukum,” katanya dalam sebuah pernyataan.

READ  Raja Malaysia diperkirakan akan menunjuk perdana menteri baru sore ini - Asia Tenggara

Terlepas dari alarm global, masih ada sedikit pemahaman tentang variabel dan seberapa kuatnya itu.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa masih belum jelas apakah Omicron lebih berbahaya daripada versi virus lainnya, yang telah menewaskan lebih dari 5 juta orang.

Pakar kesehatan dan pemimpin dunia mendesak penduduk untuk mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin.

Tingkat vaksinasi global tetap tidak merata, dengan dosis booster sudah diberikan kepada warga beberapa negara industri kaya, sementara kurangnya akses berarti negara lain berjuang untuk memvaksinasi populasi mereka.

Negara-negara berpenghasilan rendah, sebagian besar di Afrika, hanya menerima 0,6 persen dari semua vaksin, Menurut Tedros.

Associated Press Berkontribusi.