POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tidak ada gangguan terhadap data kesejahteraan sosial setelah serangan siber: Menteri

Tidak ada gangguan terhadap data kesejahteraan sosial setelah serangan siber: Menteri

Bolewali Mandar, Sulawesi Barat (ANTARA) – Menteri Sosial Trismaharini, Selasa, memastikan tidak ada gangguan terhadap layanan penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pasca serangan siber terhadap Pusat Data Nasional (PDN) yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Data kami aman. Saat ini kami bisa melayani kebutuhan masyarakat,” ujarnya usai menyerahkan bantuan di Polewali Mantra Sulawesi Barat.

Kementeriannya juga akan mengikuti langkah lebih lanjut terkait pencadangan data untuk menghindari gangguan internet yang dapat berdampak pada masyarakat atau keluarga penerima manfaat.

Berdasarkan data terakhir Kementerian Sosial, hingga Mei 2024, total orang yang terdaftar DTKS sebanyak 140.054.921 orang. Angka tersebut menggabungkan data DTKS asli sebanyak 118.681.953 orang dan data usulan baru sebanyak 21.372.968 orang.

“Masalah kecil saja (di sistem) bisa kita deteksi. Data ini digunakan untuk melayani masyarakat kurang mampu. Meski tidak ada yang sempurna, tapi kita bisa pastikan data di kementerian aman,” kata Rizmaharini.

Pada tanggal 20 Juni 2024, beberapa layanan publik nasional mengalami gangguan akibat terganggunya Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2. Salah satu layanan yang paling terdampak adalah sistem AutoCAD Direktorat Imigrasi yang mengganggu pergerakan orang.

Server PDNS 2 mengalami serangan siber berupa ransomware bernama Brain Cipher, varian baru dari ransomware Lockbit 3.0.

Hingga 25 Juni, setidaknya ada 282 instansi yang terkena dampak peristiwa PDNS 2. Pemerintah segera melakukan upaya pemulihan layanan publik yang terdampak dan melakukan investigasi melalui digital forensik.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Jahjanto memastikan layanan PDNS 2 akan pulih sepenuhnya pada akhir Juli.

Berita terkait: PDNS 2 akan pulih sepenuhnya dari serangan siber pada akhir Juli: Menteri

Berita terkait: Kunjungan wisatawan meningkat meski ada serangan siber: Menteri Pariwisata

READ  Menteri Penanaman Modal telah mengungkapkan strategi untuk mencapai target Rp900 triliun