POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tren teknologi dalam rantai pasokan yang harus diperhatikan

Rantai pasokan sekarang menjadi peluang, layanan, aset, dan bahkan keunggulan kompetitif.

Perusahaan membedakan diri dengan menyediakan produk transportasi dan dengan menghindari hambatan dalam rantai pasokan. Peluang dalam rantai dingin sangat besar. di Amerika Serikat, antara 30% dan 40% Tentu pangan bangsa hilang dalam rantai pasok.

Belum lagi kesempatan untuk mengurangi jejak karbon kita; Sekitar 6-8% emisi gas rumah kaca yang disebabkan manusia dapat dikurangi jika kita berhenti membuang-buang makanan. Di Amerika Serikat saja, produksi pangan yang hilang atau terbuang menyebabkan setara dengan 32,6 juta mobil yang mengeluarkan gas rumah kaca.

Dalam ruang Internet of Things (IoT), kemampuan periferal yang terhubung untuk membantu dan mengembangkan aplikasi seperti pelacakan dan penelusuran, pemantauan rantai dingin, operasi aktuator, dan manajemen daya sudah dikenal luas. Penerapan yang diperluas dari aplikasi ini telah dibatasi untuk proyek cadangan oleh pemain IoT besar.

Harapkan area teknis berikut pada tahun 2022 menjadi lebih umum dalam manajemen rantai pasokan:

Internet of Things mendorong keputusan bisnis
Internet of Things adalah istilah luas yang berarti perangkat Internet yang terhubung yang mengirimkan data. Ini adalah dunia yang besar dan cepat – Salah satu proyeksinya adalah akan ada lebih dari 75 miliar perangkat terhubung IoT yang digunakan pada tahun 2025. Ini akan menjadi peningkatan tiga kali lipat dari tahun 2019. Pasar IoT diperkirakan akan bernilai $4 triliun dalam kurun waktu yang sama.

Daftar perangkat IoT untuk rata-rata orang berkisar dari ponsel hingga jam tangan pintar hingga perangkat pintar. Bagi kita di bidang manajemen rantai pasokan, dan terutama dalam manajemen rantai dingin, ada satu bagian dari teknologi IoT yang akan menang: label pintar.

READ  Startup mengatasi tantangan di industri komoditas menggunakan Deep Tech dan analisis geospasial

Perangkat terhubung IoT ini dapat dihubungkan ke produk dari titik pembuatan hingga tujuan konsumen akhir. Sepanjang jalan, mereka mengumpulkan data dan membawanya di satu tempat. Pikirkan jalur item di sepanjang rantai pasokan sebagai seni digital: Data yang disediakan oleh label cerdas bertindak sebagai ribuan dan jutaan piksel yang, jika digabungkan, melukiskan gambaran yang lebih besar.

Efek “melihat gambaran yang lebih besar” sangat kuat jika dilihat melalui lensa masalah yang kita semua alami dalam beberapa tahun terakhir. Mengetahui apa yang terjadi saat barang melewati rantai pasokan membawa keputusan bisnis lebih dekat ke produk.

Profesional manajemen rantai pasokan dapat bertindak berdasarkan apa yang terjadi di lingkungan rantai pasokan saat itu terjadi. Ini adalah komponen penting – tag pintar memungkinkan pengambilan keputusan di mana keputusan perlu dibuat.

Pecahnya perangkat IoT di edge akan membutuhkan baterai yang dapat menahan persyaratan ketat dari lingkungan rantai dingin untuk memberi daya pada label pintar. Teknologi yang dapat tetap fleksibel dan tepat melalui suhu, kelembapan, dan kelembapan rendah akan menjadi vital. Saat perangkat IoT menghubungkan kita secara digital, teknologi yang memungkinkan koneksi ini dan mengelola perangkat akan menjadi kuncinya.

Bergerak dari awan ke tepi
Platform canggih yang dikombinasikan dengan teknologi virtualisasi seperti mesin virtual dan wadah memungkinkan aplikasi untuk diangkut ke seluruh vendor PC. Langkah ini kemungkinan akan melihat penyedia Gateway muncul bersama perangkat keras edge yang lebih kuat yang mampu mendukung pembelajaran mesin yang ringan. Penyedia cloud yakin tidak akan menyerah untuk mendorong diri mereka sendiri ke batas dengan sistem operasi waktu nyata dan lingkungan runtime yang diaktifkan pada perangkat, termasuk label pintar seluler dan perangkat yang dapat dikenakan.

READ  2 saham teknikal imbal hasil tinggi untuk dibeli di bulan November

Kemajuan dalam Kecerdasan Buatan
Karena data yang disediakan oleh Internet of Things membentuk piksel yang membentuk gambar yang lebih besar, piksel ini harus diatur agar masuk akal. Tren teknologi lain dalam rantai pasokan untuk tahun 2022 adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI).

Solusi AI yang digunakan dalam rantai pasokan adalah alat lain yang membantu dalam pengambilan keputusan. Ini dapat digunakan untuk memprediksi data rantai pasokan masa depan berdasarkan riwayat masa lalu yang diperoleh dari piksel data IoT.

Rantai pasokan yang halus dan transparan adalah hasil dari kerja sama Internet of Things dan AI. Algoritme dan sistem berbasis AI memperketat proses hulu dan hilir untuk kelancaran berkendara tanpa membuang waktu. Bersama-sama, solusi AI dan IoT membentuk kemitraan yang dibangun di atas penggunaan pola untuk memprediksi masalah dan memberikan solusi.

Perencanaan permintaan dan kembaran digital adalah sepasang solusi AI yang harus diperhatikan pada tahun 2022. Kedua solusi tersebut akan dipercepat dengan peningkatan ketersediaan data dan lingkungan cloud yang mengelola armada besar perangkat kelas atas.

Akibatnya otomatisasi
Tren ketiga dan terakhir yang harus diperhatikan adalah otomatisasi. Sama seperti perkembangan AI yang merupakan perkembangan alami dari data yang disediakan oleh Internet of Things, otomatisasi adalah hasil dari data dan AI yang bekerja bersama.

Mengganti aktivitas yang berulang dan memakan waktu melalui otomatisasi telah menjadi proses yang berkelanjutan selama bertahun-tahun. Tidak ada yang baru. Apa yang baru dalam hal otomatisasi dan rantai pasokan adalah peran otomatisasi dalam transportasi.

Otomatisasi transportasi akan membuat profesional rantai pasokan dengan pemahaman data sangat berharga. Otomatisasi dapat terjadi lebih cepat karena para profesional industri mengambil data dan mengimplementasikan platform AI untuk membuat keputusan. Hasilnya luar biasa. Sebuah studi oleh McKinsey & Company menemukan bahwa 61% CEO yang memperkenalkan AI ke dalam rantai pasokan mereka melaporkan biaya yang lebih rendah, dan lebih dari 50% melaporkan peningkatan pendapatan. Lebih dari 33% responden melaporkan peningkatan pendapatan lebih dari 5%.

READ  Cara meningkatkan reputasi Anda sebagai wanita di bidang teknologi

Mengapa tren ini penting?
Ketika rantai pasokan menjadi lebih terfokus pada perusahaan di setiap industri, para eksekutif menemukan apa yang selama ini diketahui oleh para profesional industri: Ini memiliki banyak peluang untuk efek akhir.

Jalur perangkat yang terhubung dengan IoT yang mendorong AI dan platform otomatisasi untuk mempersenjatai pengambilan keputusan telah mengakar. Seperti kata pepatah lama:

“Anda tidak dapat mengelola apa yang tidak dapat Anda ukur.”

Tren teknis ini memungkinkan kita untuk melakukan keduanya.