POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Waspadai penipuan online selama musim liburan

Tempo.co, Jakarta – Saat musim liburan seperti sekarang, penipu online lebih aktif. Salah satu penipuan yang paling umum adalah saat membeli tiket atau reservasi hotel. Banyak yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan online.

Kaspersky berbagi beberapa tips menghindari penipuan online untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman di musim liburan ini. Pertama, gunakan hanya situs web terkemuka saat membeli tiket perjalanan, memesan hotel, dan apartemen. Jika memungkinkan, belilah tiket langsung dari situs web perjalanan atau maskapai penerbangan terkait, yang mungkin sedikit lebih mahal namun selalu lebih aman.

Selain itu, jangan terkecoh dengan janji gratisan atau harga yang sangat murah. Selalu bersikap skeptis untuk menghindari penipuan online. Periksa juga dengan cermat alamat situs web yang Anda kunjungi. Periksa kembali URL laman sebelum memasukkan informasi sensitif seperti nama pengguna dan sandi, nomor kartu pembayaran, dan lainnya.

Hindari mengunggah data secara tidak sengaja

Jangan membagikan nomor reservasi kepada siapapun atau mengunggah foto tiket dengan kode tertentu di media sosial. Beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan, periksa semua pemesanan perjalanan. Jika ada masalah pemesanan, yang terbaik adalah menyelesaikannya terlebih dahulu daripada di konter check-in bandara, resepsionis hotel, atau di tempat lain.

Terakhir, gunakan perangkat lunak antivirus yang andal dengan perlindungan bawaan terhadap penipuan online dan phishing di semua perangkat, seperti Kaspersky Premium. Ini akan memberikan peringatan dini tentang situs yang harus dihindari.

Antara

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Reformasi PPN Menyeluruh - Editorial