POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Uni Eropa sedang mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi besar-besaran terhadap krisis migran di Belarusia

Uni Eropa sedang mempertimbangkan sanksi besar-besaran terhadap puluhan pejabat Belarusia, sebuah maskapai penerbangan Suriah dan sebuah hotel di Minsk sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menekan pemimpin otoriter Alexander Lukashenko untuk membendung aliran migran ke perbatasan Eropa.

Para diplomat Uni Eropa mengatakan kepada Financial Times bahwa blok tersebut sedang mengerjakan daftar luas orang dan entitas yang terlibat dalam memfasilitasi pergerakan orang dari wilayah seperti Suriah, Yaman dan Irak ke perbatasan Uni Eropa-Belarus, dalam sebuah langkah yang disebut Brussel sebagai “serangan campuran” oleh rezim Lukashenko.

Para diplomat mengatakan daftar rancangan termasuk Cham Wings Airlines Suriah, yang mengoperasikan penerbangan ke Belarus, dan Hotel Minsk untuk menampung para migran di negara itu. Daftar ini juga mencakup lebih dari dua puluh pejabat Belarusia dan dapat diperluas ke bandara Minsk.

Ribuan orang dari Timur Tengah telah melakukan perjalanan melalui Minsk ke perbatasan Belarus dengan Polandia, Lithuania dan Latvia dalam beberapa bulan terakhir dengan harapan dapat bergabung dengan Uni Eropa. Pejabat Eropa mengatakan peningkatan sedang berlangsung pengurus rumah Oleh Minsk sebagai tanggapan atas dukungan blok tersebut untuk oposisi Belarusia.

Para menteri luar negeri Uni Eropa sedang membahas ruang lingkup sanksi baru pada pertemuan di Brussels pada hari Senin, di mana mereka diharapkan untuk menyetujui dasar hukum baru untuk paket kelima sanksi terhadap Minsk. Para diplomat mengatakan daftar akhir orang dan entitas akan memakan waktu berminggu-minggu untuk diselesaikan karena Uni Eropa mengoordinasikan tindakan dengan Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat.

Lukashenko memperingatkan pada hari Kamis bahwa negaranya mungkin melakukannya membalas Terhadap sanksi “yang tidak dapat diterima” untuk menghentikan pengiriman gas atau barang ke Eropa. Rusia memasok sekitar 40 persen gas UE, dan sekitar seperlima melewati Belarus.

READ  NK dapat meningkatkan tingkat uang muka tepat pada saat ulang tahun pendiri

Menurut data dari radar penerbanganCham Wings telah mengoperasikan empat penerbangan dari Damaskus ke Minsk sejak 7 November. Pada hari Jumat, Otoritas Penerbangan Sipil Turki mengatakan telah melarang warga Irak, Suriah dan Yaman membeli tiket dari bandara Turki ke Belarus sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Brussels telah menekan negara-negara bagian yang digunakan sebagai titik persimpangan di jalan menuju Minsk untuk membantu membendung arus orang, menyebabkan ribuan orang terdampar dalam kondisi dingin antara pasukan Belarusia dan Polandia di perbatasan timur blok itu.

“Ketika diterapkan, langkah-langkah ini akan memiliki dampak nyata pada situasi saat ini,” kata seorang pejabat senior Uni Eropa sebelum pengumuman resmi. Kami melanjutkan komunikasi kami dengan negara asal dan transit. Kontak lain direncanakan dalam beberapa hari mendatang.”

Istanbul telah menjadi pusat perjalanan penting yang menghubungkan Eropa dengan Timur Tengah dan Afrika karena Turkish Airlines telah meningkatkan kehadiran internasionalnya secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Maskapai nasional Turki menerapkan larangannya sendiri pada penumpang yang datang dari Suriah, Irak dan Yaman pada Kamis malam, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Sumber itu menambahkan bahwa maskapai juga mengurangi jumlah penerbangan mingguan dari 14 menjadi 10.

Margaritis Schinas, Wakil Presiden Komisi Eropa, pada hari Jumat mengunjungi Beirut, ibu kota Lebanon, sebagai bagian dari tur yang lebih luas di kawasan yang bertujuan untuk membujuk negara-negara untuk membantu mengurangi jumlah migran. Dia dijadwalkan untuk melakukan perjalanan ke Irak waktu berikutnya.

Kremlin mengatakan pada hari Jumat bahwa Lukashenko tidak berkonsultasi dengan Moskow sebelum mengancam untuk membatasi pasokan gas dan bahwa Rusia adalah pemasok yang dapat diandalkan. Namun, dalam unjuk kekuatan, Rusia juga mengerahkan pasukan terjun payung untuk melakukan latihan di dekat perbatasan barat Belarusia.

READ  Kepala WHO mengatakan itu 'prematur' untuk menolak teori kebocoran laboratorium COVID-19

Menteri Pertahanan Polandia mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukan Polandia akan menerima dukungan dari insinyur militer Inggris dalam mengamankan pagar perbatasan dengan Belarus. Dia tidak merinci jumlah tentara Inggris yang terlibat.

Ankara, yang memiliki hubungan dekat tetapi kompleks dengan Moskow, telah bereaksi dengan marah terhadap tuduhan Polandia dalam beberapa hari terakhir bahwa Turki telah bertindak secara “simultan” dengan Rusia dan Belarusia untuk memicu krisis.

Kementerian luar negeri negara itu mengatakan pihaknya menolak upaya “untuk menggambarkannya sebagai bagian dari masalah”.

Turki menampung hampir 4 juta pengungsi, yang sebagian besar adalah warga Suriah tetapi juga sejumlah besar warga Afghanistan.