POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wang Yi bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Laos dan Menteri Luar Negeri Saliumxay Koumasith

Wang Yi bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Laos dan Menteri Luar Negeri Saliumxay Koumasith

06/11/2024

Pada 10 Juni 2024 waktu setempat, Anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Wang Yi bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Laos Saliumxai Koumasith di Nizhny Novgorod.

Wang Yi mengatakan bahwa di bawah bimbingan strategis Sekretaris Jenderal Xi Jinping dan Sekretaris Jenderal Thongloun Sisoulith, kemajuan pesat telah dicapai dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama antara Tiongkok dan Laos. Sejak awal tahun ini, kerja sama praktis antara kedua negara telah memperoleh momentum yang kuat, volume perdagangan bilateral terus meningkat, dan volume penumpang dan kargo di jalur kereta Tiongkok-Laos berulang kali mencapai titik tertinggi baru. Hal ini telah menarik perhatian negara-negara di kawasan dan dunia, dan telah menjadi standar dan simbol pembangunan komunitas dengan masa depan bersama antara Tiongkok dan Laos, memberikan dorongan baru ke dalam kerja sama berkualitas tinggi di bawah Belt and Road dan hubungan regional yang saling berhubungan. perkembangan. Menghadapi situasi internasional yang kompleks dan tugas-tugas pembangunan dalam negeri, Tiongkok dan Laos, sebagai tetangga bersahabat yang memiliki masa depan bersama, perlu bekerja sama untuk menghadapi tantangan, menghilangkan segala macam campur tangan eksternal, menentang mengobarkan konfrontasi antar blok, dan dengan sungguh-sungguh menjaga kawasan. perdamaian. Dan stabilitas. Tiongkok dengan tegas mendukung Laos untuk mengambil peran sebagai ketua bergilir ASEAN dan bekerja sama untuk membangun komunitas Tiongkok-ASEAN yang lebih erat dengan masa depan bersama. Tahun ini menandai peringatan 70 tahun Lima Prinsip Hidup Berdampingan Secara Damai. Tiongkok siap bekerja sama dengan Laos dan negara-negara lain di kawasan untuk meneruskan tradisi mulia Lima Prinsip Hidup Berdampingan Secara Damai, mengikuti perkembangan zaman, dan bergerak menuju masa depan cerah untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

READ  Xinhua: China merebut Festival Musim Semi untuk memanaskan pariwisata dan konsumsi

Saliumxai Kumasith mengatakan bahwa Partai, pemerintah, dan rakyat Laos sangat mementingkan hubungan mereka dengan Tiongkok. Kerjasama antara kedua negara telah mengalami perkembangan pesat dan terus ditingkatkan levelnya. Kedua belah pihak menandatangani rencana aksi kedua mengenai pembangunan komunitas dengan masa depan bersama dan meletakkan landasan yang lebih kokoh untuk kerja sama di masa depan. Baik Laos dan Tiongkok adalah negara sosialis dengan gagasan dan sistem serupa. Keduanya menganut Lima Prinsip Hidup Berdampingan Secara Damai dan berkomitmen untuk melindungi keadilan internasional dan perdamaian dunia. Dalam menghadapi situasi internasional dan regional yang kompleks saat ini, pentingnya kerja sama antara Laos dan Tiongkok menjadi semakin penting. Laos menghargai peran konstruktif dan kepemimpinan Tiongkok dalam urusan internasional dan regional. Sebagai ketua bergilir ASEAN tahun ini, Laos akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendorong kerja sama antara ASEAN dan Tiongkok serta memastikan arah kerja sama yang benar di Asia Timur.