POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

VivaTech 2022: Apa yang dapat dipelajari Eropa dari menteri teknologi India dan kancah startupnya yang kuat?

Saat dunia teknologi turun ke Paris untuk Viva Technology Conference, satu negara telah membuat semua orang terkesan di acara tersebut dan dapat mengajari Eropa satu atau dua trik tentang startup.

Startup game di India itu kuat dan saat ini menempati urutan ketiga dari total game badak yang dibuat, setelah AS dan China. Sementara Prancis memiliki 27 badak, misalnya, India memiliki 100 badak.

India memulai debutnya di VivaTech, dan telah ditampilkan sebagai ‘Negara Tahun Ini’.

Di stannya, yang memadukan pintu antik India dan mobil balap, serta beberapa perusahaan rintisan yang menarik di negara itu, konsultan multinasional India Tata mengumumkan minggu ini bahwa mereka akan meluncurkan pusat penelitian baru di kawasan bisnis Paris pada bulan Oktober.

Euronews.next duduk dengan Menteri Komunikasi, Elektronik dan Teknologi Informasi India, Ashwini Vaishnau, serta Kepala Inovasi dan Penelitian TCS, Anath Krishnan, untuk berbicara tentang lanskap teknologi India yang sedang berkembang.

Euronews Next: Apa yang membuat dunia teknologi India begitu kuat?

Ashwini Vaishnau: Ekosistem yang kami kembangkan pada dasarnya adalah rantai barang publik digital dan beberapa platform digital publik. Misalnya, identitas digital lebih dari satu miliar orang [and] Antarmuka pembayaran, dapat menampung miliaran transaksi setiap hari.

Hal-hal semacam itu yang sekarang tersedia untuk semua orang sebagai solusi open source dan orang-orang dapat menggunakan blok pembangun tersebut dan menciptakan solusi. Ini adalah ekosistem yang kami bangun yang membantu startup kami dengan cepat menskalakan misi mereka.

Anath Krishnan: Fakta bahwa kami melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada yang kami pikir akan kami lakukan sangat memuaskan. Tapi kami tidak berhenti dan berkata, yah, itu saja, dan kami tahu kami tidak bisa melanjutkan. Anda harus secara kreatif tidak puas dengan tempat Anda melamar.

READ  Cougars menyambut Tennessee Tech ke Fertita Center

Euronews Next: Di sektor apa startup India berkembang?

Ashwini Vaishnau: Jadi fintech ada. Ada banyak startup di bidang pendidikan, banyak di bidang kesehatan dan pertanian. Semakin banyak perusahaan rintisan yang menggunakan energi kreatif mereka untuk menemukan solusi atas masalah skala besar.

euronews.next: Raksasa layanan TI India Tata Consulting Services mengumumkan VivaTech akan meluncurkan pusat penelitian berteknologi tinggi di Paris pada 2022 yang disebut Pace Port. Bagaimana Anda akan memperkuat kemitraan teknis antara Prancis dan India?

Ashwini Vaishnau: Pusat penelitian teknis akan selalu sangat kontekstual dalam arti jika penelitian dilakukan pada ilmu-ilmu dasar, bersifat global. Namun dalam hal teknologi, aplikasi selalu terlokalisasi. Apa yang berhasil untuk Prancis mungkin tidak berhasil untuk orang lain, bukan? Jadi jika kita ingin memberikan solusi yang baik untuk Prancis, penelitiannya harus fokus pada masalah Prancis dan sebisa mungkin harus sangat dekat dengan Prancis sehingga kita bisa menemukan solusi yang tepat.

euronews.next: Tata Center akan memberi perusahaan cara baru untuk memanfaatkan Internet of Things dan kemajuan terbaru dalam kecerdasan buatan dari penelitian TCS. Apa yang akan Anda lakukan sebaliknya?

Anath Krishnan: Ini akan menjadi pelabuhan pangkalan global keenam TCS setelah yang sudah beroperasi di Tokyo, New York, Amsterdam, Pittsburgh, dan Toronto. Oleh karena itu dirancang untuk menyatukan laboratorium penelitian dan inovasi dengan ekosistem lokal dan tentu saja pelanggan kami dan komunitas di mana Port Pace berada.

[It will] Satukan keempat komponen ini untuk berinovasi dengan cepat dan berinovasi dalam skala besar. Dan apa artinya itu? Pada dasarnya, itu berarti bergerak dari ide-ide hebat, yang mungkin datang dari bagian mana pun dari ekosistem, termasuk diri kita sendiri, serta semua peserta lain, mahasiswa, fakultas, startup, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya.

READ  Pembayaran terlambat mengirim LA Tech Melewati ULM, 64-48

Pelanggan, tentu saja, datang dengan tujuan, menggunakan alat seperti pemikiran desain untuk membentuk pernyataan masalah, menemukan solusi potensial, benar-benar membangun solusi tersebut menjadi apa yang kita sebut produk atau prototipe yang layak minimum dan menunjukkan bahwa itu dapat dicapai. Kemudian akan mengambil alih TCS yang lebih besar dan kemudian benar-benar membangunnya sebagai komunitas potensial atau aplikasi komersial.

euronews: Seberapa kuat hubungan India dengan Prancis?

Ashwini Vaishnau: Saya pikir India dan Prancis telah menjadi mitra strategis sejak lama. Dan ini adalah hubungan yang dibangun di atas kepercayaan, dibangun di atas nilai-nilai bersama, dan dibangun di atas takdir bersama di masa depan. Jadi ini adalah hubungan yang hanya akan semakin kuat. Dan kemudian saya yakin dan berharap banyak startup India menemukan mitra Eropa dan menerjemahkan solusi ini ke Eropa, dan sebaliknya.

Euronews Next: Apa tantangan ekosistem teknologi India, mengingat perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung, kekhawatiran akan resesi yang akan datang, dan gangguan rantai pasokan?

Ashwini Vaishnau: Tantangan besar adalah gangguan rantai pasokan, yang terjadi karena berbagai alasan karena pandemi, karena situasi geopolitik. Dan sekarang kita membutuhkan rantai pasokan yang tangguh dan rantai pasokan yang lebih andal.

Kami percaya bahwa India dapat menjadi mitra yang hebat bagi seluruh dunia dalam upaya ini karena tantangan rantai pasokan dihadapi oleh semua orang dan India dapat menjadi mitra yang sangat andal dan dapat diandalkan.

Euronews Next: Akhirnya, apa yang bisa kita harapkan selanjutnya untuk kancah teknologi India?

Ashwini Vaishnau: Kami pasti akan membuat lebih banyak platform digital publik yang kembali terbuka untuk sejumlah startup yang ingin masuk dan menciptakan solusi mereka. Itu satu hal.

READ  4 cerita tentang perusahaan teknologi besar yang Anda lewatkan karena Cannes Lions

Kedua, ada teknik tertentu yang pasti akan kita kuasai. Misalnya, kami telah membangun tumpukan teknologi 4G tepercaya kami dari awal hingga akhir untuk jaringan seperti radio, komunikasi, semuanya. Kami mengembangkannya dan sekarang mulai menerbitkannya. Demikian pula, kami sedang mengembangkan jaringan 5G untuk seluruh ekosistem.

Ada beberapa teknologi hijau yang kami kembangkan seperti teknologi hidrogen untuk ekosistem hidrogen dan juga solusi elektroliser dan penyimpanan. Kemudian kami ingin menerapkannya pada kendaraan, memesan kereta api. Kereta hidrogen pertama diharapkan bisa beroperasi pada pertengahan tahun depan. Jadi jenis inisiatif ini akan tercakup dalam strategi teknologi kami.