POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Vaksin Pfizer Australia yang disumbangkan tiba di Kamboja, untuk dikirim ke negara-negara bagian terdepan bersama Thailand

Tadi malam, Kamboja menerima 783.000 dosis dari 2,35 juta dosis vaksin Pfizer COVID-19 yang diberikan oleh pemerintah dan rakyat Australia kepada pemerintah dan rakyat Kerajaan Kamboja.

Sebagian besar vaksin ini, setelah dikatalogkan, akan dikirim ke delapan negara bagian yang berbatasan dengan Thailand untuk digunakan sebagai dosis keempat untuk mendukung pekerja kesehatan, pasukan keamanan, pejabat regional, dan pihak lain yang terlibat dalam menangani pekerja migran yang kembali dan aspek terkait.

Diharapkan hingga 500.000 dosis vaksin Pfizer akan digunakan untuk tujuan ini.

Upacara serah terima diadakan di Bandara Internasional Phnom Penh kemarin malam, dipimpin oleh Perdana Menteri Hun Sen dan Pejabat Penanggung Jawab Kedutaan Besar Australia di Kamboja Bpk. Andreas Zurbruge.

Hun Sen berterima kasih kepada Australia atas donasi yang berharga, menekankan bahwa ini adalah pekerjaan baik dari Australia untuk Kamboja serta untuk semua umat manusia dalam perang melawan COVID-19.

Perdana Menteri meminta Australia untuk terus mendukung perjuangan, membangun kapasitas Kamboja dalam keamanan kesehatan, mempromosikan kesehatan masyarakat serta mempromosikan pertumbuhan ekonomi Kamboja dengan keberlanjutan dan inklusi.

Zurbrugg mengucapkan selamat kepada Kamboja atas pekerjaan luar biasa dalam vaksinasi pandemi dan menekankan bahwa vaksin yang disumbangkan, bantuan dan hibah bilateral, adalah tambahan untuk membantu Australia dengan sekitar A$135 juta untuk memajukan komitmen pasar terhadap COVAX.

Dengan vaksin yang baru tiba, Kamboja kini memiliki hampir 42 juta dosis vaksin COVID-19 dari pembelian dan donasi: 7.800.000 dosis Sinopharm, 29.424.800 dosis Sinovac, 2.661.400 dosis AstraZeneca , 1.064.600 dosis Johnson & Johnson, 783.000 dosis Pfizer, dan 188.160 dosis Moderna. Di antara vaksin, lebih dari 3 juta berasal dari fasilitas COVAX.

READ  Taiwan dapat mengganggu Asia Tenggara jika tidak hati-hati - Rabu, 15 Desember 2021

Lebih dari 1,56 juta dosis tambahan vaksin Pfizer yang disumbangkan oleh Australia akan tiba di Kamboja pada 28 Desember.

Hingga tadi malam, lebih dari 89 persen dari total 16 juta penduduk Kamboja telah divaksinasi terhadap pandemi COVID-19.