POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Topik kepresidenan Indonesia di ASEAN sangat erat kaitannya: duta besar AS

Topik kepresidenan Indonesia di ASEAN sangat erat kaitannya: duta besar AS

… ketika ASEAN sehat dan (sedang) berkembang … dan ketika ASEAN mandiri dan tangguh … keadaan kita semua menjadi lebih baik.

Jakarta (Antara) – Duta Besar Amerika Serikat untuk Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Johannes Abraham mengatakan tema kepresidenan Indonesia di ASEAN tahun ini, “ASEAN Matters: Focus of Growth,” relevan dengan perkembangan global saat ini.

“Saya kira topik kepresidenan Indonesia sangat relevan. ASEAN menurut kami sangat penting karena ASEAN memiliki peran krusial dalam arsitektur kawasan dan suara krusial pada isu-isu global. Itu penting bagi kita semua,” ujarnya saat wawancara eksklusif dengan Antara pada hari Jumat.

Abraham mengatakan bahwa Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara sangat penting dan menarik bagi Amerika Serikat. Untuk itu, Amerika Serikat sangat mendukung sentralisasi ASEAN.

“Kami percaya bahwa ASEAN memainkan peran yang luar biasa (dan) penting dalam isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian kita semua, dan seperti yang dikatakan Presiden Biden, ASEAN adalah inti dari strategi Indo-Pasifik. Itulah mengapa Anda melihat fakta bahwa kami sangat bangga bahwa perusahaan Amerika adalah sumber investasi nomor satu. Orang Asing Langsung di ASEAN”.

“Jadi ASEAN sangat berarti bagi Amerika Serikat, dan kami sangat berterima kasih telah lama menjadi mitra terpercaya bagi ASEAN seperti halnya ASEAN bagi kami,” tambahnya.

Karena itu, menurut Abraham, Amerika Serikat sangat ingin membantu mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN.

“Kami juga sangat ingin membantu mendukung kisah pertumbuhan ekonomi kawasan dan terus melihat pertumbuhan ekologis di kawasan ini karena kami percaya bahwa ketika ASEAN sehat dan sejahtera…ketika ASEAN mandiri dan tangguh…keadaan kita semua akan lebih baik.”

READ  Pengungkapan Universitas Asing Pertama di Indonesia - Pendidikan India | Berita Pendidikan Terbaru | berita pendidikan global

Indonesia memilih tema “ASEAN Matters: Focus of Growth” untuk mencerminkan bahwa ASEAN merupakan kawasan yang penting dan relevan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global.

Terdapat tiga elemen penting yang terkait dengan “ASEAN Matters”, yaitu penguatan kapasitas dan efektivitas ASEAN, persatuan ASEAN, dan sentralitas ASEAN.

Pada saat yang sama, di bawah pilar “Episentrum Pertumbuhan”, Indonesia berupaya memastikan elemen-elemen penting di kawasan, seperti infrastruktur kesehatan, ketahanan energi, ketahanan pangan, dan stabilitas keuangan.

Berita Terkait: Amerika Serikat Menyambut Baik Peta Jalan Timor-Leste untuk Keanggotaan Penuh di ASEAN
Berita Terkait: Jokowi dan delegasi US-ABC bahas perdagangan dan investasi

Koresponden: Yoni Arisaande Sinaga
Editor: Rahmad Nasution
Hak Cipta © Antara 2023