POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

CEPA agreement

UEA dan Georgia memulai pembicaraan tentang perjanjian kemitraan ekonomi yang komprehensif

UEA dan Georgia telah memulai pembicaraan tentang Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA).

Menurut kantor berita resmi, putaran pertama pembicaraan antara kedua negara berlanjut di ibu kota Georgia, Tbilisi wam tersebut.

Perjanjian tersebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kedua negara dan memperkuat hubungan yang berkembang.

Dr. Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, Menteri Negara Perdagangan Luar Negeri, menegaskan bahwa UEA teguh dalam memperluas basis kemitraan ekonominya dengan pasar-pasar yang memiliki kepentingan strategis regional dan global.

Hal ini sejalan dengan rencana negara untuk melipatgandakan perdagangan luar negeri nonmigas untuk meningkatkan perekonomian nasional mencapai 3 triliun dirham pada tahun 2030.

Pembicaraan bertujuan untuk mencapai kesepakatan yang berkontribusi untuk memajukan hubungan perdagangan dan investasi antara kedua negara, dengan fokus pada sektor-sektor seperti pertanian, kecerdasan buatan, pariwisata, transportasi, energi dan lain-lain. Al Zeyoudi menambahkan, hal itu juga bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas sektor swasta, mendorong start-up dan wirausahawan, serta meningkatkan akses pasar.

Jumaa Muhammad Al Kait, Asisten Wakil Menteri Urusan Perdagangan Luar Negeri di Kementerian Ekonomi UEA, memimpin delegasi UEA yang berpartisipasi dalam tur ini.

Perdagangan luar negeri non-minyak UEA dengan Georgia melebihi $166 juta pada paruh pertama tahun 2022, tumbuh 104 persen, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021. Perdagangan luar negeri non-minyak antara kedua negara pada tahun 2021 berjumlah lebih dari $223 juta , tumbuh sebesar 52 persen dibandingkan tahun 2020. Uni Emirat Arab juga menyumbang lebih dari 63 persen dari total volume perdagangan Georgia dengan negara-negara Arab.

READ  Gojek, Tokopedia hampir saja menciptakan juara teknologi Indonesia

UEA menandatangani tiga perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif tahun ini, masing-masing dengan India, Israel dan Indonesia.

Perjanjian dengan India ditandatangani pada bulan Februari tahun ini, sedangkan perjanjian dengan Israel ditandatangani pada bulan Mei.

Baca: UEA dan India Tandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif

Baca: UEA dan Israel Tandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif

Sementara itu, perjanjian dengan Indonesia ditandatangani pada Juli lalu.

Baca: UEA dan Indonesia Tandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif

Dr. Al Zeyoudi mengatakan pada bulan Juli bahwa perjanjian UEA dengan India, Israel dan Indonesia akan membantu ekonomi nasional tumbuh sebesar 2,6 persen pada tahun 2030.

Baca: Kesepakatan CEPA UEA untuk menumbuhkan ekonomi sebesar 2,6% pada 2030 – Menteri