POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tidak optimis dengan partisipasi anak muda di industri ekonomi kreatif

Tidak optimis dengan partisipasi anak muda di industri ekonomi kreatif

Jakarta (Antara) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaja Ono menyoroti pentingnya partisipasi pemuda dalam industri ekonomi kreatif pada acara Bingamat Visser 2021.

“Kami optimis anak muda akan mewujudkan mimpinya di sektor ekonomi kreatif, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk Indonesia,” kata Ono dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Menteri kemudian mencatat bahwa pandemi COVID-19 telah memaksa orang untuk meningkatkan atau memperbarui keterampilan mereka, termasuk di sektor ekonomi kreatif.

Untuk mendukung upaya tersebut, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, seperti program pra-kerja, bantuan sosial, bantuan tunai, dan kemudahan akses restrukturisasi untuk mendorong bisnis di ekosistem ekonomi digital.

Melalui kebijakan tersebut, Ono mengantisipasi agar para pengusaha dan komunitas ekonomi kreatif mampu bersaing di era Industri 4.0.

“Harapan kami para pengusaha serta komunitas ekonomi kreatif dan pariwisata siap memasuki Industri 4.0 dan era pascapandemi,” kata Menkeu.

Acara Pengamat Fest 2021 diselenggarakan oleh organisasi Pengamat Negeri dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia. Acara bertajuk “Memberdayakan Pemuda untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial” ini digelar pada Jumat, 20 Agustus.

Acara ini bertujuan untuk memberikan materi pendidikan tentang topik-topik tertentu kepada kaum muda Indonesia. Selain itu, bertujuan untuk membangkitkan semangat generasi muda agar mampu berkarya di negara.

Dino Patti Jalal, pendiri komunitas politik luar negeri Indonesia, juga hadir sebagai pembicara. Ia memuji Pengamat Festival yang menginformasikan masyarakat tentang ekonomi kreatif melalui media sosial.

Jalal yakin media sosial bisa dijadikan acuan untuk mengembangkan kemampuan yang ada.

“Saya pernah melihat kasus di bidang keluarga. Yang awalnya diabaikan, padahal setelah melalui media sosial, kasusnya menjadi sukses. Ini bukti bahwa media sosial bisa dijadikan acuan untuk mengembangkan potensi yang ada selama ini. digunakan dengan benar.”

READ  Usaha kecil dan menengah di Indonesia merupakan kunci pembangunan. Bagaimana bisa tumbuh?

Pengamat Negeri adalah platform digital untuk meningkatkan literasi anak muda tentang isu-isu terkini. Platform ini mengusung slogan “Diam bukanlah pilihan” dengan harapan agar generasi muda Indonesia tidak menjadikan diam sebagai pilihan.

Berita terkait: Jadilah inovatif untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif: Menteri Ono
Berita terkait: Kementerian Ekonomi Kreatif Gelar Pengakuan Kreativitas Indonesia