POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Utusan AS John Kerry mengunjungi China minggu ini untuk membahas iklim – dunia

Sumber pemerintah AS mengatakan pada hari Minggu bahwa utusan iklim AS John Kerry akan bertemu dengan mitranya dari China di Shanghai minggu ini untuk membahas masalah pemanasan global.

Kerry diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan perwakilan khusus China untuk urusan iklim, Xie Chenhua, tentang perjalanan pertama ke negara Asia itu oleh seorang pejabat senior dalam pemerintahan Presiden AS Joe Biden, yang mulai menjabat pada Januari.

Ketika Biden berjanji untuk menjadikan penanggulangan perubahan iklim sebagai prioritas utama pemerintahannya, utusan khusus presiden tersebut diharapkan mencari cara untuk bekerja sama dengan China, penghasil emisi karbon dioksida terbesar di dunia.

Pertemuan tersebut akan berlangsung sebelum Biden mengadakan KTT virtual pada 22-23 April untuk membahas urusan iklim dengan para pemimpin dunia, termasuk Presiden China Xi Jinping, setelah ia mundur dari keputusan pendahulunya Donald Trump untuk menarik diri dari Perjanjian Paris.

Sumber mengatakan bahwa Kerry dan Jinhua telah berkomunikasi sebelum pertemuan yang dijadwalkan.

Amerika Serikat, penghasil emisi terbesar kedua, ingin bekerja dengan China dalam perang melawan pemanasan global meskipun ada ketegangan yang meningkat antara kedua negara atas perlakuan Beijing terhadap minoritas Muslim Uighur di wilayah Xinjiang serta tindakan terkait Hong Kong dan Taiwan.

Kerry, mantan menteri luar negeri, melakukan perjalanan minggu lalu ke India, yang juga merupakan penghasil utama karbon dioksida, untuk meningkatkan upaya mengatasi perubahan iklim termasuk kemajuan menuju target pengurangan emisi berdasarkan Perjanjian Paris.

READ  Penyiksaan di Guant√°namo - Surat Kabar - DAWN.COM