POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Tidak ada yang membicarakannya’: Pembunuhan seorang produser film di sebuah kota kecil di Irlandia tetap diselimuti misteri | Berita Ent & Seni

Pembunuhan brutal terhadap seorang produser film Prancis lebih dari dua dekade lalu telah mempengaruhi kota kecil Scholl di pantai barat daya Irlandia.

Penduduk setempat masih enggan untuk berbicara secara terbuka tentang pembunuhan Sophie Tuscan de Blantiere, menurut sutradara film nominasi Academy Award Jim Sheridan, yang telah menghabiskan beberapa tahun menyelidiki kasus tersebut.

“Itulah yang membuat saya tertarik – fakta bahwa tidak ada yang akan membicarakannya,” kata sutradara veteran itu kepada Sky News.

“Itu adalah satu-satunya hal yang akan dibicarakan orang – tetapi tidak secara formal.

“Itu bekas luka di Scholl dan West Cork.”

Sophie ditemukan dipukuli sampai mati di luar rumah pedesaannya dekat Shoal, County Cork, pada bulan Desember 1996 – dua hari sebelum Natal.

Pria berusia 39 tahun itu menikah dengan sutradara Prancis terkenal Daniel Toscan de Blantiere, yang filmnya termasuk film terkenal 1989 The Cook, The Thief, istri dan kekasihnya.

gambar:
Sophie ditemukan tewas di luar rumahnya di County Cork

Tersangka utama dalam pembunuhan itu, jurnalis Inggris Ian Bailey – yang tinggal beberapa mil jauhnya dan merupakan reporter pertama di situs itu – pertama kali ditanyai tentang kematian pada Februari 1997.

Tidak ada bukti forensik yang mengaitkannya dengan tempat kejadian dan polisi Irlandia tidak mendakwanya dengan pembunuhan.

bagaimanapun itu Dia dihukum karena pembunuhan dalam ketidakhadirannya oleh pengadilan Prancis pada 2019 dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara.

Setelah berhasil memerangi permintaan ekstradisi berulang dari otoritas Prancis – yang terbaru Mahkamah Agung Irlandia menolak pada bulan Oktober Billy masih tinggal di West Cork dan mempertahankan kepolosannya.

Ian Bailey di luar Pengadilan Tinggi Dublin setelah menolak upaya otoritas Prancis untuk mengekstradisi dia pada tahun 2020.
gambar:
Ian Bailey di luar Pengadilan Tinggi Dublin setelah menolak permintaan ekstradisi

Sekarang, sebuah film dokumenter baru dari Skye, Murder At The Cottage: The Search for Justice For Sophie, memeriksa kembali pembunuhan itu, menampilkan rekaman yang belum pernah dilihat sebelumnya dan wawancara baru dengan beberapa karakter utama dalam kasus tersebut — termasuk Bailey.

READ  WWE Raw Rekor Peringkat Tertinggi dalam Beberapa Bulan Setelah SummerSlam, Raih Momentum Melawan AEW

Seri lima bagian ini diproduksi, disutradarai, dan dipersembahkan oleh Sheridan, yang karya sebelumnya mencakup film-film hit My Left Foot dan In The Name of The Father, keduanya dibintangi oleh Daniel Day-Lewis.

Sheridan mengatakan bahwa hanya satu orang lokal dari Scholl, Ashar, yang setuju untuk berbicara dengannya di depan kamera saat film dokumenter sedang disiapkan.

Sisa orang yang ditemuinya di daerah itu adalah dwi, ​​istilah lokal untuk orang-orang dari luar kota yang bertempat tinggal di sana.

“Wanita yang menemukan mayat itu orang Inggris dan suaminya orang Inggris,” kata Sheridan.

“Semua orang yang ingin mengatakan sesuatu kebanyakan berponi.

“Saya akhirnya berbicara dengan seorang pendeta yang terhubung secara spiritual dengan Sophie, dan dia menangis saat berbicara dengan saya.

“Ini satu-satunya cara yang saya bisa, selain berbicara dengan keluarga, mencoba terhubung dengan semangatnya.”

Sutradara Jim Sheridan.  foto: Sky Studios
gambar:
Sutradara Jim Sheridan menyelidiki pembunuhan Sophie Tuscan de Blantiere. foto: Sky Studios

Sheridan mengatakan dia “mengenal Sophie dan latar belakangnya” dengan berbicara kepada anggota keluarganya, dan ternyata “banyak yang diselimuti misteri.”

“Sudah pasti hubungannya dengan suaminya penuh dengan kesulitan dan tidak ada yang banyak menyentuhnya,” katanya.

Daniel, suami Sophie, yang meninggal pada tahun 2003, berada di Prancis ketika dia dibunuh.

Sheridan mengatakan dia mewawancarai putra Sophie Pierre-Louis, Buddy Vignaud, yang berusia 15 tahun ketika ibunya meninggal dan yang “100% yakin” bahwa Billy bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

Produser film Daniel Toscan de Blantyre (kiri) menghadiri pemakaman istrinya Sophie, bersama putranya Pierre-Louis di dekat Toulouse pada tahun 1996
gambar:
Produser film Daniel Toscan de Blantyre (kiri) menghadiri pemakaman istrinya Sophie dengan putranya Pierre Louis pada tahun 1996

Namun, sutradara Irlandia itu percaya bahwa tidak ada yang diadili atas pembunuhan Sophie karena polisi “hanya fokus pada Ian Bailey” dan mungkin ada orang lain di balik pembunuhan itu.

READ  "Sensitivitas" Pangeran William terhadap keretakan antara Kate dan Meghan

“Saya pikir sebagian besar orang yang terlibat – dengan segenap hati dan jiwa mereka – berusaha menemukan kebenaran. Tetapi mereka bergegas untuk menghakimi.”

Sheridan percaya bahwa Billy sekarang harus menghadapi pengadilan di Irlandia atau harus ada “pembukaan kembali” dari penyelidikan pembunuhan.

“Mereka dapat mengatakan ini adalah penyelidikan yang sedang berlangsung, tetapi itu tidak begitu gigih sehingga saya melihat ada sesuatu yang terjadi di sekitarnya,” katanya.

“Tidak banyak aktivitas polisi di sekitarnya.

“Tentu saja, bukti apa pun yang saya temukan, saya akan berikan kepada polisi dan berkewajiban untuk tidak mengungkapkannya (secara terbuka) karena saya akan mengganggu penyelidikan pembunuhan.”

Ian Bailey berbicara kepada wartawan di rumahnya di County Cork, 13 Februari 1997
gambar:
Ian Bailey berbicara kepada wartawan di rumahnya di County Cork pada Februari 1997

Sheridan mengatakan masalah ekstradisi Pelly ke Prancis adalah “masalah pelik” karena kasus itu “mengungkap kelemahan dalam arsitektur Eropa atas kerja sama lintas batas”.

“Saya akan mengatakan bahwa jika polisi Prancis mengizinkan polisi Irlandia untuk menyelidiki di Prancis, dia harus diekstradisi,” tambahnya.

“Tetapi jika polisi Prancis mencegah polisi Irlandia menyelidiki, bagaimana Anda bisa menyerahkannya?

“Komunitas Eropa harus bekerja di dua arah. Ini adalah masalah mendasar.”

Pembunuhan di Pondok: Pencarian Keadilan untuk Sophie, sebuah film dokumenter Sky Original, mengudara hari ini, dengan semua episode tersedia untuk ditonton di Sky Crime dan NOW TV.