POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Timor Leste membuka pelabuhan baru dalam investasi asing terbesar – ekonomi

Agen Pers Prancis

Dili, Timor-Leste ●
Kamis, 1 Desember 2022

01-12-2022
10:35

5aba7b8a7e7e6df2023f04d0fa06cfde
2
Ekonomi
Timor Leste, Indonesia, Australia, laut dalam, pelabuhan, bisnis, investasi, Prancis
Gratis

Timor Leste pada hari Rabu meresmikan pelabuhan laut dalam baru yang dijalankan oleh grup Prancis, dalam investasi asing tunggal terbesar yang pernah ada dalam proyek infrastruktur di negara terbaru di Asia Tenggara.

Pelabuhan senilai $490 juta di Teluk Tibar dekat ibu kota Dili diharapkan dapat memperluas perdagangan ke Timor-Leste, salah satu negara termiskin di wilayah tersebut.

“Sangat penting untuk menghubungkan Timor Lorosa’e ke jalur pelayaran utama di Asia,” kata Olivier de Noray, manajer pelabuhan raksasa pelayaran Perancis Bollore. Agen Pers Prancis.

Dia mengatakan pelabuhan tersebut akan dapat menerima kapal lebih dari 8.000 kontainer, dan kapal yang berlayar dari Singapura melalui kepulauan Indonesia ke Australia akan dapat singgah ke sana.

Timor Leste yang merdeka dari pendudukan Indonesia pada tahun 2002 sudah memiliki pelabuhan di Dili, namun tidak cukup dalam untuk menampung kapal kontainer besar.

Proyek baru, yang membutuhkan waktu empat tahun untuk diselesaikan, dioperasikan berdasarkan perjanjian kemitraan publik-swasta selama 30 tahun.

Timor Lorosa’e akan menyumbang $135 juta dan Bollor $155 juta untuk tahap awal proyek, menurut pemerintah setempat.

Pelabuhan mulai beroperasi pada bulan September dan dibuka pada hari Rabu.

Ini akan menjadi perusahaan swasta terbesar di negara itu dengan lebih dari 300 pekerjaan, menurut Bollor.

Pembangunannya di teluk berpohon bakau dengan terumbu karang dan penyu yang sebagian hancur telah menimbulkan kekhawatiran tentang risiko terhadap lingkungan.

Bolour mengatakan dia bekerja dengan LSM lokal dalam proyek lingkungan.

READ  CA Konfirmasi Penunjukan Dua Utusan dan 14 Pejabat Departemen Luar Negeri