POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tito harus mengajukan 3 nama untuk menggantikan Anies Baswedan pada September

Tempo.co., Jakartarumah menteri Tito Carnavian Presiden Joko Widodo akan menyerahkan tiga nama calon pengganti Gubernur DKI Jakarta Anis Basvedan kepada Widodo pada September atau sebulan sebelum menjabat.

“Nama-nama itu akan diajukan ke presiden pada September. Opening ceremonynya Oktober nanti,” kata Tito di kantornya, Kamis, 12 Mei 2022.

Menurut dia, kementerian masih mengumpulkan saran terkait calon. “Dalam hal kriteria [of the candidates], Mereka harus menjadi pejabat berpangkat tertinggi di salah satu Eselon. Saat ini kami masih dalam proses menerima masukan. Kami menjaga profil apakah orang tersebut bermasalah atau tidak,” jelas Tito.

Hingga saat ini, dua nama tersebut menarik perhatian publik karena digadang-gadang bakal menjadi calon pengganti Anis. Mereka adalah Heru Pudi Hardono, Presiden Sekretariat Presiden dan Marulla Madali, Sekretaris Daerah Jakarta. Namun, Kementerian Dalam Negeri membenarkan bahwa nama-nama calon masih dibahas.

Kecuali Anies, masa jabatan enam gubernur berakhir tahun ini. Dengan adanya pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2024, jabatan gubernur sementara akan digantikan.

Pejabat gubernur masing-masing daerah akan mulai menjabat pada bulan yang sama dengan berakhirnya masa jabatan gubernur tertentu. 5 dari mereka mulai menjabat hari ini. Sementara itu, Anis BuswetanMasa jabatan berakhir pada 16 Oktober 2022.

Melangkah: Anis Basvedan mengadakan pertemuan dengan mesin negara hari ini di Halal Bihal

TV Noorita

READ  Ramos-Horda menjadi presiden Timor Leste untuk kedua kalinya