POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Timor Leste diharapkan bergabung dengan ASEAN pada 2023: Presiden terpilih Ramos-Horda

Pemimpin independen dan peraih Nobel Jose Ramos-Horta berbicara selama deklarasi kemenangan dalam pemilihan presiden Timor Leste di Dili, Timor Leste pada hari Kamis. (foto Reuters)

Dili: Presiden terpilih Jose Ramos-Horda pada hari Kamis mengatakan dia mengharapkan negaranya untuk bergabung dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara pada tahun 2023 ketika Indonesia mengepalai blok 10-anggota.

Peraih Nobel Perdamaian berusia 72 tahun ini menjabat sebagai presiden dari 2007 hingga 2012, ketika pemerintahnya mengajukan aplikasi untuk bergabung dengan ASEAN pada 2011, di mana Indonesia juga memimpin panel 10 anggota.

“Akan sangat simbolis jika Timor-Leste bergabung selama kepresidenan Indonesia,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Kyoto News di ibukota, Dili, menggunakan nama Portugis negara itu.

Setelah 400 tahun di bawah kekuasaan kolonial Portugis, Timor Timur dikuasai oleh Indonesia hingga referendum yang didukung PBB 1999, di mana penduduknya memilih untuk memisahkan diri.

Ramos-Horta mengatakan bahwa meskipun negara ini terus mengalami kemiskinan dan pengangguran yang tinggi, rakyatnya menikmati kemerdekaannya sambil menikmati hubungan baik dengan negara tetangga Indonesia.

Negara yang merayakan ulang tahun ke-20 kemerdekaannya pada 20 Mei ini masih berjuang untuk meningkatkan ekonominya karena kurangnya industri utama, meskipun diberkahi dengan cadangan minyak dan gas laut yang berharga.

Namun Ramos-Horda, pemimpin gerakan kemerdekaan, mengatakan bahwa dua dekade telah berlalu sejak kemerdekaan dan pertumbuhan ekonomi akan memakan waktu, karena negara-negara di kawasan yang telah lama merdeka masih menghadapi kemiskinan dan tantangan ekonomi lainnya.

“Kami telah membuat kemajuan luar biasa dalam 20 tahun terakhir,” katanya, mencatat peningkatan harapan hidup dan akses yang lebih baik ke layanan medis, serta peningkatan lain dalam kualitas hidup.

READ  Penempatan polisi menandai babak baru dalam kisah ketenagakerjaan KPK - Tu, 30 September 2021

Ramos-Horda mengatakan keanggotaan ASEAN akan membuka pintu bagi lebih banyak peluang ekonomi, termasuk peningkatan investasi asing.

Dia akan menjabat pada Hari Kemerdekaan untuk masa jabatan lima tahun kedua.