POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden terpilih Indonesia, Prabowo, mendesak persatuan setelah kemenangan telak

Presiden terpilih Indonesia, Prabowo, mendesak persatuan setelah kemenangan telak

Jakarta (Jakarta Post/ANN): Prabowo Subianto berjanji kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi presiden setelah hasil resmi menunjukkan ia memenangkan pemilu bulan lalu.

Mantan Panglima Kopassus dan Menteri Pertahanan saat ini Bh. Dalam kontes yang diadakan pada tanggal 14, ia meraih kemenangan telak dengan hampir 60 persen suara, melawan saingannya Anis Bhasvedan dan Kanjar Pranovo dengan masing-masing 25 persen dan 16 persen. Akun resmi KPU.

Hal ini sebagian besar mengkonfirmasi hasil tidak resmi yang dikeluarkan oleh lembaga survei independen bulan lalu.

Prabowo, 72 tahun, mengucapkan terima kasih kepada para pemilih dan relawan yang berkumpul di rumahnya di Jakarta Selatan, dengan mengatakan pemilu berjalan lancar. “Kami menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu, karena tantangan kita lebih besar lagi,” katanya seraya berjanji untuk memberantas kemiskinan dan ketidakadilan.

Dia berterima kasih kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo, yang dukungan diam-diamnya membantu Prabowo memenangkan pencalonan ketiganya. Dia mengumumkan dirinya kepada pemilih dan investor sebagai “kandidat berkelanjutan”.

Pada hari Rabu ia menegaskan kembali janjinya untuk memandu kebijakan ekonomi Jokowi, yang telah memodernisasi infrastruktur, memotong birokrasi dan menghasilkan pertumbuhan dan kemakmuran dalam perekonomian G20 yang bernilai triliunan dolar.

“Fondasi kuat yang telah dibangunnya, khususnya di bidang perekonomian, akan kita gunakan untuk bergerak cepat, keras, dan secepat mungkin membawa hasil bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Jenderal kehormatan bintang empat yang baru-baru ini mendapat penghargaan tersebut menduduki jabatan teratas di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, meskipun ada tuduhan pelanggaran hak asasi manusia selama masa militernya, namun ia membantahnya.

Popularitasnya melonjak di kalangan pemilih muda, terutama setelah ia memilih putra Jokowi sebagai cawapres di media sosial seperti TikTok. Prabowo diperkirakan akan mengambil alih jabatan dari Jokowi pada bulan Oktober.

READ  5 rekomendasi tempat wisata bertema di Jakarta untuk liburan akhir pekan

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya, sekaligus memuji masyarakat Indonesia “atas partisipasi dan komitmen mereka yang kuat terhadap demokrasi dan supremasi hukum”.

Aliansi Prabowo dengan Jokowi, yang kalah pada tahun 2014 dan 2019, memicu kekhawatiran akan kebangkitan politik patronase di negara yang mengalami transisi dari pemerintahan otoriter ke demokrasi 25 tahun lalu. Jokowi sendiri telah dituduh melakukan campur tangan pemilu, namun ia dan sekutunya membantahnya.

Putra Jokowi yang berusia 36 tahun dan pasangannya dari Prabowo, Gibran Rakabuming Raka, akan menjadi wakil presiden termuda di Indonesia berkat perubahan aturan kelayakan pada menit-menit terakhir oleh pengadilan yang dipimpin oleh saudara ipar presiden.

Kubu rival, yang dipimpin oleh Kanjar dan Anis, memiliki waktu tiga hari untuk mengajukan pengaduan ke Mahkamah Konstitusi, yang biasanya menangani sengketa pemilu.

Usai hasil akhir, Anis mengatakan ada kejanggalan dalam pemilu dan tim kuasa hukumnya akan membawa ke jalur hukum. “Kepemimpinan yang lahir dari malpraktik akan melahirkan rezim yang menyimpang, curang, dan kebijakan tidak adil,” ujarnya. Dia tidak merinci kejanggalan tersebut.

Pasangan Kanjar, Mahfud MD, mengatakan pada hari Rabu bahwa dia siap untuk pergi ke pengadilan atas dugaan penyimpangan tersebut. Tim kampanye Prabowo mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya sedang mempersiapkan bukti dan bantahan untuk gugatan hukum.

Partai terbesar di Indonesia, PTI-P, meraih suara terbanyak dalam satu hari pemilu legislatif, disusul oleh partai Kolkar dan partai Gerindra yang mengusung Prabowo, demikian diumumkan KPU pada hari Rabu. – Jakarta Post/ANN