POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Kejadian besar’: Kekuatan dunia menawarkan dukungan saat India mengambil alih kepresidenan G20

Pada kesempatan yang agung India merebut G20 Pada tahun 2023, banyak kekuatan dunia telah mengirimkan ucapan selamat dan dukungan kepada negara tersebut, termasuk Amerika Serikat, Jerman, dan Prancis. Pada hari Kamis, sekretaris pers Gedung Putih Karen Jean-Pierre Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat mendukung penuh India saat memimpin forum tersebut.

“Kami berharap dapat mendukung kepresidenan G20 India tahun depan dan dalam berbagai masalah termasuk mengatasi tantangan saat ini terhadap ketahanan pangan dan energi sambil melanjutkan upaya kami untuk membangun ekonomi global yang tangguh,” katanya. Australia juga telah bergabung dalam daftar negara yang memberi selamat kepada India atas dimulainya kepresidenan G20, dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengirimkan ucapan selamat kepada mitranya dari India, Narendra Modi.

“Saya berharap @narendramodi sukses atas asumsi India sebagai presiden G20,” tulis Albanese di Twitter. Komisaris Tinggi Australia untuk India Barry O’Farrell mengatakan Canberra berharap dapat bekerja sama dengan New Delhi untuk mencapai tujuan G20.

Hari ini adalah momen penting bagi #India karena mengambil alih Presidensi G20. Kami berharap dapat bekerja sama dengan tim @amitabhk87 & @g20org untuk mencapai tujuan bersama dan memajukan tema ‘Satu Tanah, Satu Keluarga, Satu Masa Depan’. #G20India @G20Australia #G20,” tulisnya.

Komisaris Tinggi Singapura Simon Wong membagikan video pada kesempatan tersebut untuk memberi selamat kepada India. Selamat yang tulus kepada @G20_India atas peluncuran resmi Presidensi G20 hari ini, kami berharap dapat bekerja sama dengan @amitabhk87harshvshringla dan tim untuk membuat Kepresidenan India sukses besar! tulis di Twitter.

India menerima ucapan selamat dari Jerman dan Prancis karena menjadi presiden G-20

Jerman dan Prancis juga dengan cepat mengirimkan harapan, karena Duta Besar Jerman Philip Ackermann menyatakan bahwa India memiliki peran penting di panggung global karena memegang kursi kepresidenan Kelompok Dua Puluh. “Kami merasa bahwa India adalah pemain yang sangat penting di panggung internasional saat ini. Kepresidenan G20 India akan menjadi faktor penentu dalam mengembalikan tatanan dunia dengan benar. Kami melihat dengan harapan tinggi ke arah Delhi dan berharap pemerintah Perdana Menteri Modi akan melakukannya memiliki dampak positif dalam 12 bulan ke depan.”

Selain itu, Duta Besar Prancis untuk India Emmanuel Lenin mengatakan dalam sebuah tweet bahwa Prancis senang melihat India di “kursi pengemudi” sementara kekuatan dunia mencoba menyatukan dunia. Hari ini, India memegang kursi kepresidenan G-20 selama satu tahun dan kursi kepresidenan Dewan Keamanan PBB pada bulan Desember. Saat kami berusaha untuk menjaga persatuan dunia dalam menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, kami senang melihat India di kursi pengemudi. India dapat mengandalkan dukungan penuh Prancis,” tulis utusan itu.

READ  China dan Arab Saudi menuduh COP26 menghalangi upaya untuk mencapai kesepakatan tentang perubahan iklim